Tips Membuat Email Marketing Yang Efektif
Blog Tips Keren

Tips Membuat Email Marketing Yang Efektif

Di zaman yang semakin maju saat ini, teknologi digital merupakan salah satu konteks yang bisa memudahkan kegiatan kita dalam menjalani kehidupan bisnis. Perusahaan yang keras kepala ingin tetap menggunakan metode konvensional atau cara lama, perlahan-lahan pasti akan punah dan kalah bersaing. Penggunaan email merupakan salah satu contoh penggunaan teknologi yang paling simple, mudah dan penting untuk dilakukan. Email marketing adalah suatu kegiatan dimana anda bisa memanfaatkan email untuk menunjang bisnis Anda. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan relasi dan menjaga hubungan bisnis anda dengan customer.

Maka dari itu sangat penting bagi anda untuk membuat email marketing yang efektif dan agar bisa meningkatkan kegiatan bisnis anda. Dan di artikel ini kami akan memberikan beberapa tips untuk membuat email marketing yang efektif dan mungkin bermanfaat. Namun sebelumnya, berikut akan kami berikan penjelasan tentang apa itu marketing secara lebih mendalam.

Apa itu Marketing?

Marketing adalah kegiatan implementasi strategi yang dijalankan dengan sistem. Pengertian marketing ini yang membuat penjual dan pembeli bisa bertemu.  Pada strategi marketing juga mereka akan selalu berusaha menjaga citra produk agar pelanggan bisa dengan cepat memutuskan untuk membeli salah satu produk yang ditawarkan karena telah mengetahui kualitas dari merek tersebut. Juga  marketing memiliki strategi dengan istilah 7P, yakni Product, Price, Place, Promotion, Process, People, dan Physical evidence.

 

Tips email marketing
idwebhost

 

Tim marketing yang mempunyai tugas untuk melakukan analisis pasar, termasuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen. tim marketing menyiapkan tools dan konsep yang akan membuat customer mencari barang dan produk yang sudah disiapkan. Seorang Marketing harus membayangkan kembali produk yang sudah pernah sukses laku di pasaran sebelumnya, cara promosi, dan kelebihan produk sebelumnya untuk bisa merancang strategi yang bisa dipakai saat memasarkan produk.

BACA JUGA: Apa Itu Marketplace Online?

Ruang lingkup pekerjaan tim marketing juga tentu lebih long term karena harus bisa menjaga hubungan dan membina serta membangun relasi yang harmonis dengan para partner bisnis serta vendor yang terkait pemasaran produk. Lingkup pekerjaan marketing termasuk seperti Market ResearchPublic Relations, dan Customer Satisfaction.

Prioritas tim marketing adalah menjangkau customer, dan membangun relasi yang baik dengan para customer sampai bisa menjadi pelanggan setia. Kamu tentu bisa bayangkan keuntungan yang jelas didapat jika ada beberapa perusahaan besar menjadi pelanggan tetap produk yang perusahaan kamu punya. Semakin banyak pelanggan tetap, semakin besar juga tentunya keuntungan atau benefit yang akan anda dapat.

Jadi, intinya adalah Marketing adalah ujung tombak yang menjadikan suatu perusahaan akan meraih kesuksesan atau kemunduran. Marketing mempunyai tugas utama, yaitu menjual produk atau jasa dari suatu perusahaan yang mempunyai target pasar sesuai dengan yang telah ditentukan oleh perusahaan tersebut.

Berikut ini merupakan hal hal yang perlu perhatikan pada saat mau dan akan mengirimkan email marketing kepada para pelanggan anda agar bisa membuat email marketing yang efektif.

Tips Mudah untuk bisa Membuat Email Marketing yang Efektif dan bagus

1. Subjek Email

Tips mudah untuk bisa membuat email marketing yang efektif dan bagus yang pertama adalah memperhatikan email. Ini merupakan salah satu poin utama yang paling penting ketika membuat sebuah email marketing yaitu subjek atau judul email itu sendiri. Maka dari itu subjek email wajib lah untuk benar – benar bisa menarik perhatian pelanggan dan mengandung ajakan. Lalu jangan pernah meremehkan sebuah subjek email jika Anda sebagai marketing dan menginginkan email marketing Anda dibuka, dibaca serta di tanggapi oleh klien atau customer atau pelanggan Anda.

