Website Adalah: Pengertian, Fungsi, hingga Cara Membuatnya

15 Apr 2024
Website Adalah: Pengertian, Fungsi, hingga Cara Membuatnya campaign-unlimited

Website adalah kumpulan halaman yang berisikan informasi dan dihubungkan oleh domain atau URL. Dalam pratik penggunaannya, website menyediakan berbagai fungsi sehingga wajar jika kini website telah menjadi elemen penting dalam perkembangan internet.

Bagi pelaku bisnis maupun pekerja kreatif, website bisa sangat bermanfaat untuk menjangkau kustomer maupun sebagai media dokumentasi. Namun, sebelum membuatnya, sebaiknya kamu ketahui dulu seperti apa itu website dan kegunaannya. Jangan khawatir, kami akan bantu kamu dan menjelaskannya di artikel ini. Yuk, simak selengkapnya!

Apa Itu Website?

website adalah

Website adalah sekumpulan halaman dengan konten tertentu yang dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja melalui internet. Situs web biasanya menampilkan homepage sebagai halaman utama mereka. Homepage adalah halaman yang dimuat pertama kali pada situs web.

Dari homepage, kamu dapat menjelajahi lebih banyak halaman web, yang mungkin menampilkan halaman produk atau layanan untuk e-commerce, kontak, support, dan sebagainya. Untuk bisa mengaksesnya, kamu memerlukan perangkat, seperti smartphone atau komputer, tautan URL (Uniform Resource Locator), alamat website, koneksi internet, dan browser.

Fungsi Website

Fungsi utama website adalah untuk menyebarkan informasi. Meskipun demikian, masih banyak fungsi website lainnya yang dapat membantu kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Media Komunikasi

Website memiliki fungsi sebagai media komunikasi. Beberapa platform media sosial menyediakan aplikasinya untuk diakses via situs web, seperti Facebook, WhatsApp, Twitter, hingga Instagram. Artinya, website bisa menjadi wadah untuk berkomunikasi dan bersosialisasi secara online.

2. Sarana Informasi

Situs web berfungsi sebagai sumber informasi paling mutakhir bagi pembaca online. Kini, konten informatif dan edukatif menjadi jenis konten yang paling banyak diminati.

Tidak heran jika kini semakin banyak pemilik website yang membuat jenis konten ini untuk ditampilkan di situsnya. Hal ini tidak jarang membuat beberapa website sebagai sumber edukasi yang menyediakan tutorial, petunjuk, dan informasi lainnya.

3. Menyediakan Hiburan

Selain menyediakan konten informatif, website juga bisa menjadi ruang yang menyediakan berbagai konten hiburan. Ada banyak website yang menawarkan akses game online, film, musik, untuk pengguna internet secara gratis maupun berbayar.

4. Sebagai Ruang Transaksi Jual-Beli Online

Website dapat digunakan untuk melakukan transaksi komersial untuk jual beli barang maupun jasa. Perusahaan, pelanggan, dan komunitas tertentu semuanya dapat terhubung dengan fungsi transaksi ini. Biasanya, website yang menyediakan fitur transaksi bahkan juga memungkinkan kamu untuk mengirim uang dan melacak pengiriman pesanan, lho.

Isi Website

isi website

Ada berbagai hal diperlukan dalam sebuah website. Sebelum membuatnya, kamu perlu tahuapa saja isi website yang wajib kamu sediakan, sehingga kamu dapat mengedepankan fungsionalitas dan memudahkan pengguna untuk mencari informasi. Adapun beberapa isi website adalah sebagai berikut:

1. Halaman “About atau Tentang”

Semua jenis website wajib memiliki halaman ini. Bagian ini biasanya menjelaskan siapa pemilik website (latar belakang), tujuan website, visi, dan misi dari organisasi atau figur yang direpresentasikan dengan website.

