Fungsi Search Engine dalam Perkembangan Bisnis

14 Nov 2022
Fungsi Search Engine dalam Perkembangan Bisnis campaign-unlimited

Dalam kehidupan setiap harinya di masa kini, pasti mayoritas dari kita tidak bisa terlepas bahkan kecanduan dengan search engine. Hal ini wajar saja, mengingat search engine sendiri sangat membantu kita dalam mencari baerbagai hal di internet. Google merupakan salah satu search engine yang paling populer hingga kini. Namun sadarkah kamu apa fungsi search engine dalam perkembangan bisnis?

Sebelum mengarah kesana, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu tentang apa itu search engine. Ya, Search engine atau mesin pencari adalah suatu program yang mencari dan mengidentifikasi informasi di dalam database yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Database ini berisi alamat dan konten situs-situs tertentu yang ada di World Wide Web (WWW).  Jadi sudah jelas kan, fungsi dari search engine adalah untuk mencari informasi dari database, tapi apa hanya sesederhana itu saja?

Fungsi Search Engine dalam Perkembangan Bisnis
Search Engine memiliki pengaruh besar dalam bisnis sekarang

Fungsi Search Engine secara Umum

Search engine ini biasanya terhubung dengan jaringan internet dan dapat diakses oleh siapa saja yang mempunyai akses internet. Mendata dan mendaftarkan berbagai informasi mengenai situs web, database, dan lain sebagainya. So, tidak heran kan jika berbagai informasi tersedia secara lengkap disini.

Oleh karena itu, fungsi search engine adalah menyediakan informasi berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Fungsi ini sesuai dengan cara kerja search engine yaitu mendaftar/mengindeks/mendata (atau biasa dikenal dengan crawling) situs yang ada di internet.

Walaupun tidak semua situs yang aktif berada di indeks pencarian search engine, tapi sudah banyak pemilik situs web dengan sengaja membiarkan situsnya terindeks oleh search engine. Tujuannya adalah jika seseorang mencari situs di search engine maka situs websitenya akan muncul di hasil pencarian. Menariknya, hal ini akan dapat menjadi salah satu teknik pemasaran produk (marketing) yang keren dan unik

Itu dia fungsi search engine secara umum. Lalu bagaimana fungsi search engine dalam perkembangan bisnis? Berikut pembahasannya

Fungsi Search Engine dalam Perkembangan Bisnis

1. Mengindeks alamat dan konten di situs web

Fungsi search engine dalam perkembangan bisnis yang pertama adalah untuk mengindeks alamat dan konten situs web yang berada di jaringan internet. “Bot” atau “Crawler” yang ada di search engine menjelajahi internet dan mendata situs web melalui alamatnya hyperlink-nya.

Setelah itu, data yang diperoleh disimpan dan menghasilkan daftar indeks situs web yang sangat besar. Contohnya Google, sebagai search engine terbesar di dunia, pada tahun 2017 lalu saja sudah memiliki lebih dari 130 triliun halaman website.

Fungsi Search Engine dalam Perkembangan Bisnis Fungsi Search Engine dalam Perkembangan Bisnis
idwebhost

Jika kamu memiliki website untuk melakukan bisnis online, tentu saja fungsi yang satu ini sangat bermanfaat dan akan memudahkan usaha bisnis onlinemu karena website akan semakin mudah ditemukan oleh pengunjung.

2. Informasi tersedia lewat kata kunci

Setelah memperoleh informasi dan konten dari berbagai website apa yang dilakukan oleh search engine selanjutnya? Ya, tentu saja memudahkan pengguna internet untuk mendapatkan informasi yang mereka cari. Salah satunya dengan memanfaatkan kata kunci.

Seperti yang kita tahu, kebanyakan orang saat ini mencari informasi melalui search engine. Terhitung, setiap hari lebih dari 4 milyar pencarian yang dilakukan di mesin pencari Google. Setidaknya, tidak kurang dari 40 ribu pencarian dilakukan setiap detiknya dan akan terus bertambah seiring bertambahnya pengguna internet.