 

Tips email marketing
idwebhost

2. Tampilan Email

Tampilan email merupakan sesuatu yang penting dan tidak boleh dipandang sebelah mata. Karena ini merupakan daya tarik kedua bagi customer setelah mereka melihat subjek email yang tertera pada nomor 1 diatas. Tampilan email yang menarik pasti akan lebih disukai oleh customer dibandingkan tampilan yang kaku dan biasa saja.

Tidak semua email yang dibuka di akibatkan karena penulisan judul yang menarik serta mengundang perhatian orang untuk membacanya hingga selesai. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Direct Marketing Association mengatakan bahwa 88% orang yang membuka email menyukai tampilan tentang konten HTML nya dan 12% sisanya menyukai tampilan atau konten email yang dengan bentuk teks.

3. Permintaan data diri

Tips jitu untuk menciptakan email marketing yang efektif dan bagus bagi customer yang ketiga adalah melakukan permintaan data diri. Hal ini penting untuk bisa menambahkan database atau informasi tentang customer kita sebagai bahan untuk kegiatan marketing selanjutnya.

Pada saat Anda menginginkan mengumpulkan suatu list database maka Anda tentu akan mencantumkan form data diri ke dalam email marketing Anda. Usahakan supaya mengambil data yang penting saja seperti alamat email untuk meningkatkan kuantitas subscribe pada situs Anda. Karena jika data diri yang Anda buat terlalu bertele – tele maka akan membuat pelanggan Anda merasa bingung dan ragu ketika ingin memberikan informasi mengenai diri mereka terutama dengan maraknya penyalahgunaan informasi melalui internet seperti sekarang ini.

4. Testimoni atau kesaksian dari Customer

Salah satu cara dalam meningkatkan efektivitas subscribe email untuk situs Anda yaitu dengan mencantumkan social proof atau bukti bahwa servis yang anda berikan itu memuaskan atau yang lebih dikenal dengan testimoni. Bagi Anda yang menjalankan usaha dalam ukuran kecil maka dapat mencoba untuk melakukan dan mempraktekkan hal ini dengan hanya mencantumkan foto pelanggan yang puas atas produk atau jasa yang ditawarkan maupun dengan menampilkan testimoni dari orang terkenal di website atau situs Anda. Hal ini memiliki tujuan agar bisa memberikan informasi tentang email dengan harapan Anda akan menyediakan informasi berharga yang dapat dicari oleh calon pelanggan Anda.

 

Tips email marketing
IDwebhost

5. Membuat promo atau kuis yang berhadiah

Tips jitu terakhir untuk membuat email marketing yang bagus efektif adalah dengan membuat promo atau kuis berhadiah. Anda bisa menawarkan promo menarik ini kepada orang – orang yang telah melakukan subscribe. Contohnya dengan memberikan kode diskon special maupun promo lainnya yang ada di dalam email marketing yang Anda kirimkan. Pertimbangkanlah aspek win – win solution untuk Anda yang mau list building email serta bagi calon customer yang ingin mendapatkan hadiah dari Anda.

Pada akhirnya, email marketing merupakan media yang sangat terjangkau dari sisi harga serta sangat efektif dari segi cara. Bahkan hal ini lebih efektif daripada dengan beriklan via tv, radio ataupun media cetak yang tentu akan membutuhkan banyak biaya. Maka dari itu email marketing banyak digunakan oleh para pelaku usaha berskala kecil sebagai media promosinya. Selain melalui email, kegiatan marketing juga bisa ditingkatkan melalui pembuatan website. Karena website sendiri merupakan salah satu teknologi yang harus anda manfaatkan.

Willy Budianto

Willy Budianto seorang tech enthusiasm. Dia merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.