Solusi Mengatasi Error Cannot Modifiy Header Information
Blog Tips Keren

Solusi Mengatasi Error Cannot Modifiy Header Information

Error cannot modifiy header information adalah sebuah masalah yang terkadang bisa muncul pada website anda. Masalah semacam ini tentunya sangat membingungkan karena akan membuat web anda tidak bisa diakses untuk beberapa waktu yang signifikan. Hal ini tentu akan berpengaruh besar pada traffic dan user experience orang-orang yang berkunjung ke website anda. Pastinya mereka akan bingung jika melihat web anda error, padahal biasanya bisa dibuka atau tidak error. Solusi semacam ini bisa muncul secara tiba-tiba, jadi perhatikan beberapa hal di bawah ini terlebih dahulu.

Penyebab Masalah Error Cannot Modifiy Header Information

Solusi Mengatasi Error Cannot Modifiy Header Information - Headers Already Sent By
idwebhost

Error cannot modifiy header information adalah sebuah masalah yang muncul karena dipicu beberapa hal, salah satunya adalah my-function.php berada pada /public_html/wp-content/plugins/my-plugin/. Dari sinilah bisa disimpulkan bahwa error tersebut trjadi karena ada spasi yang terpasang pada bagian kode tersebut. Anda bisa mengetahui letak kesalahan secara spesifik jika anda mengecek pada bagian pagar (#). Supaya masalah error cannot modifiy header information ini tidak berlarut-larut maka ada beberapa hal yang bisa anda terapkan berikut ini.

Cara Memperbaiki Error Cannot Modifiy Header Information

Error cannot modifiy header information ini bisa anda perbaiki dengan melakukan editing terhadap file yang corrupt tersebut. Tentu saja anda tidak perlu khawatir karena anda bisa melakukannya dengan manual sehingga masalah yang anda alami akan segera teratasi. Tahap awal yang harus anda lakukan disini adalah mengakses file yang bermasalah tersebut melalui File Manager yang ada di hosting anda. Opsi lainnya anda juga bisa menggunakan FileZilla jika anda memilikinya.

Sebenarnya, simpel saja yang harus anda lakukan disini, yaitu melakukan delete atau penghapusan terhadap baris spasi yang tidak digunakan. Anda juga harus mengecek ulang dan memastikan bahwa tag penutup dan pembuka yang ada di file PHP tidak menyisakan spasi atau <?php dan juga ?>. Jangan sampai pula ada baris kosong di akhir kode tersebut.

Solusi Lainnya, Anda Bisa Ganti File Yang Corrupt

Solusi Mengatasi Error Cannot Modifiy Header Information - Headers Already Sent By
idwebhost

Error cannot modifiy header information juga bisa dilakukan dengan cara mengganti file yang corrupt tersebut secara langsung. Ini sebetulnya adalah caara yang lebih mudah mengatasi problem error cannot modifiy header information tersebut. Bisa jadi masalah semacam ini timbul karena adanya crash atau error pada bagian template dan plugin yang ada didalamnya. Sebetulnya dengan hanya melakukan install ulang terhadap template dan plugin yang dimiliki oleh web anda, maka semuanya akan teratasi dengan langsung.

Tapi satu hal yang perlu anda perhatikaan baik-baik dalam error cannot modifiy header information ini adalah untuk melakukan backup sebelumnya. Jadi anda tidak akan kehilangan data anda pada saat instalasi ulang. Anda juga bisa memperbarui file anda yang rusak tersebut dengan beberapa tahapan yang spesifik. Yang jelas, dengan adanya pembaharuan ini maka anda akan bisa terus menjaga supaya file tetap aman dan error cannot modifiy header information tidak terjadi lagi untuk seterusnya.

Cara Mencegah Error Cannot Modifiy Header Information Terjadi

Ada yang mengatakan pencegahan itu lebih baik dari mengobati. Nyatanya itu memang benar. Disini anda harus memahami bahwa error cannot modifiy header information tersebut bisa terjadi karena beberapa hal yang spesifik. Yang terpenting adalah sebaiknya anda melakukan pencegahan agar masalah itu tidak terjadi. Pertama, seperti yang dijelaskan diatas bahwa masalah ini bisa muncul karena ada masalah pada bagian plugin dan theme.

