Pengertian dan Fungsi Captcha Untuk Website Anda

20 Des 2018
Pengertian dan Fungsi Captcha Untuk Website Anda campaign-unlimited

Apakah kamu pernah ketika sedang browser dan mengunjungi suatu website lalu ingin mengisi formulir atau mendaftar sesuatu atau mendownload suatu file tiba-tiba kamu melihat gambar yang bentuknya kacau? Bagi kamu yang sering menggunakan internet pasti sering menemukan hal tersebut. Biasanya gambar itu hanya terdiri dari huruf dan angka. Apakah hal tersebut? Hal berupa gambar acak yang bisa terdiri dari huruf dan angka  tersebut yang sering muncul ketika kamu mengakses suatu website sering disebut captcha. Apa sih itu captcha? Apa fungsi dari captcha? Apa kegunaannya? Di artikel ini kami akan membahas lebih lanjut tentang pengertian dan fungsi captcha.

Setiap pengguna internet pasti mempunyai pengalaman menulis captcha dan mereka terpaksa harus melaluinya walaupun ada yang menggangap ini adalah hal yang sangat menyusahkan.

Tetapi tidak semua orang yang menyadari tentang betapa revelan penggunaan captcha ini. Berikut pengertian dan fungsi dari captcha.

Fungsi Captcha
Tidak usah pusing jika bertemu captcha, fitur ini cuma ingin tahu kamu manusia atau robot

Apa Itu Captcha?

CAPTCHA atau Captcha (disebut cap-ch-uh) yang merupakan singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart adalah sebuah metode turing test yang digagas oleh Alan Turing pada tahun 1950.

Captcha adalah sejenis fitur challenge respons untuk memastikan bahwa respon yang dihasilkan hanya boleh dibuat oleh manusia dan bukannya komputer.

Dengan kata lain, CAPTCHA adalah pengesahan kata ujian yang dimasukkan dari suatu bentuk sign-up seperti sign up akun Gmail, Yahoo, Facebook ,Twitter, Youtube, kaskus dan berbagai macam website lainnya.

Jenis captcha ada bermacam-macam. Namun pada umumnya captcha memiliki bentuk yang terdiri dari huruf dan angka yang bentuknya tidak rapi, ada yang bengkok, ada yang ancur, meliuk – liuk seperti ular, dan masih banyak lagi.

Fungsi Captcha
Beberapa website terkenal seperti facebook, twitter mengggunakan captcha

Lalu Apa Tujuan Dari Pemasangan dan Fungsi Captcha?

Captcha digunakan untuk menghindarkan perisian automatik (bot) pada halaman login atau sign up.  

Misalnya ketika sign up untuk akun email baru, kamu akan menemui Captcha ini di bagian bawah sign-up, Ini sebenarnya untuk memastikan bahwa form tersebut hanya boleh diisi oleh manusia dan bukannya diisi secara otomatis atau diisi oleh komputer bot. 

Mustahil bagi bot untuk menekan dengan tepat suatu captcha yang dihasilkan. Jika fitur ini tidak digunakan, maka bertambah banyaklah akun yang dihasilkan oleh bot.

Ya, itulah fungsi captcha yang bisa kamu pasang di website. Dengan memasang fitur ini di login form atau registrasi di website anda maka hal ini dapat menghalangi spam bot. Namun itu baru funsgi utamanya saja. Karena faktanya, fitur captcha ini masih memiliki banyak kegunaan lainnya. Berikut beberapa fungsi captcha dan kegunaanya bagi website anda:

1. Mencegah Komentar Spam di Website atau Blog

Fungsi captcha yang pertama adalah mencegah komentar berupa spam di website atau blog kamu. Kebanyakan blogger yang akrab dengan program yang mengirimkan komentar palsu, biasanya untuk tujuan meningkatkan peringkat mesin pencari dari beberapa situs (misalnya, “membeli saham penny di sini”).

Ini disebut spam komentar. Dengan menggunakan captcha, hanya manusia dapat memasukkan komentar di blog. Tidak perlu untuk membuat pengguna mendaftar sebelum mereka memasuki komentar, dan tidak ada komentar sah pernah hilang.

