PNG vs JPEG, Apa Format Gambar Terbaik Untuk Web Anda?
Blog Tips Keren

PNG vs JPEG, Apa Format Gambar Terbaik Untuk Web Anda?

Format gambar ada banyak jenisnya. Keberadaan dari gambar itu sendiri sangat penting untuk membangun web yang anda miliki. Cara membangun web bisa lebih mudah memakai jasa hosting IDwebhost. Dengan menggunakan gambar yang tepat, maka website yang anda gunakan akan bisa menyampaikan sebuah cerita, konten dan promosi dengan lebih mudah. Faktanya, gambar berperan besar dalam mendominasi konten pencarian yang ada di internet. Banyak orang yang juga melakukan pencarian terhadap gambar tertentu dengan memasukan sejumlah kata kunci. Mengingat banyaknya manfaat yang akan bisa didapatkan dari pemberian gambar tersebut, anda sebaiknya mengetahui apa saja format gambar yang terbaik dan tepat untuk website itu sendiri. Dengan menggunakan pilihan gambar yang tepat maka website akan bisa berperforma lebih optimal dibandingkan dengan sebelumya.

Sebaliknya, kesalahan dalam memilih gambar akan berpengaruh pada UX web itu sendiri. Website akan berjalan dengan lambat. Hal ini akan membuat user experience semakin berkurang karena mereka merasa situs yang dibuka tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Sementara, banyak visitor yang berharap pada sebuah situs dengan pengalaman pengguna kecepatan yang lebih bagus dari sebelumnya. Format gambar tepat dan juga optimal akan memberikan keuntungan tersendiri. Disini anda bisa memilih dua gambar yang paling populer dan banyak digunakan, yakni JPEG dan PNG. Mana dari keduanya yang sekiranya lebih bagus?

Pengertian Format Gambar JPEG dan Kelebihannya

PNG vs JPEG, Apa Format Gambar Terbaik Untuk Web Anda
idwebhost

Hampir keseluruhan konten yang ada di internet menggunakan format gambar JPEG karena perannya yang signifikan. Gambar yang tersedia untuk format ini juga menampilkan bentuk yang lossy. Format gambar JPEG ini juga merupakan kepanjangan dari Joint Photgraphic Expert Group. Dengan gambar yang mampu menampilkan jutaan warna ini, tak heran banyak pengguna yang lebih memilih memakai format gambar yang satu ini. Dengan kemudahan tersebut, maka banyak karya foto yang tersedia di internet berbasis format ini. Warna yang nyata dan tegas menjadikannya sebagai primadona.

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa format gambar JPEG memiliki tipe lossy, anda akan bisa melakukan kompresi dengan beragam tanpa merusak kualitas awal dari gambar itu sendiri. Misalnya dengan level kompresi 60% saja masih cukup bagus menampilkan gambar dengan detail di website. Namun, sebaiknya tidak lebih dari 75% karena itu akan membuat kualitas gambar menurun. Satu hal yang pasti, semua perangkat yang terhubung dengan internet, baik itu Smartphone tipe apapun, PC dan laptop mendukung untuk format yang satu ini. Jadi gambar ini mau dibuka di media manapun pasti worked dan bisa dibuka dengan lancar.

Sayangnya format gambar JPEG ini tidak sesempurna yang dibayangkan. Pasalnya, format gambar ini tidak mendukung untuk gambar yang bersifat transparan. Mereka tidak mudah membaur dengan gambar lain karena bergantung pada satu tipe gambar saja. Oleh karena itu, dibutuhkan format gambar lainnya jika anda ingin memperoleh sebuah hasil yang transparan dan juga sesuai dengan kebutuhan website anda saat ini.

Pengertian Format Gambar PNG dan Kelebihannya

PNG vs JPEG, Apa Format Gambar Terbaik Untuk Web Anda
idwebhost

Format gambar PNG pasti sudah tak asing lagi di telinga para penjelajah dunia maya. Saat anda berselancar di internet dan mendownload gambar, sesekali anda akan menemukan sebuah gambar dengan format PNG ini. Format tersebut merupakan kepanjangan dari Portable Network Graphic. Gambar semacam ini adalah alternatif lain selan GIF yang banyak dikenal sebagai rajanya gambar bergerak. Untuk tipe PNG ini dikembangkan secara langsung oleh W3C dengan memakai algoritma kompresi lossless. Alhasil, anda akan bisa menggunakannya dengan format 24 bit maupun 8 bit lebih mudah. Sifatnya juga sangat mudah untuk menampilkan gambar yang transparan untuk kegunaan tertentu.

