Fungsi Google Lazy Load dan Pluginnya
Blog Tips Keren Fungsi Google Lazy Load dan Pluginnya

Fungsi Google Lazy Load dan Pluginnya

Cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat loading dari sebuah website adalah dengan menerapkan Lazy Load. Contohnya, gambar yang merupakan sebuah konten yang penting dalam sebuah website. Semakin baik kualitas dari sebuah gambar, maka akan semakin besar sizenya. Tentu saja hal tersebut akan membuat page size menjadi besar dan berdampak pada page load yang semakin lama. Sehingga memang perlu memanfaatkan google lazy load. Secara tidak langsung, lazy load memang menjadi bagian penting dalam sebuah website.

google lazy load

Mengenal Google Lazy Load

Google Lazy Load merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk membuat pemuatan pada sebuah gambar yang ada di website mejadi tidak sinkron. Dengan kata lain, ketika konten bagian atas sudah sepenuhnya di muat, tetapi konten gambar tidak akan dimuat. Hal itu bisa terjadi ketika pengguna tidak melakukan scroll secara sepenuhnya. Sehingga gambar yang ada di bagian bawah halaman tidak akan bisa di muat.

Alasan Anda Perlu Memakai Google Lazy Load

Lazy Load ini tentunya akan memberikan Anda begitu banyak manfaat. Sehingga Anda harus mulai untuk mempertimbangkan dalam menerapkan Lazy Load dalam website yang Anda kelola. Berikut ini merupakan alasan mengapa Anda perlu memakai lazy load:

  1. Gambar hanya bisa dimuat ketika terlihat dalam viewport saja sehingga website Anda akan memilih untuk loading yang cepat. Tidak hanya itu, dengan menggunakan lazy load Anda juga bisa menghemat bandwidth dan juga resource server.
  2. Google Lazy Load akan bisa membuat sebuah pemuatan gambar yang tidak sinkron, sehingga bisa membuat sebuah perbedaan diantara pengguna yang tetap atau malah meninggalkan website.
google lazy load

Lanjutan

  • Jika website Anda memakai JavaScript agar bisa menampilkan konten atau malah dapat memberikan semacam fungsionalitas kepada para pengguna, memuat sebuah DOM dengan cepat menjadi sesuatu yang sangat penting. Apalagi banyak script yang masih menunggu sampai dengan pemuatan DOM selesai sebelum mulai berjalan.
  • Dapat meningkatkan user experience. Tentunya dengan Anda menerapkan Lazy Load pasa sebuah website, maka Anda secara tidak langsung bisa meingkatkan user experience. Apalagi untuk user yang melakukan akses website dengan menggunakan seluler dan juga koneksi yang lambat. Maka, dengan adanya lazy load akan sangat membantu.
google lazy load

5 Plugin Google Lazy Load Untuk WordPress

Lazy Load by WP Rocket

Merupakan sebuah plugin yang memberikan penawaran secara gratis. Plugin ini juga dilengkapi dengan adanya fitur yang bisa menampilkan gambar hanya ketika pengunjung melihatnya. Hasilnya adalah fitur ini akan sangat membantu dalam mengurangi angka request mechanism HTTP oleh karnea itu dapat meningkatkan sebuah kinerja website menjad lebih cepat.

Plugin ini juga bisa bekerja pada berbagai jenis gambar yang ada didalam halaman pos, thumbnails, wedget text dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, fitur pada plugin ini juga bisa menggantikan YouTube iframes dengan thumbnails preview sehingga nantinya bisa mengurangi beban pada server Anda. Berikut ini merupakan fitur yang ada di plugin Lazy Load by WP Rocket:

Fitur Lazy Load by WP Rocket

  1. Imagify dimana merupakan fitur optimasi dari sebuah gambar terbaik yang bisa mempercepat situs Anda dengan cara memuat kapasitas gambar menjadi jauh lebih ringan dari biasanya.
  2. WP Rocket merupakan plugin caching yang bisa digunakan untuk mempercepat wordpress yang Anda punya.
  3. Heartbeat Control merupakan sebuah plugin terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengontrol WordPress Heartbeat API dan juga mengurangi dalam penggunaan CPU.

