Engagement Rate: Pengertian, Calculator dan Cara Meningkatkan

Engagement Rate: Pengertian, Calculator dan Cara Meningkatkan campaign-unlimited

Bagi kamu para digital marketing atau social media specialist pasti sangat familiar dan memahami dengan istilah engagement rate. Nah, engagement rate adalah istilah yang berkaitan dengan keterlibatan pengikut media sosial atau blog terhadap suatu konten. Dari metrik inilah kamu dapat mengetahui berhasil atau tidaknya sebuah konten. Kamu bisa menggunakan engagement rate calculator untuk memudahkan penghitungan.

Nah, pemahaman mengenai engagement rate ini penting, lho, bagi kamu yang menggunakan media sosial untuk membangun branding.

Engagement rate adalah sarana untuk mengetahui apakah konten yang kamu buat berhasil menarik keterlibatan audiens atau tidak. Semakin tinggi engagement, maka semakin tinggi pula kesempatan sebuah brand dikenal luas.

Engagement Rate Adalah?

engagement-rate

Seperti dalam penjelasan di atas, semakin tinggi engagement, maka semakin tinggi pula peluang brand dikenal luas. Nah, engagement rate adalah alat atau metrik untuk mengukur interaksi yang dilakukan audiens terhadap sebuah konten.

Dalam digital marketing sendiri, engagement rate adalah metrik untuk menganalisis keefektifan dari kampanye perusahaan.

Biasanya, keterlibatan ini dilihat dari interaksi yang dilakukan oleh audiens pada kontenmu. Mulai dari memberikan likes, comment, hingga membagikan konten ke audiens yang lebih luas lagi. Nah, penggunaan engagement rate oleh perusahaan ini umumnya pada media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Akan tetapi, penggunaan engagement rate ini juga digunakan dalam media lain seperti website, Youtube, Tiktok, dan blog (blogger). Tingkat keterlibatan ini juga seringkali digunakan oleh para content creator media sosial atau influencer sebagai alat ukur seberapa besar keterlibatan para follower dalam setiap konten mereka.

Kenapa engagement rate penting? Seperti yang telah kita ketahui, engagement rate adalah alat ukur interaksi audiens dalam sebuah konten dalam bentuk angka. Nah, dari data engagement rate ini, kamu bukan hanya bisa mengetahui berhasil tidaknya sebuah konten. Tetapi, kamu juga dapat menggunakannya untuk menganalisis apa yang disukai atau diinginkan oleh audiens.

Kamu juga dapat melakukan analisis dan evaluasi terhadap kompetitor melalui tingkat engagement ini. Semakin banyak jumlah interaksi dari audiens dalam sebuah konten, maka semakin tinggi jumlah engagement. Nah, semakin tingginya engagement rate ini adalah tanda bahwa jangkauan brand semakin luas.

Rumus Menghitung Engagement Rate

engagement-rate

Menurut CFI, satu-satunya rumus untuk mengukur engagement rate adalah dengan total engagement dibagi dengan total followers lalu dikalikan 100. Akan tetapi, setiap media tentu memiliki tujuan dan jenis interaksi yang berbeda. Sehingga, rumusnya pun akan berbeda sedikit menyesuaikan pada platform yang digunakan.

Nah, berikut ini cara untuk menghitung engagement rate untuk beberapa platform dan tujuan.

Engagement Rate untuk Media Sosial

Media sosial adalah salah satu platform yang menggunakan engagement rate. Setiap media sosial memiliki interaksi yang hampir sama yaitu terdiri dari likes, comments, dan share. Mulai dari Instagram, Facebook, dan Youtube hampir memiliki faktor engagement rate yang sama.

Nah, jika kamu ingin mencari engagement rate dari media sosial secara keseluruhan, maka rumus yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:

Engagement Rate (%) = (Total engagement / Total Followers) x 100 

Selain mengukur secara keseluruhan, kamu juga bisa mengetahui tingkat engagement yang didapatkan untuk setiap postingan. Nah, rumus engagement rate yang bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut:

Engagement Rate (%) = (Jumlah engagement per posting / jumlah impression per posting) x 100 

Kamu dapat mengganti total engagement tersebut dengan jumlah engagement per postingan. Sedangkan, untuk total followers bisa kamu ganti dengan jumlah viewers atau impression dari konten tersebut. Nah, jumlah viewers ini bisa kamu cek melalui fitur lihat insight.

2. Engagement Rate Untuk Website

Selain media sosial, dalam digital marketing, website juga menjadi salah satu media yang sering digunakan untuk pemasaran. Nah, melalui website ini biasanya perusahaan akan membuat berbagai konten berupa artikel untuk meningkatkan traffic dan juga konversi.

Berbeda dengan media sosial yang dihitung melalui jumlah likes, comments, dan share, website memiliki beberapa alat ukur untuk mengetahui berapa persentase engagement yang didapat. Untuk itu, rumus engagement rate yang dapat kamu gunakan adalah sebagai berikut:

Engagement Rate (%) = (Total engagement / Total users) x 100 

Tetapi, kamu dapat menyesuaikan rumus ini dengan mengganti engagement seperti apa yang ingin kamu ketahui. Misalnya, kamu ingin mengukur keterlibatan para users dari jumlah subscriber baru setelah membaca konten. Atau kamu ingin mengukur tingkat engagement dari lamanya waktu kunjungan para pengunjung website.

