8 Elemen Penting Dari Brand Identity Yang Wajib Diketahui

25 Des 2022
8 Elemen Penting Dari Brand Identity Yang Wajib Diketahui campaign-unlimited

Buat kamu yang berprofesi sebagai pebisnis harus menguasai  brand identity. Brand identity (identitas merek) adalah segala bagian yang membentuk persepsi orang terhadap suatu brand. Contoh mudahnya, jika kamu memiliki bisnis online, maka kamu harus memiliki brand identity yang berbeda dari yang lain dan memiliki ciri khas tersendiri.

Brand identity ini nantinya juga digunakan untuk menyampaikan karakter, komitmen, dan nilai dari produkmu. Bisnis online sekarang ini sangatlah banyak. Beberapa orang juga mempunyai alasan tersendiri dalam memilih bisnis online, salah satunya adalah bisa dikerjaan di  mana saja. Ada banyak cara dalam berjualan online, salah satunya adalah dengan afiliasi marketing.

Dengan afiliasi marketing ini, kamu bisa mempromosikan produk dan jasa orang lain dalam berbisnis. Ada banyak perusahaan yang menyediakan afiliasi marketing dan kamu bisa langsung bergabung dengan cara yang sangat mudah. Bagi kamu yang baru pertama kali ingin terjun ke dunia bisnis, maka afiliasi marketing ini adalah cara yang paling mudah. Hal ini karena cara tersebut bisa mendatangkan penghasilan pasif dengan pengoperasian yang sangat mudah.

Era digital seperti sekarang memang membawa perubahan bagi banyak orang, khususnya bagi mereka yang ingin berbisnis online dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Bisnis di era digital juga sangat memudahkan orang untuk mempromosikan jasa atau brand yang sudah mereka miliki.

Terlepas dari itu semua, brand identity juga sangat penting. Karena di dalamnya terdapat apa yang ingin disampaikan oleh merek, bagaimana cara mengomunikasikan kepada calon pembeli dan apa yang orang lain ingin katakan tentang produk yang dijual.

Dengan banyaknya aspek yang dapat membantu produk agar dikenal oleh masyarakat luas. Maka tak heran jika banyak orang yang rela menghabiskan banyak dana untuk membangun sebuah brand identity.

Brand identity

Lalu, seberapa pentingnya brand identity?

Sebagai seorang pebisnis, tentunya brand identity sangatlah penting. Berikut ada beberapa alasan mengapa brand identity itu sangat penting.

1. Membangun kepercayaan konsumen

Adalah tidak munafik apabila seseorang akan lebih memilih brand yang sudah terpercaya. Misalnya, sebelum memutuskan untuk membeli mesin cuci. Pastinya kamu akan mencari jenis produk mesin cuci yang memiliki merek ternama. Bukan karena alasan apa, hanya saja merek yang sudah ternama dan populer akan melekat di hati para konsumen. Itulah pentingnya identitas suatu merek.

2. Membangun target pasar yang lebih luas

Ketika kamu sudah mengaplikasikan brand identity dengan baik, maka jangkauan pasar juga lebih luas. Brandmu nantinya akan lebih dikenal oleh orang-orang yang bahkan tidak satu lokasi dengan. Luasnya jangkauan pasar akan membuat produk andalanmu lebih cepat terjual.

3. Loyalitas

Kamu pasti sering melihat suatu brand di mana para pembeli selalu membeli dengan merek tersebut. Hal itu karena brand identity yang mereka lakukan berhasil. Sama halnya ketika kamu juga berhasil membangun brand identity, maka secara otomatis kamu akan mendapatkan pelanggan setia untuk brand.

Apa saja elemen penting dari Brand Identity?

Agar produk semakin dikenal masyarakat, maka kamu harus tahu apa saja elemen penting dari brand identity. Berikut elemen penting dari brand identity.

