Cara Membuat Email Auto Reply Melalui cPanel
Blog Tips Keren

Cara Membuat Email Auto Reply Melalui cPanel

Cara membuat email auto reply bukanlah sesuatu yang susah untuk dilakukan. Terlebih lagi jika anda ingin memberikan sebuah fitur yang berguna pada bagian cPanel atau Control Panel website anda. Dalam hal ini, anda akan bisa memberikan jawaban kepada pengirim email tersebut secara otomatis. Hal inilah yang nantinya akan memudahkan anda untuk bisa mengirimkan email tersebut secara otomatis pada saat anda sedang away atau tidak berada di tempat. Pesan otomatis memang adalah sebuah pilihan fitur yang penting dan menunjukan kepada anda bahwa anda bisa menerapkan cara auto reply terhadap email tersebut dengan mudah, yakni dengan menggunakan auto responder yang terpada pada cPanel anda. Tahapannya antara lain adalah sebagai berikut:

Login Ke cPanel Terlebih Dahulu

Tahapan awal dalam cara membuat email auto reply adalah dengan login terlebih dahulu ke cPanel anda. Dari sini anda akan bisa masuk ke bagian menu. Lalu pada bagian menu tersebut anda bisa tinggal memilih saja fitur berupa autoresponder yang ada didalamnya. Disini anda bisa langsung mengaplikasikan fitur penjawab email otomatis yang bisa anda pergunakan dengan segera didalamnya. Dengan cara tersebut maka anda pun akan mampu mendapatkan kemudahan untuk menerapkan cara yang tepat dalam login itu sendiri.

 

Cara Membuat Email Auto Reply
idwebhost

Buatlah Email Auto Reply Tersebut

Setelah menerapkan cara membuat email auto reply diatas, kini anda harus mempersiapkan kira-kira jawaban otomatis seperti apa yang akan anda ingin harapkan? Dari sini yang harus anda lakukan adalah dengan memliih pilihan Add Autoresponder yang tersedia di menu cPanel ini. Pastikan bahwa anda telah memiliki akun email yang nantinya akan digunakan untuk menjawabnya tersebut. Kemudian yang perlu anda lakukan hanyalah tinggal mengisikan informasi yang anda inginkan pada kolom yang sudah tersedia. Disini anda akan melihat beberapa pilihan seperti character set, interval, email, domain dan form.

Character set merupakan daftar karakter yang diakui oleh software atau komputer terkait.  Anda bisa memilih pilihan tersebut yang tersedia dengan opsi utf-8. Kemudian, untuk bagian interval merupakan waktu tunggi bagi sistem autorespnder itu sendiri untuk membalas email terkait. Disini anda bisa mencoba mengisinya dengan angka 0. Nantinya autoresonder akan membalas email tersebut dalam waktu yang sama dengan saat pengirim mengirimkan email. Dengan kata lain, jika ada yang mengirimkan email kepada anda, maka fitur auto reply ini akan langsung menjawabnya dengan sendirinya. Namun, mengisinya dengan angka 0 itu pun sebetulnya tidak dianjurkan karena hal ini pun juga tak aman dari gangguan yang bisa saja terjadi pada layanan email tersebut. Hal ini bisa saja terjadi dan akan memberikan dampak signifikan kepada anda. Normalnya supaya bisa berfungsi secara optimal anda bisa mengisi pada angka 1 jam atau lebih.

Email, untuk kolom email tersebut, anda bisa mengisi bagian email ini dengan berisikan nama email yang anda miliki.Tappi isikan dengan namanya saja, misalnya jika nama email anda adalah emailanda@gmail.com, maka yang perlu anda isi adalah emailanda saja. Lalu pada bagian domain, anda bisa mengisinya dengan nama domain anda. Dari sini anda bisa mengisikannya dengan nama email pada domain anda tersebut. Untuk bagian from, isi saja dengan nama yang anda inginkan.

