6 Framework PHP Terbaik Untuk Developer
Blog Tips Keren

6 Framework PHP Terbaik Untuk Developer

PHP merupakan bahasa programming server side open source yang paling terkenal di dunia. Bahasa programming tersebut sudah mengalami berbagai perubahan sejak pertama kali muncul. Pada awalnya, PHP adalah singkatan dari Personal Home Page, tetapi sekarang dinamakan juga sebagai PHP: Hypertext Preprocessor. PHP dapat diembed ke dalam HTML, atau dapat dikombinasikan dengan berbagai sistem template web, content management system, serta framework sebuah web. Meskipun populer, PHP bisa dibilang monoton dan hanya bisa mengulang-ulang saja. Oleh karena itu, dibuatlah framework PHP. Apa itu framework PHP?

Pengertian Framework PHP

Framework PHP untuk mempermudah proses pengembangan aplikasi web yang memakai PHP dengan memberikan struktur basic untuk membangun sebuah web. Jadi, mereka membantu Anda dalam mengembangkan sebuah website dengan lebih cepat. Selain itu, mereka juga bisa membangun aplikasi yang lebih stabil. Jadi, developer dan programmer tidak perlu lagi melakukan coding yang diulang-ulang. Framework juga dapat membantu pemula untuk membangun aplikasi yang lebih stabil karena mereka membantu memastikan bahwa interaksi antara database dan coding sudah berjalan dengan baik di layer presentation. Hal Ini akan sangat membantu Anda untuk fokus membangun aplikasi websitenya dan tidak hanya menghabiskan waktu menulis kode yang diulang-ulang.

Mengapa Menggunakan Framework PHP?

Ada banyak alasan mengapa programmer dan web developer senang memakai PHP. Berikut ini adalah beberapa alasannya :

Cepat

Alasan utama mengapa developer harus mencoba memakai framework PHP adalah karena framework PHP mempercepat proses dalam pengembangan web. Memakai kode yang sama untuk beberapa proyek yang mirip tentunya akan menghemat waktu developer. Sebuah framework menyediakan module yang sudah dibuat sebelumnya untuk mengerjakan task coding yang sulit, jadi developer dapat memanfaatkan waktunya untuk mengembangkan aplikasi utama dibanding membangun fondasi yang sama untuk setiap proyek.

 

Pengertian Framework PHP
IDwebhost

Stabil

Stabilitas merupakan alasan lain mengapa developer senang memakai framework PHP. Salah satu alasan utama mengapa PHP adalah bahasa coding yang popular adalah dikarenakan bahasa ini simple dan mudah untuk dipakai bahkan untuk pemula. Tetapi dari kemudahannya ini, Anda juga mungkin bisa saja melakukan kesalahan tanpa Anda sadari. Meskipun ada kesalahannya, biasanya aplikasi yang menggunakan PHP masih tetap bisa berjalan. Tetapi bisa jadi tanpa sepengetahuan Anda, Anda melakukan kesalahan pada keamanan website yang anda buat, bisa karena diserang. Nah, dengan memakai framework PHP, Anda tidak perlu lagi memikirkan kesalahan-kesalahan yang mungkin ada pada coding Anda. Mereka sudah diatur sedemikian rupa supaya menjadi stabil dan langsung bisa digunakan.

Mudah ditemukan

Anda dapat dengan mudah menemukan framework PHP di internet. Selain itu, ada banyak framework yang bisa Anda pilih. Sebenarnya Anda juga dapat membuatnya sendiri walaupun kebanyakan developer lebih memilih untuk memakai framework yang sudah ada karena kepopulerannya. Selain itu setiap framework tersebut juga memiliki tim support sendiri dan forum atau komunitas sehingga anda dapat berinteraksi dengan developer lain yang memakai framework yang sama.

Sebelum Anda memutuskan untuk memakai framework PHP, Anda sebaiknya lihat dahulu seperti apa proyek yang akan Anda kerjakan. Apakah proyek anda cocok memakai framework PHP? Apakah dengan memakai framework, akan mempermudah pekerjaan anda atau tidak? Apakah aplikasi Anda nantinya akan bekerja dengan lebih baik dan meningkatkan stabilitas anda? Jika memang iya, maka framework PHP mungkin jawaban yang tepat untuk anda pakai

Baca juga : Pengertian dan Fitur Pada Codeigniter

Bagaimana Cara Memilih Framework PHP yang Tepat?

Di internet memang ada banyak pilihan framework. Mungkin Anda yang baru mau mulai menggunakan framework, Anda juga takut jika salah memilih. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat membantu Anda memilih framework PHP yang tepat.

Sebelum anda memilih framework yang sesuai dengan proyek Anda, coba anda pikirkan siapa saja yang akan memakai aplikasi Anda. Jika memang akan ada banyak orang yang memakainya, Anda bisa memilih framework PHP yang sudah digunakan oleh banyak developer. Tetapi misalnya Anda membuat aplikasi web untuk urusan pribadi, Anda dapat bebas memilih framework yang paling nyaman untuk anda gunakan.

Beberapa faktor lain yang harus Anda perhatikan dalam memilih framework PHP yaitu :

  • Kemudahan penggunaan
  • Pengembangan dan kinerja yang cepat
  • Popularitas di antara komunitas developer (pengembang) web
  • Fitur-fitur framework
  • Tersedianya support dan forum komunitas

Jika Anda baru pertama kali mencoba framework PHP, ada baiknya Anda mencoba terlebih dahulu beberapa framework supaya anda tahu mana yang paling cocok untuk anda. Setiap framework mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing jadi Anda juga harus teliti dalam memilih. lihat dan mengerti dahulu kebutuhan Anda serta seberapa nyaman Anda memakai framework tersebut.