1. Warna

Pemilihan warna untuk brand sangatlah penting karena ini juga berpengaruh besar terhadap faktor psikologis. Bahkan dalam sebuah studi mengenai “Dampak warna pada pemasaran” mengungkapkan bahwa 90% orang akan memilih suatu produk berdasarkan warna yang mereka inginkan. Misalnya saja warna biru, pada warna ini menunjukkan kepribadian yang sifatnya universal dan cocok dipilih untuk mereka yang ingin menjangkau target pasar lebih luas.

2. Gaya bahasa

Pemilihan gaya bahasa juga harus diperhatikan. Jika produk yang kamu jual ingin lebih terlihat profesional, maka harus menggunakan bahasa yang profesional. Tapi kalau bisnis yang kamu jalankan lebih bersifat casual, sebaiknya gunakan gaya bahasa yang casual agar terkesan lebih santai. Setelah memilih gaya bahasa, sebaiknya kamu konsisten agar brand identity juga terlihat jelas.

Sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis online, tentu kamu selalu memperhatikan berbagai brand yang sudah lekat dengan logonya. Orang juga akan lebih mengingat logo daripada nama brand. Jadi, di sini kamu juga harus memilih logo yang sesuai dengan produk.

Jangan sampai logo yang kamu pilih sangat menyimpang jauh dari nama brand. Meski logo bukanlah keseluruhan dari sebuah brand identity, tapi orang akan lebih sering mengingat logo daripada nama brand.

Brand identity
hosting murah

Dengan adanya logo ini juga akan ditetapkan di seluruh media sosial yang kamu gunakan untuk jualan produk. Pastikan logo yang akan kamu pilih juga mencerminkan karakter dari produk yang di jual supaya identitas merek bisa melekat dengan kuat.

4. Desain

Semakin unik desain yang dipakai, maka akan membuat orang lain mengingat karakter brand. Desain yang dimaksud di sini bisa meliputi pemilihan font yang akan dipakai untuk produkmu. Dalam membuat desain brand, usahakan agar memberikan kesan mendalam terhadap siapa saja yang melihatnya. Dengan begitu orang akan lebih mudah mengenal brandmu.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat desain untuk produk adalah tidak berlebihan. Pilih yang desain yang sederhana  namun tetap elegan. Desain yang sederhanan namun mengesankan tentunya mampu melekat di hati banyak orang.

5. Bentuk

Bentuk yang menarik tentu akan memberikan kesan menarik bagi orang yang melihatnya, bentuk di sini sangat berbeda dengan desain. Bentuk yang dimaksudkan di sini adalah mengenai cara penyajian, desain interior toko, desain website, tampilan feeds yang ada di sosial media, kemasan produk, serta bagaimana cara customer service dalam melayani pelanggan. Pemilihan bentuk juga sangat mempengaruhi citra brand yang akan ditampilkan.

6. Emosi

Sebuah produk akan lebih dikenal jika memiliki hubungan emosional dengan pembeli. Kamu tentu pernah merasakan hal ini. Ketika sedang bepergian, kemudian melihat salah satu produk lalu kamu sangat ingin membelinya. Brand identity yang kuat akan sangat mudah dalam membangun emosi dengan calon pembeli. Dengan emosi inilah akhirnya identitas merek bisa melekat di hati para pembeli dan akan berlangsung lama.

7. Konsistensi

Dalam membangun brand identity, konsistensi sangatlah penting. Sekali saja kamu tidak konsisten, maka akan sangat berpengaruh bagi bisnis yang sudah dibangun. Kamu harus konsisten dengan apa yang sudah dimulai dan bagimana kamu menerapkannya terhadap elemen-elemen yang lain.

8. Promosi

Melakukan promosi merupakan cara yang ampuh dalam mengenalkan brandmu dengan target yang sudah ditentukan. Hal ini juga salah satu cara agar brand identity kamu semakin dikenal di kalangan masyarakat luas.

Itulah beberapa elemen penting dari brand identity. Jangan lupa jika kamu ingin membuat website, kamu bisa mendapatkannya di IDwebhost yang merupakan layanan hosting terbaik di Indonesia.

Penulis
Member since 2 Jul 2013