Dengan adanya algoritma yang lebih kompleks ini, PNG mampu menampilkan sebuah gambar dengan tingkat kesulitan grafis yang lebih tinggi dan tidak bisa dibuka oleh format JPEG. Jadi jangan heran kalau gambar format PNG tidak akan bisa bekerja sempurna jika anda memaksa untuk membukanya dengan format JPEG. Sebaliknya, jika anda membuka dengan format PNG, maka gambar tersebut akan bisa terbuka dan bekerja dengan sangat sempurna. Namun, tetap saja format ini juga memiliki kekurangan. Meski bisa membuka grafis yang kompleks, PNG tidak mampu dipakai untuk membuka gamabr animasi.

Baca Juga: Mengatasi Gagal Upload Karena File Terlalu Besar

Bahkan sejumlah kalangan menilai bahwa format gambar PNG memiliki size atau ukuran yang lebih besar. Tapi hal ini malah bisa memberikan sisi menguntungkan, yakni kualitasnya yang tidak akan menurun meski anda melakukan compress. Dengan memilih format gambar ini maka anda akan bisa menghasilkan sebuah gambar dengan format transparasi yang beragam. Tentunya format PNG ini berbeda dengan format yang lebih spesifik seperti SVG atau kepanjangan dari Scalable Vector Graphics. Format yang berbasis XML ini sudah banyak dipakai sejak tahun 2001. Format ini juga banyak digunakan oleh para web developer di semua browser yang ada di internet. Keuntungan dari SVG ini antara lain memiliki skala yang tajam meskipun sudah dikecilkan ukurannya. Hal ini tentu akan memberikan keuntungan tersendiri. Anda juga bisa melakukan custom terhadap gambar tipe SVG ini menggunakan CSS. Meskipun ada beberapa keuntungan dari gambar tipe SVG, tetap saja format JPEG menjadi pilihan terbaik untuk menampilkan sebuah foto di website.

Lalu Mana Yang Paling Bagus untuk Website? PNG atau JPEG?

PNG vs JPEG, Apa Format Gambar Terbaik Untuk Web Anda
idwebhost

Sebetulnya banyak pilihan format selain PNG dan JPEG yang bisa digunakan, salah satunya adalah WebP, GIF dan semacamnya. Tapi jika ditarik kesimpulan antara mana yang bagus antara PNG dan JPEG, semua bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jika anda mengutamakan tampilan kualitas gambar yang bagus, misalnya untuk Home Page website, maka anda sebaiknya memilih gambar dengan format PNG. Sementara jika anda ingin gambar yang sederhana dan biasa saja untuk postingan konten, format gambar JPEG bisa menjadi sebuah alternatif yang bagus. Tentunya anda paham konsekuensi untuk masing-masing format diatas. Jika pakai PNG, maka anda akan mendapatkan ukuran atau size yang lebih besar pastinya. Anda bisa memakainya berdasarkan pengalaman anda sebagai pengguna yang ada didalamnya. Dengan menerapkan gambar yang sederhana atau transparan pastinya semakin banyak keuntungan yang bisa anda peroleh.

Dalam postingan, alangkah baiknya jika anda menggunakan format pixel, panjang dan tinggi yang pas untuk digunakan. Pasalnya, jika anda menggunakan format pixel yang tepat, anda akan mampu memperoleh penampilan gambar yang padu padan satu sama lain. Di sisi lain, format gambar yang bagus sebetulnya mengesampingkan apapun tipe yang ada didalamnya. Disini yang terpenting adalah bagaimana gambar tersebut bisa membuat penampilan anda lebih bagus untuk dilihat. Anda bisa mempertimbangkan gambar tipe HD jika ingin menampilkan sebuah gambar yang benar-benar clear atau jelas sedap dipandang mata. Gambar yang sedap dipandang akan bisa memberikan user experience yang lebih baik dibandingkan dengan gambar yang tipenya biasa saja.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.