Halaman ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi rasa percaya pengunjung terhadap website kamu. Mengapa begitu? Sederhananya, latar belakang yang jelas dapat membangun reputasi yang baik di mata pengunjung. Dengan begitu, pengunjung bisa jadi lebih percaya akan informasi dalam website.

2. Halaman Produk dan Layanan

Jika kamu memiliki produk  jualan, tampilkanlah pada halaman ini. Pastikan kamu juga menjelaskan mengapa pembaca harus menggunakan produk atau layanan kamu. Tidak lupa, sebutkan juga keuntungan apa saja yang akan mereka rasakan setelah menggunakannya.

3. Halaman “FAQ”

Halaman Frequently Asked Question, seperti namanya, mencakup semua pertanyaan pengguna beserta tanggapan informatif yang dapat membantunya. Sebab semua jawaban disediakan di halaman ini, kamu dapat menghemat waktu dengan tidak harus menanggapi setiap pertanyaan yang diajukan pengunjung tentang barang atau jasa kamu.

4. Halaman “Kontak”

Halaman ini menyediakan detail yang dapat digunakan pengunjung untuk menghubungi kamu, seperti alamat email, nomor telepon, alamat perusahaan (dengan peta), hingga akun media sosial. Pengunjung dapat lebih mempercayai semua konten kamu—baik itu informasi atau penawaran—dengan adanya informasi kontak yang lengkap.

5. Halaman “Disclaimer”

Halaman disclaimer adalah pernyataan yang mungkin melindungi kamu dari litigasi apa pun yang mungkin dilaporkan pengunjung. Pernyataan di halaman ini biasanya berbentuk paragraf sederhana yang “memperingatkan” pembaca untuk mengambil risiko setelah membaca apa pun di situs web kamu.

Jenis Website beserta Contohnya

web hosting

Website dapat dibedakan menjadi dua kategori: statis dan website. Website statis adalah website yang informasinya tetap atau konstan. Di sisi lain, sebuah website disebut dinamis jika kontennya terus berubah. Menurut penggunaannya, setidaknya ada tujuh jenis website berbeda, yaitu:

1. Website Pribadi

Website pribadi adalah situs yang dimiliki oleh individu dan biasanya digunakan untuk alasan bisnis atau untuk menyampaikan pendapat pribadi. Konten di website pribadi biasanya digunakan untuk membangun personal branding pemiliknya, sehingga sering kali mencakup hal-hal seperti keahlian atau portofolio karya.

Website Diana Rikasari yang menampilkan subjek fashion dengan konsep youth and colorful adalah contoh website ini. Situs ini bisa menjadi inspirasi jika kamu ingin membuat website pribadi yang berfokus pada bidang fashion.

2. Website Toko/E-commerce

Website yang digunakan untuk penjualan online disebut sebagai website toko online atau e-commerce. Sebab dianggap mampu mengelola bisnis dengan sukses, apalagi dengan pangsa pasar internet yang besar, website toko online terus bertambah populer dari waktu ke waktu.

Website toko online menampilkan menu dan halaman yang menampilkan operasi toko berbelanja. Beberapa di antaranya seperti fitur keranjang belanja, checkout, halaman produk, hingga opsi pembayaran. Salah satu website toko online menjual berbagai produk tas dan pakaian adalah website tas Kalani.

3. Website Company Profile

Company profile website adalah jenis website khusus yang dimaksudkan untuk menunjukkan eksistensi suatu perusahaan. Dengan demikian, website ini adalah sumber utama bagi siapa saja yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan secara online.

Selain itu, situs company profile juga sangat penting untuk meningkatkan reputasi bisnis. Tujuan website ini ialah untuk menampilkan profil dan berbagai informasi terkait perusahaan.

4. Website Komunitas

Website yang dapat berfungsi sebagai forum dialog pengguna dikenal sebagai website komunitas atau forum web. Jenis website ini memberikan fasilitas untuk memposting utas atau materi, mengajukan pertanyaan, meninggalkan komentar, dan sebagainya.