 

Cara Membuat Email Auto Reply
idwebhost

Jangan Lupa Mengisi Subject

Dalam cara membuat email auto reply ini, anda sebaiknya tidak boleh lupa untuk mengisi bagian subject yang ada didalamnya. Ini akan memungkinkan anda untuk dengan mudah memberikan informasi yang detail mengenai apa subject atau isi dari email anda tersebut. Dengan cara tersebut, maka anda pun akan bisa mengirimkan pesan balasan yang anda inginkan dalam bentuk HTML. Apabila anda tidak mengisinya maka pesan anda akan dikirim dalam bentuk Plain Text. Lalu yang tak kalah pentingnya adalah bagian body yang nantinya bisa anda isi dengan apa informasi yang ingin anda sampaikan dalam email tersebut.

Ada juga menu beruupa Start. Pada menu yang satu ini akan berisikan tanggal mengenai kapan fitur autoresponder ini akan aktif. Anda bisa memilih mengaktifkannya secara immidiately atau dalam arti lain melakukan aktivasi secara instan didalamnya. Lalu ada juga fitur berupa Stop yang mana akan memungkinkan anda untuk mengisikan kapan tanggal berakhirnya fitur autoresponder tersebut. Hal ini berguna apabila anda hanya ingin menggunakan fitur tersebut untuk sementara waktu. Di sisi lain, anda juga bisa memilih Never yang nantinya akan bisa menjaga agar autoresponder anda tetap aktif sebagaimana mestinya.

Apabila anda sudah selesai, maka silahkan anda melakukan langkah selanjutnya yakni dengaan memilih tombol create atau modifiy untuk lebih jelasnya dalam sukses atau tidaknya pengaktifan dari fitur tersebut. Dalam hal ini anda sebetulnya bisa melakukan pengetesan juga dalam rangka melihat apakah fitur yang anda aktifkan ini bisaa berjalan sebagaimana mestinya atau tidak. Dalam hal ini anda hanya tinggal menggunakan akun email anda yang lain saja untuk bisa menerapkannya dengan mudah.

Tes Fitur Email Auto Reply

Untuk bisa menggunakan cara membuat email auto reply ini, maka anda juga tidak boleh lupa untuk mengetesnya terlebih dahulu. Hal ini akan memungkinkan and auntuk bisa memahami apakah layanan yang anda gunakan tersebut bisa digunakan atau tidak. Anda juga bisa menghubungi pihak hosting terkait untuk bertanya mengenai hal ini. Pada dasarnya memang tidak susah untuk melakukan pengetesan selama anda mengikuti prosedur yang ada. Contohnya adalah menggunakan email lain, kemudian kirimkan email anda ke alamat domain yang dituju. Lalu lihat apakah nanti email tersebut akan bisa memberikan balasan secara otomatis atau tidak.

 

Cara Membuat Email Auto Reply
idwebhost

 

Baca Juga: Panduan Migrasi Blogger ke WordPress Tanpa Kehilangan Google Ranking

Apabila anda mampu melakukan semuanya dengan tepat dan benar sesuai dengan penjelasan cara membuat email auto reply di atas, maka anda pun juga akan mendapatkan hasil yang benar dan tepat memuaskan pula. Untuk tahapan selanjutnya mengenai fitur Edit dan Remove anda bisa melakukannya dengan memilih tombol Edit yang ada di dalamnyaa. Dari sini anda akan bisa memanfaatkannya untuk sesuai kebutuhan yang anda inginkan. Apabila menurut anda fitur ini sudah tidak diperlukan lagi, langsung saja gunakan tombol Delete yang sudah tersedia didalamnya. Ini akan langsung menonaktifkan fitur tersebut.

Kesimpulan

Cara membuat email auto reply bukanlah hal yang susah, bukan? Asalkan anda benar-benar tahu bagaimana cara penerapannya yang tepat dan mudah. Pada dasarnya anda memang bisa menggunakan fitur balasan secara otomatis ini dengan berkala. Jadi tidak ada yang perlu anda pusingkan lagi. Pasalnya, anda akan mampu menerapkan dan melakukan semuanya sesuai dengan yang anda inginkan dengan mudah di dalamnya. Kini anda bisa mencoba cara membuat email auto reply tersebut dan lihat bagaimanakah nanti hasilnya akan mampu mendatangkan keuntungan kepada anda sesuai yang anda inginkan pastinya pula.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.