Disini yang harus anda lakukan adalah memilih plugin secara selektif. Ada banyak plugin yang dikembangkan oleh third party atau pengembang yang tidak diketahui dia memperbarui pluginnya secara berkala atau tidak. Bahkan kalau mereka memperbaikinya, hal tersebut tidak menutup kemungkinan error bisa terjadi. Sebetulnya untuk menghindarinya pilih saja plugin dengan rating bintang lima. Atau jika anda merasa ada yang curiga atau tidak yakin dengan kegunaan plugin yang anda lihat di kolom pencarian, sebaiknya anda memilih opsi yang lainnya saja.

Kedua, error cannot modifiy header information juga bisa terjadi karena anda sering gonta ganti plugin dan template. Jadi sangat diusahakan kepada anda untuk tidak mengkonfigurasi web anda terlalu berlebihan. Pasalnya, melakukan konfigurasi yang terlalu berlebihan juga akan berimbas pada web anda yang nantinya mengalami error tanpa sebab. Sebagaimana flash disk yang diformat terus menerus pasti ada kalanya nanti akan error juga, bukan? Jika anda ingin mengatasi masalah yang satu ini dengan lebih mudah, sudah pasti cara mencegahnya adalah dengan terus selektif dalam memilih plugin. Kalau memang tidak diperlukan, sebaiknya anda jangan sampai menginstall ulang, kemudian uninstall, kemudian install lagi, begitu seterusnya.

Ketiga, masalah error cannot modifiy header information adalah karena PHP code yang juga salah. Karena itu, jangan pernah mengedit file PHP tersebut jika anda tidak tau fungsinya apa dan kendala apa yang akan terjadi setelahnya. Ingat saja kapan terakhir kali anda melakukan editing terhadap file tersebut. Jika error masih berlanjut, sebaiknya anda mengecek lagi apa yang terjadi sebelumnya.

Pengaruh Error Cannot Modifiy Header Information Terhadap Situs Anda

Solusi Mengatasi Error Cannot Modifiy Header Information - Headers Already Sent By
idwebhost

Ada pengaruh signifikan yang akan anda temukan jika problem semacam ini muncul. Pengaruhnya pastinya sangatlah besar dan signifikan. Anda akan melihat bahwa website anda tiba-tiba akan mengalami kendala dalam hal traffic. Bagaimanapun juga sebuah website yang tidak bisa diakses karena alasan apapun akan mempengaruhi pada traffic mereka. Hal ini juga akan berimbas pada SEO website tersebut. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika anda membangun website anda tapi kemudian anda memperhatikan setiap step by step yang anda lakukan. Dengan cara tersebut, sudah pasti hal ini akan berimbas pada keuntungan yang akan dapat anda peroleh dengan segera dan nyata.

Selain itu, mengetahui penyebab error seperti yang dijelaskan diatas juga bisa menjadi ide yang bagus. Kenapa? Karena ini akan membuat anda selalu waspada untuk tidak melakukan hal atau sesuatu yang bisa berpotensi merusak website yang anda miliki. Pasalnya, problem yang terjadi pada website anda bisa terjadi kapan saja. Jadi jika anda tidak melakukan pencegahan, maka masalah yang sama akan terus terjadi secara berlarut-larut. Jangan membuat website anda semakin error karena hal-hal yang tidak diperlukan.

Kesimpulan

Error cannot modifiy header information bisa terjadi karena beberapa sebab. Untuk bisa mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa diterapkan, yaitu dengan mengganti code yang ada di halaman editor PHP atau anda juga bisa menginstall ulang saja file yang menyebabkan error tersebut. Tapi tentu saja anda harus paham dulu kerusakaanya ada di bagian mana. Hal ini akan membantu anda lebih mudah mencarikan solusi yang terbaik supaya file yang problem bisa segera diatasi.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.