Dalam website ini, pengunjung dapat berkomunikasi satu sama lain. Aktivitas demikian bisa kamu temukan pada website seperti Kaskus.

Website gallery atau fotografi, seperti namanya, adalah jenis website yang menampilkan konten visual seperti gambar dan video. Kamu bisa mendapatkan foto dengan kualitas dan kuantitas tinggi dari website gallery.

Gambar-gambar ini tersedia secara gratis atau dengan membeli lisensi. Biasanya, produk ini ditujukan bagi pengguna yang membutuhkan dukungan konten, visualisasi iklan, dan hal lainnya. Pinterest adalah contoh dari website gallery. Cukup dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan, kamu dapat mencari foto atau gambar di website.

6. Website Berita

Website berita adalah jenis website dengan tujuan menyebarkan berita terbaru. Kini seiring berita offline mulai menghilang, website semacam ini semakin populer. Website portal berita, menyediakan informasi terbaru tentang berbagai topik, termasuk politik, kesehatan, lingkungan, dan bahkan wawancara dengan tokoh-tokoh penting.

Sebenarnya, ada banyak contoh website jenis ini. Salah satunya, CNN Indonesia, yang mempublikasikan berbagai macam berita secara up to date setiap harinya.

7. Blog

Istilah “blog” mengacu pada bentuk situs web tertentu yang mungkin menyertakan materi artikel dalam jumlah besar. Blog sering mencakup topik atau subjek tertentu, seperti bisnis, teknologi, mode, kecantikan, dan makanan. Contohnya seperti blog IDwebhost, yang menyediakan berbagai artikel seputar teknologi.

Cara Membuat Website

Membuat website sebenarnya tidak terlalu sulit. Bahkan jika kamu tidak memiliki pengetahuan teknis dalam pembuatan web, kamu tetap bisa membuatnya, lho.  Berikut 4 tahap sederhana dalam pembuatan website:

1. Tentukan Jenis Website

Memilih jenis website adalah tahap pertama dalam pembuatan website. Hal ini dikarenakan, setiap jenis website membutuhkan halaman, menu, dan fitur yang berbeda. Jika kamu ingin menjual produk misalnya, kamu bisa membuat website toko online. Sedangkan, jika kamu ingin membagikan opini pribadi, kamu dapat membuat website pribadi.

2. Pilih Web Hosting dan Domain

Memilih penyedia hosting dan domain adalah tahap kedua dalam pembuatan website. Pastikan kamu memilih penyedia yang memiliki reputasi baik dan dapat dipercaya saat membeli web hosting dan domain. Kualitas dari provider hosting akan berdampak pada performa website yang dihasilkan.

3. Lakukan Instalasi dan Konfigurasi WordPress

Menginstall WordPress di hosting merupakan tahap ketiga dalam pembuatan website yang memudahkan pengelolaan konten website. Kamu hanya perlu mengakses cPanel dan memilih opsi WordPress. Setelah instalasi WordPress, kamu dapat melakukan sejumlah penyesuaian, termasuk menambahkan halaman baru, menginstal plugin, hingga mengoptimalkan website.

4. Publikasi Konten

Pembuatan konten menjadi tahap terakhir dalam pembuatan website. Kamu bisa mulai memposting materi ke website, baik itu berupa artikel, podcast, foto, atau video.

Kamu sekarang mengerti bahwa website adalah kumpulan halaman online yang memberikan informasi tertentu yang dapat dikunjungi oleh siapa saja, kapan saja, melalui web browser. Nah, setelah membaca artikel ini, semoga kamu terbantu untuk memahami apa itu website, fungsi, jenis-jenis, dan cara membuatnya, ya.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam pembuatan website, IDwebhost juga menyediakan dukungan tim IT profesional, lho. Kamu nggak perlu khawatir kesulitan menentukan paket hosting karena kamu akan dipandu untuk memilih paket sesuai dengan kebutuhanmu. Yuk, konsultasikan dulu aja!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022