3. Engagement Rate untuk Faktor Tertentu

Jika sebelumnya cara mengukur engagement rate adalah dengan menghitung total engagement dibagi total followers lalu dikali 100, maka cara yang satu ini berbeda. Dalam cara menghitung engagement rate yang satu ini, kamu dapat menambahkan atau mengurangi bobot untuk beberapa faktor tertentu.

Misalnya, kamu ingin mengetahui engagement rate dari interaksi likes para followers dengan menambahkan bobot likes menjadi dua. Sedangkan, untuk faktor lain seperti komentar akan diberikan bobot sebesar satu. Nah, maka rumus engagement rate yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:

Engagement Rate (%) = (Total likes x 2) + Total engagement lainnya / Jumlah impression) x 100 

Untuk total likes dan faktor engagement lainnya ini bisa kamu gunakan jumlah per postingan. Begitu pula dengan jumlah impression atau jumlah viewers dari postingan tersebut.

Daftar Engagement Calculator Free

engagement-rate

Engagement rate calculator adalah alat yang digunakan untuk mengukur keterlibatan audiens di media sosial maupun platform lain secara otomatis. Nah, ini dapat menjadi solusi bagi kamu yang kesulitan untuk melakukan penghitungan secara manual menggunakan rumus di atas.

Ada beberapa engagement rate calculator yang dapat digunakan secara free. Berikut ini adalah beberapa engagement rate calculator free yang bisa kamu pilih:

1. Engagement Calculator Phlanx

Engagement rate calculator pertama yang dapat kamu gunakan adalah Phlanx. Tools yang satu ini adalah engagement rate calculator untuk berbagai macam media sosial. Mulai dari Instagram, Facebook, Youtube, Twitter, Tiktok, Discord, hingga Twitch. Menariknya lagi, kamu juga dapat melakukan tracking terhadap kompetitor bisnis melalui tools yang satu ini.

  1. Engagement Calculator All Stars

Jika kamu mencari engagement rate calculator dari Indonesia, bisa menggunakan All Stars. Nah, All Stars ini sendiri adalah engagement rate calculator khusus untuk akun Instagram. Tools yang satu ini bisa gunakan secara gratis dengan cukup memasukkan username Instagram pada kolom yang tersedia.

3. Tanke

Sama seperti All Stars, Tanke adalah salah satu engagement rate calculator yang khusus untuk Instagram. Caranya pun cukup mudah yaitu hanya dengan memasukkan username Instagram di kolom yang tersedia. Setelah itu, Tanke akan menganalisis secara otomatis mengenai tingkat engagement dari akun Instagram tersebut.

Tips untuk Meningkatkan Engagement Rate

Sangat penting bagimu untuk memahami apa itu engagement rate untuk melakukan analisis terhadap setiap konten yang kamu buat dan tayangkan di berbagai platform. Selain itu, kamu juga harus memahami bagaimana cara meningkatkan engagement rate dari setiap konten dan platform yang kamu miliki.

Sehingga, nantinya kamu dapat menyusun strategi pemasaran baru yang lebih tepat sasaran untuk media sosial maupun website. Supaya dapat memaksimalkan konten sehingga meningkatkan engagement rate, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

1. Optimasi Performa Website

Jika kamu menggunakan website sebagai media marketing, maka cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan engagement rate adalah dengan mengoptimasi performa website. Pengunjung akan lebih menyukai website yang tidak berat saat loading. Untuk itu, kamu dapat meningkatkan kecepatan website dengan mengatur beberapa hal serta menggunakan plugin.

2. Konten Berkualitas Meningkatkan Engagement Rate

Tips selanjutnya untuk meningkatkan engagement rate untuk media sosial maupun website yaitu dengan membuat konten yang berkualitas. Buatlah konten yang memang memenuhi kebutuhan para audiensmu. Misalnya, jika bisnismu bergerak di bidang kosmetik, maka kamu dapat mengedukasi para audiens skin care atau kosmetik apa yang cocok untuk jenis kulit mereka.

3. Upload Konten di Jam Terbaik

Selain membuat konten yang berkualitas, kamu juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk memposting konten tersebut. Jangan posting konten di saat orang sedang tidak membuka media sosial atau internet. Postinglah konten di waktu terbaik seperti di jam 11 pagi atau jam 10 pagi. Kamu juga dapat memposting di hari tertentu yang banyak audiensnya.

4. Berinteraksi dengan Audiens

Tips terakhir yang bisa lakukan untuk meningkatkan engagement rate adalah berinteraksi dengan para audiens. Nah, di setiap postingan pasti ada beberapa yang kemudian berkomentar. Kamu dapat meningkatkan engagement dengan cara membalas setiap komentar tersebut sekaligus untuk menjaga agar audiens betah untuk melihat setiap konten yang diupload.

Kesimpulan

Engagement rate adalah alat untuk mengukur interaksi dari setiap konten yang kamu posting. Penting sekali untuk memahami mengenai tingkat engagement ini agar kamu dapat mengevaluasi dan menganalisis apakah strategi social media marketing yang dilakukan berhasil atau tidak.

Nah, kamu dapat menghitung tingkat engagement ini dengan rumus secara manual. Tetapi, jika kesulitan, ada engagement calculator yang bisa kamu gunakan secara gratis. Biar engagement website makin meningkat, gunakan layanan hosting murah dari IDwebhost. Meski murah, tapi kualitas dijamin buat websitemusemakin cepat.

Gunakan juga layanan web hosting lainnya dari IDwebhost dengan harga yang terjangkau. Nah, biar makin terjangkau, jangan lewatkan berbagai promo menarik, ya!

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019