Fungsi Captcha
Captcha bisa mencegah komentar spam pada website atau blog

2. Melindungi Pendaftaran di Website

Beberapa perusahaan seperti Yahoo, Microsoft dan sebagainya menawarkan layanan email gratis. Sampai beberapa tahun yang lalu, sebagian besar layanan ini menderita jenis serangan “bots” tertentu yang akan mendaftar untuk ribuan akun email setiap menit.

Satu-satunya Solusi untuk masalah ini adalah website harus menggunakan fitur captcha yang bisa mengkonfirmasi bahwa hanya dan cuma manusia yang dapat memperoleh akun gratis. Secara umum, layanan gratis harus dilindungi dengan captcha agar mencegah penyalahgunaan oleh berbagai skrip otomatis.

3. Melindungi Alamat Email Dari Scrapper

Fungsi captcha yang ketiga adalah melindungi alamat email kamu dari scrapper. Spammer atau sebutan untuk orang yang suka menyebar spam, merangkak web untuk mencari alamat email yang diposting dalam teks.

Untungnya, fitur captcha menyediakan mekanisme efektif yang bisa menyembunyikan alamat email kamu dari pencakar web. Idenya adalah untuk meminta pengguna memecahkan captcha sebelum menampilkan alamat email kamu sendiri. Bagaimana? fungsi captcha yang satu ini sangat berguna bukan?

4. Mencegah Serangan Kamus Pada Website atau Blog

Captcha juga bisa digunakan untuk mencegah serangan kamus dalam sistem sandi. Idenya sederhana, mencegah komputer untuk dapat iterate melalui seluruh ruang password dengan mengharuskan untuk memecahkan captcha  setelah beberapa kali login gagal.

Ini lebih baik daripada pendekatan klasik mengunci account setelah urutan login berhasil, karena melakukannya memungkinkan penyerang untuk mengunci account. Wah sangat berguna sekali ya ternyata fungsi captcha yang satu ini!

Simak Artikel: Cara Cek Website Down

5. Mencegah Search Engine Bot

Fungsi captcha yang terakhir adalah mampu mencegah search engine bot. Ya, kadang-kadang diinginkan untuk menjaga halaman Web unindexed untuk mencegah orang lain menemukan mereka dengan mudah.

Ada tag HTML untuk mencegah mesin pencari bots dari membaca halaman web. Tag, bagaimanapun tidak menjamin bahwa bot tidak akan membaca halaman web. Hanya berfungsi untuk mengatakan “tidak bots, silakan.”

Search engine bots, karena mereka biasanya milik perusahaan besar, halaman web menghormati yang tidak ingin memperbolehkan mereka. Namun, untuk benar-benar menjamin bahwa bot tidak akan memasuki situs web, captcha sangat diperlukan.

Fungsi Captcha
Idwebhost

Kesimpulan

Jadi itu dia penjelesan tentang apa itu captcha dan fungsi captcha itu sendiri. Sebelum captcha ditemukan, sangat  banyak spammer dan hacker yang membuat program, di mana program tersebut bisa melakukan pendaftaran secara berulang – ulang, otomatis dan yang pastinya para hacker tersebut menggunakannya untuk disalahgunakan.

Contoh untuk polling hanya dengan membuat program spam mereka hanya membutuhkan waktu singkat untuk mendapatkan polling jutaan.

Namun captcha juga memiliki sisi negatif karena sering kali dianggap membuat pengguna internet menjadi malas dan enggan atau tidak mau melakukan signup dan pengisian formulir.

Jika kamu adalah seorang developer maka captcha adalah barang wajib yang harus kamu buat supaya tidak ada pihak yang bermain-main atau menyalahgunakan dengan website milikmu.

Buat kamu, Sahabat IDwebhost pemilik website atau blog atau sebagai seorang web developer, sangat disarankan untuk menggunakan captcha. Karena dengan berbagai fungsinya yang telah ditulis diatas tersebut, akan meminimalisir penyalahgunaan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Fitur captcha bisa kamu dapatkan secara gratis yang telah disediakan oleh Google. Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera pasang captcha di website milikmu!