BJ Lazy Load

Sebuah plugin yang sangat memungkinkan Anda agar bisa melakukan kontroling pada proses loading pada website. BJ Lazy Load juga bisa Anda gunakan pada semua jenis gambar, thumbnail, gravatar, konten iframe, dan juga video Youtube. Tidak hanya itu, plugin ini juga bisa menyesuaikan ukuran layar dengan ukuran gambar yang akan Anda upload. Contohnya, pada ukuran layar yang lebih kecil dari biasanya, sehingga gambar yang nantinya akan dimuat juga akan secara otomatis mengecil. Selain itu, untuk layar yang mempunyai resolusi tinggi contohnya seperti Retina Display Apple plugin yang bisa digunakan untuk mengubah kualitas gambar dengan DPI (Dots Per Inch) yang tinggi. Berikut ini merupakan fitur yang ada di plugin BJ Lazy Load:

  1. Bisa melakukan Lazy Loading pada hampir keseluruh lampiran media yang ada dalam seluruh tema WordPress dengan memakai simple filter.
  2. Sangat kompatibel dengan plugin RICG Responsive Image agar bisa menghasilkan kualitas gambar yang sangat responsive.
  3. Bisa teraplikasikan dengan segala jenis media, mulai dari gambar, thumbnail, gravatar, konten iframe, dan juga video Youtube.
google lazy load

WordPress Infinite Scroll-Ajax Load More

Merupakan sebuah plugin populer yang dikenal dengan WordPress Infinite Scroll yang cara kerjanya dibantu dengan kueri yang sudah didukung oleh Ajax. Kueri ini juga sudah dibuat khusus agar bisa melakukan pengguliran atau scrolling tanpa adanya batas yang bisa melakukan lazy loading pada sebuah halaman post. Plugin ini juga sudah terintegrasi dengan WooCommerce dan juga Easy Digital Downloads apalagi dengan banyaknya fitur unggulan. Berikut ini merupakan fitur dalam WordPress Infinite Scroll:

  1. Shortcut Builder mempunyai fungsi untuk dapat melakukan sebuah customize pada tampilan dan juga fungsi dengan bantuan shortcode tertentu.
  2. Repeater Templates fungsinya untuk melakukan editing dan juga memperluas fungsi dari Ajax Load More yang sesuai dengan tampilan tema yang Anda punya.
  3. Ajax Filtering sebuah fitur yang sangat memungkinkan Anda agar bisa melakukan sebuah filter dan juga bisa memperbaharui hasil kueri Ajax milik Anda
  4. Mempunyai berbagai jeis macam extensions.

Lazy Loader

Adalah sebuah jenis plugin Google Lazy Load pada WordPress yang dikenal sangat simple dan juga sangat mudah untuk dioperasikan. Plugin ini juga tidak kalah beda dengan jenis yang lain, yaitu sangat mendukung lazy loading pada semua bentuk gambar, video, audio dan juga iframe. Plugin ini juga bisa digunakan untuk latar belakang gambar pada sebuah tema dan juga script dengan bantuan dari modifikasi yang dilakukan secara manual. Anda tentu dapat bebas dalam mengaktifkan dan juga menonaktifkan plugin Lazy Loader kapan saja secara mudah. Berikut ini merupakan fitur Lazy Loader:

  1. Bisa mengatur agar tidak melakukan lazy loadng pada sebuah elemen CSS tertentu.
  2. Bisa juga digunakan pada semua bentuk gambar, video, audio, latar belakang tema dan juga iframe.
  3. Dapat menampilan loading spinner.
  4. Mempunyai plugin lazysizez aspectratio. Dimana plugin ini berfungsi agar bisa menghindarkan content jumping atau layout tampilan geser menjadi sangat berantakan.

Kesimpulan

Menggunakan plugin Google Lazy Load pada WordPress memang sangat disarankan untuk Anda yang sangat mendambakan website dengan tingkat akses yang bisa dibilang cepat. Kecepatan pada sebuah website akan sangat berpengaruh pada hasil rangking pada search engine.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.