Fitur Terbaru iOS 12 dan Bagaimana Cara Melakukan Update

5 Jan 2019
Fitur Terbaru iOS 12 dan Bagaimana Cara Melakukan Update campaign-unlimited

Sistem operasi merupakan alat yang menafsirkan perintah dari aplikasi, dan memberikan mereka akses aplikasi ke fitur perangkat, seperti pada layar multi-touch atau penyimpanan. Beberapa sistem operasi yang Anda tahu mungkin adalah Android dan iOS. Di artikel ini, IDwebhost ingin membahas sistem operasi dari Apple yang dikenal dengan nama iOS. Apa fitur terbaru iOS 12 dan bagaimana cara melakukan updatenya?

Apa itu iOS?

iOS merupakan sistem operasi seluler Apple yang menjalankan Smartphone iPhone, iPad, ataupun iPod Touch. Awalnya dinamakan OS iPhone, lalu namanya berubah saat Apple meluncurkan iPad. iOS memakai interface multi touch, di mana gerakan sederhana dipakai untuk mengoperasikan perangkat, seperti menggesekkan jari Anda pada layar untuk berpindah-pindah ke halaman berikutnya atau gerakan mencubit jari-jari Anda untuk memperkecil gambar atau video. Ada lebih dari 2 juta aplikasi iOS yang sudah tersedia untuk siap diunduh di Apple App Store, toko aplikasi paling populer dari perangkat seluler selain android.

Sistem operasi seluler seperti iOS berbeda dengan kebanyakan sistem operasi lain dikarenakan setiap aplikasinya diproteksi sehingga aplikasi lainnya tidak bisa mengganggu satu sama lain. Ini membuat virus tidak bisa merusak aplikasi pada sistem operasi seluler. Tetapi memang masih ada jenis malware lain yang mungkin bisa merusak devicenya. Cangkang pelindung di sekitar aplikasi juga mempunyai batasan karena sistem iOS dapat menahan proses komunikasi langsung antar aplikasi. iOS menyiasati hal itu dengan memakai ekstensibilitas, fitur yang memungkinkan supaya aplikasi diijinkan untuk berkomunikasi dengan aplikasi lain.

 

apa itu ios
IDwebhost

 

Untuk Anda pengguna produk Apple, Apple tidak mengenakan biaya untuk melakukan pembaruan sistem operasi. Apple juga memberikan dua suite aplikasi jika anda membeli Smartphone iOS, yaitu iWork suite adalah aplikasi kantor, yang meliputi Word, Spreadsheet, serta Presentation dan iLife suite, yang berisi software penyuntingan video, pengeditan musik serta software pengeditan foto. Ini merupakan tambahan pada aplikasi Apple seperti Safari, Mail, dan Notes terinstal di iOS secara otomatis.

Merilis Update Terbaru Tiap Tahun

Apple merilis update terbaru untuk iOS setiap setahun sekali dengan mengumumkan pada event developer conference milik Apple yang biasanya diadakan di awal musim panas. Hal itu diikuti juga dengan dirilisnya model iPhone atau iPad terbaru yang bertepatan pada awal musim gugur. Perilisan gratis ini tentu dengan adanya penambahan atau pembaharuan fitur-fitur utama di iOS. Apple juga mengeluarkan pembaharuan perbaikan bug dan patch keamanan setiap tahun.

Fitur Terbaru dari iOS 12

Untuk pembaharuan terbaru tahunan di tahun 2018 ini, Apple baru saja meluncurkan iOS 12. Apa saja sih yang baru di update pad iOS kali ini?

1. Performance

Fitur terbaru iOS pertama yaitu Performance. Apple meningkatkan performance mereka pada update iOS 12 ini. Aplikasi seperti camera menjadi lebih cepat dibuka. Jadi, Anda akan merasakan suasana seperti telah memiliki Smartphone baru!

2. Messages

Fitur terbaru iOS kedua yaitu messages. Pada fitur message atau pesan ini , Anda akan mendapat tambahan lebih dari 70 emoji baru. Selain itu, Anda sekarang juga bisa menambahkan filter ke foto dan video yang Anda ambil melalui camera di aplikasi Message. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menambahkan Animoji pada gambar Anda. Apple juga telah menambahkan karakter baru untuk Animoji serta fitur terbaru yaitu Memoji supaya anda bisa membuat karakter untuk diri Anda sendiri.

 

fitur terbaru iOS 12
IDwebhost

3. Facetime

Fitur terbaru iOS ketiga yaitu facetime. Dengan aplikasi FaceTime di iOS 12, Anda sudah dapat menggunakan stiker, filter, Animoji, serta Memoji saat Anda sedang melakukan panggilan video FaceTime. Apple juga akan merilis dukungan untuk panggilan group pada FaceTime. Nantinya anda bisa melakukan facetime dengan 32 orang dalam satu percakapan. Anda juga dapat melakukan panggilan grup dari iMessage.

4. Notifications and Do Not Disturb

Fitur terbaru iOS keempat yaitu Notifications and do not disturb. Di iOS 12 ini, pada fitur notifications mendapatkan update yang cukup signifikan. Notifikasi dari aplikasi yang sama akan dikelompokkan secara otomatis sehingga Anda dapat mengelola dan menghapus notifikasi di saat itu juga. Anda juga dapat mengelola notifikasi Anda dari setiap aplikasi untuk dimunculkan atau tidak. Jika Anda memilih untuk notifikasi dikirim secara sembunyi, itu akan dikirimkan langsung ke Notification Centre tanpa pemberitahuan.

