Mengenal Lebih Dalam Fitur Facebook Marketplace
Blog Tips Keren

Mengenal Lebih Dalam Fitur Facebook Marketplace

Di era serba digital seperti saat ini, belanja online merupakan salah satu kegiatan yang sangat digemari oleh masyarakat. Hampir semua barang yang dicari dilakukan melalui belanja online. Well hal ini wajar saja karena belanja online memang sangat simple dan mudah dilakukan. Dan sekarang muncul istilah marketplace yang cukup familiar dan tidak asing lagi bagi masyarakat. Facebook marketplace merupakan salah satu fitur baru yang paling anyar. Dan di artikel ini kami akan mengajak anda untuk memahami lebih lanjut tentang fitur yang satu ini. Namun sebelum menelusuri Facebook marketplace lebih lanjut, akan lebih baik jika anda memahami terlebih dahulu tentang apa itu marketplace.

 

Apa Pengertian Marketplace?

Website marketplace adalah perantara antara penjual dan pembeli yang terjadi di dunia maya. Situs marketplace bertindak sebagai pihak ketiga di dalam transaksi online dengan menyediakan tempat berjualan serta fasilitas untuk pembayaran. Pada umumnya ada dua jenis kerja sama di situs marketplace Indonesia, yakni marketplace murni dan konsinyasi.

 

Facebook Marketplace
idwebhost.com

1. Marketplace Murni

Kerjasama marketplace murni adalah ketika website marketplace hanya menyediakan lapak untuk berjualan dan fasilitas pembayaran. Penjual yang melakukan kerjasama marketplace diberikan kebebasan yang lebih banyak dibandingkan jenis kerjasama konsinyasi.

Penjual memiliki kewajiban untuk menyediakan deskripsi dan foto produk secara mandiri. Lalu, penjual juga dapat menerima penawaran harga dari pembeli. Jadi sebelum melakukan pembayaran, pembeli bisa melakukan penawaran harga kepada penjual. Setelah mendapatkan harga yang disepakati oleh kedua belah pihak, pembeli bisa mengirim sejumlah uang ke rekening yang disediakan di marketplace.

Contoh marketplace Indonesia yang populer di dengan jenis kerjasama ini adalah Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, Blanja, dan BliBli. Beberapa contoh marketplace dari luar negeri yang populer di Indonesia adalah Shopee (Singapura), Lazada (Singapura), JD.ID (Tiongkok), Amazon (Amerika Serikat), sera Rakuten (Jepang)

2. Marketplace Konsinyasi

Jenis kerjasama marketplace yang kedua adalah konsinyasi atau istilah mudahnya yaitu titip barang. Jika penjual melakukan kerjasama konsinyasi dengan situs e-commerce, ia hanya perlu menyediakan produk dan detail informasi ke pihak e-commerce. Salah satu contoh marketplace yang menyediakan kerjasama konsinyasi adalah Berrybenka. Contoh marketplace lain yang menggunakan jenis kerjasama ini adalah Zalora.

Pihak situs e-commerce akan mengurus penjualan dari foto produk, gudang, pengiriman barang, hingga fasilitas pembayaran. Berbeda dari jenis kerjasama marketplace murni, di jenis konsiyasi ini pembeli tidak bisa melakukan penawaran harga karena semua alur transaksi ditangani oleh website e-commerce. Perbedaan paling mendasar terletak pada tanggung jawab penjual serta alur transaksinya. Alur transaksi di marketplace terjadi langsung antara penjual dan pembeli, sedangkan kerjasama konsinyasi semua alur transaksi langsung ditangani di website e-commerce.

Nah, setelah Anda memahami apa itu marketplace dan berbagai jenis website marketplace, berikut ini  akan kami kenalkan fitur baru yang baik disadari atau tidak telah hadir yaitu Facebook Marketplace.

 

Facebook Marketplace
idwebhost.com

Kenalan dengan Facebook Marketplace

Facebook Marketplace adalah tempat untuk melakukan kegiatan jual dan beli yang dikhususkan untuk para pengguna Facebook karena marketplace ini berada di dalam platform Facebook. Fitur anyar ini bisa anda temukan di bagian ujung kiri atas. Facebook Marketplace ini bisa diakses melalui desktop, tablet, ataupun aplikasi Facebook di smartphone. Tap saja ikon seperti ini di bagian bawah dalam Facebook app (iOS) atau di bagian atas (Android), jika menggunakan browser desktop icon seperti ini akan muncul di sidebar kiri.