Hampir semua informasi ada di search engine macam Google. Semakin banyak pengguna yang menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi, maka peluang untuk memasarkan produk secara online lewat internet pun semakin besar. Itulah kenapa, saat ini banyak orang menggunakan media online sebagai sarana promosi produk atau memasarkan produk mereka.

3. Sebagai Media Pemasaran

Fungsi search engine dalam perkembangan bisnis yang sekarang banyak dipelajari adalah sebagai media pemasaran. Dengan bertambahnya jumlah pengguna dengan pencarian yang fantastis setiap detiknya membuat mesin pencarian menjadi media pemasaran modern saat ini. Pengguna bisa mencari apa saja melalui mesin pencari, termasuk barang-barang yang ingin mereka beli. Mesin pencari membuat pencarian informasi semakin mudah.

Maka dari itu jika bertindak sebagai pemilik usaha online atau e-commerce, kamu hanya tinggal membuat konten yang menarik dan membuatnya terindeks oleh mesin pencari. Lalu tinggal menunggu beberapa saat atau beberapa hari sampai dengan mesin pencari mengenalinya. Setelah itu setiap orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu akan menampilkan produk atau konten yang pemilik usaha buat.

Contohnya saja kamu bisa mengakses website kami yaitu https://idwebhost.com hanya dengan menggunakan kata kunci “domain murah” atau “hosting murah” di search engine seperti Google. Sangat praktis bukan?

Di tahun 2022 ini, content marketing sendiri tengah menjadi metode pemasaran yang menarik untuk dipelajari dan digunakan. Para pengusaha dan pemilik usaha sudah mulai sadar peran dari mesin pencari sebagai media pemasaran yang menarik untuk dicoba. Sudahkah siapkah kamu untuk mencobanya juga?

Ya, Dengan melakukan pengoptimalan pada search engine, kamu dapat mengurangi biaya pemasaran bila dibandingkan memasang iklan di televesi ataupun di website lain yang tidak efektif.

Contoh search engine dan pangsa pasar hingga Oktober 2022

1. Google

Tidak usah diragukan lagi bahwa Google merupakan raja search engine saat ini. Sebanyak 72.37% pengguna internet  atau pangsa pasar di seluruh dunia menggunakan Google . Sedangkan pencarian via mobile atau desktop tidak kurang 92% pencarian.

2. Baidu

Cukup mengejutkan mungkin melihat nama Baidu di posisi 2. Namun Baidu sendiri merupakan search engine terpopuler di China saat ini. Baidu memiliki peningkatan yang signifikan. Baidu melayani jumlah pencarian hingga miliyaran setiap bulannya, mempunyai pangsa pasar sebesar 13% berdasarkan Net Market Share.

Wajar saja jika kamu jarang menggunakan Baidu karena Baidu hanya fokus bergerak di pasar lokal di China. Berbeda dengan Google yang melayani pasar global atau internasional dibandingkan dengan pasar lokal. Baidu menguasai tak kurang dari 80% pasar pencarian online di China. Sedangkan Google, hanya mendapatkan 10% saja. Padahal di persaingan global, Google mempunyai pangsa pasar lebih dari 90%, sedangkan Baidu hanya 1%.

3. Bing

Bing merupakan search engine yang dikembangkan oleh Microsoft. Mesin pencari ini diciptakan setelah Microsoft mengembangkan beberapa sistem pencari lain seperti MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search. Perubahan ini tak lain adalah untuk menyaingi saingan terbesar mereka, yaitu Google.

Bing adalah mesin pencari default yang kini ada di sistem operasi Windows. Dan hingga saat ini, pangsa pasarnya sudah sampai besar dari Yahoo!, yaitu sebesar 7.70%.

Beberapa Plugin WordPress Untuk Meningkatkan Subscriber
idwebhost

Nah itu dia Fungsi search engine dalam perkembangan bisnis yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan pemasaran bisnis onlinemu. Setelah mengetahui hal ini, kamu bisa memasang hosting terbaik di website di IDwebhost. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Penulis
Member since 2 Jul 2013