Fitur Do Not Disturb mempunyai kontrol yang lebih komplit. Anda bisa mengatur Do Not Disturb untuk dimatikan pada jangka waktu tertentu, misalnya setelah Anda meninggalkan lokasi tertentu atau pemberitahuan di kalender anda telah berakhir. Lalu untuk fitur Do Not Disturb during Bedtime, berguna untuk menyembunyikan semua pemberitahuan di layar kunci smartphone pada malam hari, jadi jika Anda mengambil smartphone Anda di malam hari, Anda tidak akan melihat pemberitahuan sampai Anda membuka iPhone tersebut.

5. Screen time

Fitur terbaru iOS kelima yaitu screen time. Dengan fitur terbaru ini, Apple sekarang dapat melihat berapa lama Anda telah menggunakan perangkat iOS. Screen time memberikan Anda perincian detail tentang seberapa sering Anda menggunakan perangkat iPhone atau iPad Anda. Lihat seberapa sering Anda memakai perangkat Anda, berapa banyak notifikasi yang Anda dapatkan, serta berapa lama layar Anda hidup setiap hari. Anda akan mendapatkan laporan mendetail di akhir minggu, seperti total waktu Anda, waktu rata-rata, dan banyak lagi. Anda dapat memakai fitur ini untuk membatasi waktu saat Anda mengakses aplikasi tertentu. Ketika Anda mencobanya, aplikasi tersebut akan secara otomatis berhenti bekerja sesuai jadwal. Jika Anda memakai iCloud Family Sharing di rumah Anda, Anda juga bisa melacak dan melihat berapa banyak waktu yang dihabiskan anak-anak Anda di perangkat mereka. Anda juga bisa menetapkan batas aplikasi untuk anak-anak Anda.

6. Augmented Reality

Fitur terbaru iOS keenam yaitu augment reality. Aplikasi ini dibuat dengan framework ARKit 2.0 yang bisa dibagikan ke banyak pengguna. Untuk game, Anda bisa memperoleh dukungan multiplayer untuk dua orang dengan pengguna ketiga sebagai penonton. AR environment sekarang sudah bisa persisten, yaitu menyimpan sesuatu ketika Anda selesai dengan melakukan sesuatu dan kembali lagi nanti. Lalu fitur AR Quick Look, Anda bisa dengan cepat membawa objek yang Anda temukan di aplikasi bawaan seperti Safari, iStore dan News ke dalam ruang augmented reality.

7. Measure

Fitur terbaru iOS ketujuh yaitu measure. Untuk menampilkan beberapa perangkat tambahan baru di ARKit, Apple telah menyediakan aplikasi baru, Measure. Anda dapat memakainya untuk mengukur berbagai hal hanya dengan memakai iPhone atau iPad Anda dengan fitur pengenalan objek.

Baca Juga :

8. Privacy

Fitur terbaru iOS terakhir yaitu privacy. Apple telah menambahkan fitur yang disebut Enhanced Intelligent Tracking Prevention untuk Safari di iOS 12. Ini untuk mencegah tombol media sosial dan konten yang disematkan pada website untuk melacak Anda di beberapa situs. Perusahaan juga telah membuat scan sidik jari, praktik pelacakan dan mengidentifikasi pengguna memakai penanda perangkat unik. iPhone atau iPad Anda sekarang akan secara otomatis menyarankan untuk penggunaan kata sandi yang kuat pada aplikasi dan situs web baru, dan akan tersimpan secara otomatis ke keychain iCloud Anda, serta sistem akan menandai kata sandi yang Anda pakai beberapa kali.

Ketika Anda menerima kode keamanan pertama melalui SMS untuk aplikasi atau situs web, iOS sekarang akan mengidentifikasi hal itu, lalu menawarkannya dengan kode itu di keyboard Anda, ini memungkinkan Anda untuk mengisinya hanya dengan satu tap saja. Siri juga sekarang telah mendukung navigasi ke satu set kredensial masuk ketika ditanyakan, meskipun Anda masih perlu mengotentikasi, jadi jangan khawatir tentang orang lain bisa mendapatkan akses mudah ke Keychain iCloud Anda.

Di atas adalah beberapa fitur dan update baru yang ada di sistem operasi iOS 12 ini. Bagaimana? Anda tertarik mau update? Yuk lanjut baca artikel ini.

Cara Melakukan update iOS 12 di iPhone dan iPad

 

Cara Melakukan update iOS 12 di iPhone dan iPad
IDwebhost

 

Cara melakukan update sistem operasi yang paling mudah adalah dengan mengupdatenya langsung di perangkat iOS. Ini adalah cara yang Tepat, efisien, dan simple untuk dilakukan. Yuk simak caranya :

  1. Pastikan Anda melakukan backup data anda ke iCloud terlebih dahulu
  2. Setelah sudah di backup, Pilih settings di layar Home Anda
  3. Pilih General
  4. Pilih Software Update
  5. Pilih Download and Install
  6. Masukkan Passcode Anda jika diminta
  7. Pilih Agree to Terms and Conditions
  8. Pilih Agree untuk konfirmasi

Download update Anda akan langsung dimulai. Jika tidak langsung mulai, biasanya perangkat iOS akan memberikan notifikasi “Preparing to Download”. Tunggu beberapa menit dan proses download akan langsung dimulai.

Baca Juga : Panduan Cara Upgrade Manual WordPress

Terakhir

Di artikel ini, IDwebhost sudah membahas apa itu iOS, fitur-fitur iOS 12 terbaru, dan bagaimana cara melakukan update iOS 12. Dengan Mengupdate iOS juga akan membantu menjaga keamanan perangkat Anda. Jadi jangan takut dan lupa untuk update device Anda ya! Semoga artikel ini dapat membantu!

IDwebhost selain menyediakan hosting dan domain serta layanan lain yang paling murah di indonesia juga selalu untuk memposting konten menarik lainnya seputar internet, bisnis dan sejenisnya. Jadi jangan lupa untuk subcribe kami ya.