 

Mengapa Menggunakan Framework PHP
IDwebhost

Framework PHP Terbaik

Dalam beberapa tahun terakhir, PHP menjadi bahasa yang paling banyak dipakai developer. Dengan Semakin meningkatnya popularitas PHP, semakin banyak juga muncul framework PHP di internet. Ada banyak pertanyaan mengenai framework PHP apa yang terbaik? Sebenarnya, framework PHP sendiri dibuat untuk tujuan yang berbeda-beda. Jadi mana yang baik untuk Anda belum tentu baik untuk orang lain. Tetapi, kami akan memberikan Anda 6 framework PHP terbaik yang paling populer :

Laravel

Laravel adalah framework yang pertama kali dirilis pada tahun 2011. Berdasarkan survey yang dilakukan Sitepoint, Laravel merupakan framework yang paling banyak dipakai oleh developer. Laravel sendiri memang mempunyai banyak fitur yang dapat membantu para developer untuk membuat aplikasi lebih cepat. Laravel juga mempunyai mesin templating ringan yaitu “Blade”. Tidak hanya itu, Laravel juga mempunyai sintaks yang dapat membantu Anda untuk melakukan tasks seperti autentikasi, sessions, queueing, caching, serta routing RESTful.

The Zend Framework

The Zend Framework mempunyai banyak pengguna dan komunitas yang besar. Karena komunitas yang besar tersebut, Zend mempunyai banyak support serta user base yang aktif. Zend bisa dibilang sebagai framework PHP yang paling terkenal saat ini. Zend mempunyai banyak sekali fitur khusus dibuat untuk pengembangan pada level korporat. Selain itu, untuk memakai Zend, Anda perlu pengetahuan PHP yang lebih mendalam.

CakePHP

Bagi Anda yang baru mulai untuk menggunakan framework PHP, CakePHP merupakan framework yang tepat untuk Anda. Dibangun menggunakan prinsip yang sama dengan Ruby on Rails, CakePHP berfokus pada pengembangan yang cepat. Jadi, jika Anda memerlukan untuk pengembangan website dalam waktu singkat, CakePHP adalah pilihan yang tepat. Dengan kemudahan penggunaan, skalabilitas, dan sistem support yang terus berkembang, CakePHP dapat menjadi pilihan yang tepat untuk proyek Anda.

Symfony

Framework PHP satu ini lebih sesuai untuk developer yang sudah professional. Symfony sendiri dibuat dengan tujuan untuk membuat aplikasi level korporat. Contoh website yang memakai Symfony adalah Askeet dan Yahoo! Bookmarks. Symfony gratis dan mempunyai sangat banyak fitur dan bisa dipakai untuk banyak hal. Namun, Symfony bekerja sedikit lebih lambat dibandingkan dengan framework lain.

CodeIgniter

CodeIgniter dikenal dalam kemudahan penggunaannya, kinerja yang baik, serta kecepatannya. Berbeda dengan Symfony, framework ini digunakan di akun shared hosting atau jika Anda ingin memakai framework yang mempunyai footprint kecil. CodeIgniter juga mempunyai library atau perpustakaan yang berisi video tutorial, forum, user guide atau panduan user, serta halaman wiki untuk support. CodeIgniter juga dapat digunakan oleh pemula.

 

Bagaimana Cara Memilih Framework PHP yang Tepat
IDwebhost

Seagull

Seagull merupakan framework PHP yang terkenal untuk membuat sebuah website, command line, dan aplikasi GUI. Framework ini memang mudah untuk digunakan dan sesuai untuk semua pengembang, mulai dari pemula sampai coder yang sudah professional. Untuk pemula, Seagull mempunyai contoh-contoh aplikasi yang dapat Anda kustomisasi supaya sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk Anda yang sudah expert, Seagull menawarkan beberapa macam pilihan, termasuk di antaranya untuk praktik dan standar terbaik serta modular codebase supaya Anda dapat membangun aplikasi web dengan cepat dan mudah. Seagull juga mempunyai komunitas developer yang aktif. Selain itu, mereka juga mempunyai dokumentasi support jika Anda memerlukan bantuan.

Kesimpulan

Framework PHP adalah cara yang bagus untuk developer dari pemula sampai expert untuk mengurangi kebutuhan pengulangan kode, mempercepat proses pembuatan, serta memastikan penggunaan kode yang tepat saat membuat aplikasi web. Ini tidak hanya untuk mempercepat pengembangan aplikasi tetapi juga untuk memperketat keamanan PHP dengan mengurangi risiko celah keamanan dalam hasil kerja Anda. Ada banyak macam kerangka kerja PHP yang tersedia saat ini, ini memudahkan bagi developer untuk menemukan framework yang tepat dengan kebutuhannya dalam hal fitur, dukungan, kecepatan, skalabilitas dan sebagainya.

IDwebhost akan secara berkala untuk berbagi konten yang menarik dan edukatif. Selain itu, kami juga menyediakan paket hosting dan domain murah berkualitas. Anda bisa melihatnya di IDwebhost. Semoga artikel ini dapat membantu ya!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.