Mengapa Sebagian Ekstensi Domain Memiliki Biaya Mahal?

20 Jan 2017
Mengapa Sebagian Ekstensi Domain Memiliki Biaya Mahal? campaign-unlimited

Ketika mendaftarkan nama domain baru, Anda mungkin melihat dari segi harganya. Ada beberapa ekstensi nama domain yang murah, namun ada juga yang dapat ‘menguras kantong’ Anda. Karena semua nama domain bekerja dengan cara yang sama, mengapa Anda harus membayar lebih untuk beberapa domain? Di bawah ini, kita akan mempelajari alasan mengapa beberapa domain memiliki biaya lebih dari yang lainnya.

Registry dan Registrar

ekstensi domain

Sebelum membahas lebih jauh tentang mengapa sebuah domain bisa memiliki harga yang mahal, penting untuk mengetahui pihak mana saja yang terlibat dalam penentuan harga sebuah domain. Beberapa pihak yang terlibat tersebut adalah registry dan registrar. Apa pengertian keduanya? Berikut penjelasannya:

Registry

Pihak pertama yang dapat menentukan harga domain adalah registry. Registry adalah organisasi yang bertanggung jawab menjaga database nama domain untuk TLD (Top Level Domain). TLD adalah ekstensi atau bagian di sebelah kanan titik pada nama domain yang spesifik seperti .com, .net, .org, dan lain sebagainya.

Registrar

Kemudian ada registrar. Registrar adalah sebuah organisasi atau badan penyedia domain yang keberadaannya telah diakui ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Dan untuk menjadi registrar ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Di antaranya adalah uang pendaftaran, iuran tahunan, memiliki modal dalam jumlah tertentu dan memiliki asuransi bisnis.

Hubungan Registry dan Registrar

Cara mudah untuk memahami hubungan antara registry dan registrar adalah membayangkan registry sebagai perusahaan pemilik brand minyak goreng dan registrar sebagai pengecer atau toko kelontong. Anda tidak dapat membeli minyak goreng langsung dari pemilik brand, melainkan Anda harus membeli melalui pengecer atau toko kelontong.

Sama halnya seperti contoh di atas, baik pengecer dan perusahaan (pihak grosir) yang akan menentukan harga dari nama domain. Registry menetapkan harga yang harus dibayar oleh pihak registrar setiap kali pelanggan mendaftarkan satu nama domain. Seperti halnya toko kelontong, pihak registrar umumnya akan menambah harga dari pihak registry tersebut untuk pelanggan.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan seperti Verisign bertindak sebagai registry untuk TLD .com. Setiap kali pihak registrar dalam hal ini IDwebhost membawa pelanggan untuk membeli nama domain, maka IDwebhost harus membayar sesuai yang diminta oleh Verisign. Maka, IDwebhost akan menawarkan harga lebih tinggi kepada pelanggan untuk membayar biaya ke Verisign dan mencapai titik impas, serta mendapatkan keuntungan.

Faktor yang Menentukan Harga Domain

ekstensi domain

Diatas telah disebutkan pihak-pihak yang terlibat dalam penentuan harga sebuah domain. Kemudian tentu akan timbul pertanyaan: faktor apa saja yang menentukan harga sebuah domain? Berikut ini adalah faktor yang memberikan pengaruh pada harga domain:

  • Ketersediaan

Faktor pertama tentu saja ketersediaan atau availability. Tentunya jika nama domain yang diinginkan tersedia, harganya akan lebih murah daripada domain yang telah dimiliki oleh seseorang. Menginginkan sesuatu yang hanya dijual oleh satu orang dapat menempatkan pembeli domain pada posisi yang kurang menguntungkan saat menegosiasikan harga.

Terlebih jika ada orang yang sengaja membeli domain untuk dijual kembali di kemudian hari. Inilah yang membuat domain-domain tertentu berharga sangat mahal. Maka dari itu, pilihlah domain yang memang tersedia.

