Penyebab Dan Solusi Error Establishing A Database Connection
Blog Tips Keren

Penyebab Dan Solusi Error Establishing A Database Connection

Error establishing a database connection adalah sebuah kalimat yang menakutkan bagi para pemilik WordPress atau situs di dunia maya. Pasalnya, pesan ini menandakan bahwa anda tidak lagi bisa berkomunikasi dengan database jasa domain Anda. Dengan kata lain, website anda pun menjadi down alias tidak bisa diakses lagi. Satu hal yang sering dilakukan oleh pemilik situs adalah langsung panik ketika mereka mendapat pesan ini. Padahal masalahnya tidak separah yang anda bayangkan. Hanya saja, jika pesan error establishing a database connection ini muncul, anda harus segera melakukan penanganan. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap traffic yang dimiliki web anda. Anda pun akan semakin kesulitan untuk bersaing dengan para competitor.

Bahkan masalah ini juga menandakan kemungkinan ada hacker atau orang asing yang menyerang situs anda. Sebelum semuanya terlambat, alangkah baiknya anda segera bergerak supaya tidak terjadi masalah yang lebih parah. Tapi sebelum melangkah lebih jauh, apakah anda tau apa yang memicu terjadinya problem ini?

Faktor Penyebab Error Establishing A Database Connection

Penyebab Dan Solusi Error Establishing A Database Connection
idwebhost

Ada beberapa hal yang memicu terjadinya masalah error establishing a database connection ini. Pertama, salah satunya adalah karena kredensial login database yang salah. Hal ini terjadi karena situs yang menghubungkan kepada MySQL Database menggunakan informasi loginnya secara terpisah. Kedua, alasan lain juga bisa terjadi karena database yang rusak. Kenapa hal ini bisa terjadi? Biasanya itu dikarenakan tindakan pemilik situs yang berkali-kali merubah tema dan plugin yang dimiliki. Jadi mereka melakukan install, delete dan install lagi begitu seterusnya. Jika ini dilakukan secara rutin maka sejumlah komponen yang ada di plugin tersebut berpotensi secara tidak sengajar rusak atau malah terhapus. Akibatnya munculah masalah error establishing a database connection ini.

Ketiga, kemungkinan besar hal ini terjadi karena ada hacker yang menyerang situs anda. Mereka melakukan cara tersendiri untuk merusak file yang sudah diinstal di WordPress yang anda miliki. Cara ini rentan terjadi jika anda malas dalam melakukan maintenance dan tidak memberikan perlindungan yang berkala kepada situs yang anda miliki. Keempat, problem tersebut juga bisa terjadi karena ada kesalahan yang dilakukan hosting yang anda gunakan. Biasanya masalah pada hosting tersebut terjadi karena adanya overload database dan terlalu banyak permintaan yang dilakukan. Hal ini juga akan semakin rumit apabila ada beberapa pengguna lain yang masuk di server yang sama.

Cara Mengatasi Error Establishing A Database Connection

Penyebab Dan Solusi Error Establishing A Database Connection
idwebhost

Anda tak perlu bingung, disini yang harus dilakukan adalah menentukan letak kesalahan terlebih dahulu. Yang perlu dilakukan adalah membuka website anda (namadomain.com) dan juga mengakses dashboardnya. Apakah dua masalah tersebut muncul? Apabila masih belum bisa diakses juga, kemungkinan ada database website yang perlu anda miliki. Tapi anda tak perlu melakukannya secara manual karena WordPress sendiri sudah bisa memperbaikinya secara otomatis. Sayangnya, hal itu tidak akan terjadi kalau anda tidak mengaktifkan fitur pembenahan tersebut.

Bagaimana caranya? Masuk saja ke wp-config.php. Disinilah letak dari semua pengaturan dan konfigurasi yang bisa dilakukan untuk website anda. Setelah anda masuk ke konfigurasi, maka langkah selanjuutnya adalah mengaktifkan tombol pengaturan pemulihan otomatis atau WP_ALLOW_REPAIR. Set kode diatas menjadi true. Disini nanti WordPress akan bekerja secara otomatis memperbaiki masalah database yang ada tanpa perlu anda pusing melakukannya secara manual.