Facebook menyediakan tempat jual dan beli ini dengan tujuan agar para penggunanya bisa dengan mudah mencari dan menemukan berbagai barang menarik yang dijual di Facebook. Di fitur ini pengguna bisa langsung datang ke marketplace ini secara langsung di dalam Facebook tanpa harus melakukan download atau install aplikasi lain dan juga dengan menggunakan akun yang sama.

Jika anda masih bingung, anda bisa langsung saja kunjungi link https://www.facebook.com/marketplace/ untuk membuka Facebook Marketplace. Disana anda akan menemukan banyak sekali produk atau item yang dijual oleh para pengguna Facebook yang sudah berjualan di Facebook Marketplace.

Sayangnya setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata fitur ini belum efektif. Masih banyak kebingungan dari segi harga. Mengingat banyak sekali yang berjualan sehingga membuat berbagai cara agar produknya ditanyai. Dengan cara menjual dengan harga yang tidak sebenarnya. Sehingga pengguna yang mau membeli harus bertanya dengan detail apabila tertarik dengan produk yang dijual. Lalu pada 28 Mei 2018, Fitur ini hanya tersedia di beberapa negara saja, tapi para pengguna Indonesia sudah cukup banyak yang memanfaatkannya untuk berdagang.

Bagaimana Cara Berjualan di Facebook Marketplace?

Tidak ada keistimewaan khusus jika kita adalah sering menggunakan e-commerce marketplace dalam berjualan. Dan kami yakin, generasi muda atau milenial di jaman kini pasti sudah banyak yang terbiasa menggunakan E-comer, Fitur facebook marketplace sangat mudah. Tinggal upload foto produk yang dijual di lama tersebut dan anda langsung bisa berjualan.

Jika kamu melihat menu +Jual Sesuatu (jika menggunakan bahasa Indonesia) di sisi layar untuk mulai berjualan. Klik menu +Jual Sesuatu, lalu coba masukkan semua rincian dari item yang dijual dengan benar. Klik tombol Kirim untuk mulai menjualnya. Setiap produk yang kita jual akan tampil di dalam menu Jual, klik menu Jual untuk melihat semua produk yang kamu jual dengan akun Facebook bersangkutan.

 

Facebook Marketplace
idwebhost.com

Tips jika anda ingin belanja di Facebook Marketplace

Fitur ini memang terbilang tidak begitu baru. Namun sangat disayangkan efektivitas serta keamanan di facebook marketplace ini belum begitu baik untuk diatasi. Belum lagi kasus kebocoran data yang baru baru ini terjadi di facebook mungkin menghambat fitur ini untuk berkembang dengan baik.

Poin penting jika anda ingin menggunakan fitur ini adalah jangan percaya 100% detail yang tertera di sana. Anda harus kritis, bertanya secara detail dan melakukan pembelian secara face to face untuk mengurangi risiko dan meminimalisir penipuan. Mengingat facebook marketplace ini belum memiliki fitur pembayaran khusus layaknya marketplace pada umumnya, jadi sangat rawan penipuan. Facebook Marketplace tidak dapat melakukan transaksi jual beli secara langsung melainkan hanya ngobrol atau tawar menawar lalu selanjutnya tergantung dari kesepakatan kedua belah pihak.

Penjualan sepenuhnya dilaksanakan pada media chatting di Facebook Messenger. Ketika membuka Facebook Markletplace, klik salah satu produk yang hendak dibeli. Ketika membuka salah satu item (status login), akan muncul tombol Tanya Detail. Hati-Hati ! Karena ketika klik tombol tersebut, secara otomatis Facebook akan mengirimkan pesan “Apakah ini tersedia” seolah calon pembeli bertanya kepada penjual mengenai produk bersangkutan.

Nah berikut tadi merupakan kenalan dengan Facebook Marketplace yang semoga bisa menjadi referensi bagi anda untuk berbelanja online. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di Idwebhost dengan domain dan hosting yang murah.

Willy Budianto

Willy Budianto seorang tech enthusiasm. Dia merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.