  • Kata Kunci

Kata kunci yang mempengaruhi volume pencarian juga mempengaruhi harga domain yang menggunakan kata kunci tertentu. Misalnya kata kunci “Jogja” memiliki volume pencarian yang besar. Hal ini karena posisi Yogyakarta sebagai salah satu destinasi wisata terkemuka di Indonesia. Selain itu, kata kunci ini sangat mudah dimotesisasi karena wisatawan membutuhkan tempat tinggal, persewaan kendaraan, hingga destinasi wistata untuk dikunjungi.

  • Ekstensi Domain

Pemilihan ekstensi domain juga menentukan mahal atau murahnya harga domain. Terlebih untuk ekstensi domain yang identik dengan suatu bisnis tertentu. Inilah yang membuat ekstensi domain tertentu, seperti .id, co.id, dan dan lain sebagainya memiliki harga yang mahal.

Domain Premium

ekstensi domain

Di dalam dunia domain, ada satu istilah yang menggambarkan domain yang sudah diambil orang. Ini disebut dengan domain premium. Nama domain  premium adalah domain yang sudah dimiliki oleh orang atau registry. Harga yang mahal ini akan berlaku untuk akuisisi awal domain.  Sebuah domain menjadi premium ketika seseorang percaya bahwa nama domain tertentu lebih berharga daripada domain yang biasanya. Domain dianggap premium karena sejumlah besar alasan termasuk panjang, kata kunci, dan brand awareness.

Faktor yang Menentukan Harga Domain Premium

  • Reputasi domain yang baik, tautan yang bagus, dan lalu lintas yang sehat. Riwayat positif ini berarti nama domain premium memiliki peringkat di halaman pencari dan membawa lalu lintas organic pengunjung website yang ramai.
  • Nama pendek atau akronim yang mudah diingat. Nama domain yang mengandung frasa yang diperebutkan oleh pengiklan PPC. Ini juga akan membawa lebih banyak traffic organik.

Jadi Mengapa Sebagian Ekstensi Domain Memiliki Biaya Mahal?

Beberapa ekstensi domain memiliki harga yang tetap dan telah dinegosiasikan oleh pihak registry dan pihak non-profit seperti ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) yang menjadi regulator untuk nama domain. Harga grosir untuk ekstensi nama domain yang sudah populer dan lama seperti .com, .net, .biz, dll umumnya dibatasi oleh regulator. Itulah sebabnya ekstensi domain seperti ini umumnya lebih murah untuk didaftarkan.

Sayangnya, regulator tidak mengontrol harga pada beberapa pilihan TLD baru yang telah muncul akhir-akhir ini seperti .shop, .club, .news, dll. Pihak registry dapat mengisi apapun yang mereka inginkan untuk alamat web baru dengan TLD baru ini. Hal ini yang menyebabkan rentang harga menjadi lebar dan tidak bisa dikendalikan, sehingga sebagian ekstensi domain memiliki biaya mahal.

Apakah Menguntungkan Jika Membeli Ekstensi Domain Yang Mahal?

Satu hal yang perlu diingat adalah nama domain merupakan merek dari bisnis Anda. Ini adalah identitas Anda di web yang menghadirkan pelanggan untuk bisnis Anda. Selain itu, ekstensi domain menjadi sangat penting untuk kehadiran Anda di dunia online, untuk itu bukan saatnya untuk memikirkan tentang berhemat. Biasanya, ekstensi domain yang mahal juga memberikan kualitas yang berbanding lurus. Jadi, meskipun harganya lebih mahal dari yang lain, bisa saja ekstensi tersebut juga memberikan yang terbaik untuk situs. Anda hanya perlu memilih ekstensi domain yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.

Kesimpulan

Banyak faktor yang menentukan mahal atau murah harga domain. Tetapi jika ingin mendapatkan harga yang terjangkau, IDwebhost punya deretan domain murah hanya untuk Anda, Sahabat IDwebhost.

Penulis
Member since 2 Jul 2013