Pilih Mana, Repair Database atau Repair and Optimize Database?

Anda nantinya akan menemukan dua pilihan. Anda bisa memilih salah satunya. Sebagai bocoran, jika anda memilih repair database saja maka anda tak perlu menunggu perbaikan lebih lama. Tapi kalau anda memilih repair dan optimisasi, maka hal tersebut akan memakan waktu yang cukup lama. Tapi hal tersebut akan berguna untuk melakukan pembenahan terhadap semua sistem yang ada di database anda secara menyeluruh. Jadi semua ada di tangan anda. Silahkan tentukan sendiri mana yang paling tepat untuk anda terapkan.

Baca Juga: Perlu Jasa SEO Terbaik Untuk Bisnis Usaha Online-mu? Ini Caranya

Tapi anda harus memahami bahwa halaman repair.php yang dijelaskan diatas tidak secure alias semua orang bisa mengaksesnya tanpa harus login kedalam situsnya terlebih dahulu. Oleh karena itu, anda wajib untuk menghapus baris kode WP_ALLOW_REPAIR yang anda tambahkan diatas setelah anda selesai dengan urusan anda. Jika tidak, maka hal ini akan membuat orang lain atau bahkan hacker melakukan upaya masuk dan merusak database yang sudah anda pulihkan sebelumnya.

Solusi Error Establishing A Database Connection Cek Pengaturan Koneksi

Penyebab Dan Solusi Error Establishing A Database Connection
idwebhost

Apabila langkah diatas masih belum membuahkan hasil maka yang perlu anda lakukan adalah kembali lagi ke halaman wp-config.php. Selanjutnya anda hanya tinggal melakukan pengecekan terhadap koneksi database yang anda miliki. Apa saja yang perlu dicek? Beberapa checklist yang perlu anda perhatikan antara lain adalah Nama Database, Username, Password, Database Host, dan lain sebagainya.  Untuk lebih mudahnya lagi, anda bisa membandingkan data yang ada di konfigurasi tersebut dengan data yang ada di bagian MySWL Databases.

Cek Database Layanan Hosting Yang Anda Gunakan

Jika solusi masih juga belum ditemukan, maka kemungkinan masalah terjadi di host database yang anda gunakan. Untuk bisa mendapatkan solusi terbaik, alangkah baiknya jika anda menghubungi langsung ke layanan hosting yang anda gunakan. Nantinya akan dilakukan pengecekan terhadap pihak terkait mengenai masalah yang anda alami pada situs tersebut. Seharusnya host database dibuat bersama dengan detail akun yang ada di hosting anda.

Anda bisa melakukan screen capture atau mengambil gambar tentang contoh kerusakan yang anda alami pada saat mengakses situs tersebut. Disinilah nanti anda akan bisa menemukan langkah dan instruksi yang tepat dari penyedia hosting tentang apa yang harus anda lakukan. Mereka akan membantu anda dengan penanganan professional asalkan anda juga menjelaskan secara rinci apa problem yang anda hadapi pada saat mengakses situs tersebut.

Kenapa anda harus menghubungi pihak hosting jika ada masalah error establishing a database connection yang muncul? Pasalnya, tidak menutup kemungkinan hal ini juga terjadi karena ada perubahan server pada jasa hosting yang anda gunakan. Hal ini pun kemudian berdampak pada munculnya masalah error establishing a database connection yang dijabarkn diatas.

Itulah beberapa langkah tepat yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah error establishing a database connection. Intinya adalah tetap tenang dan jangan panik. Website anda tidak hilang atau apapun itu. Semua bisa diatasi dengan sederhana melalui wp-config.php seperti yang dijelaskan sebelumnya. Masalah ini bisa ditangani dengan baik jika anda paham penyebabnya dan juga melakukan pembenahan yang tepat. Anda bisa melakukannya sendiri untuk mendapatkan solusi yang lebih tepat. Alternatif lainnya anda bisa meminta bantuan jasa penyedia hosting yang sudah pasti professional dan memahami apa yang anda butuhkan.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.