Beberapa E-Commerce Plugin Terbaik Untuk WordPress
Blog Tips Keren Beberapa E-Commerce Plugin Terbaik Untuk WordPress

Beberapa E-Commerce Plugin Terbaik Untuk WordPress

Memilih –commerce plugin bagi sebagian pengguna WordPress bukanlah perkara mudah. Hal ini karena e-commerce plugin memegang peranan penting, terutama jika Anda ingin membangun sebuah bisnis ecommerce dari nol. And juga sudah pasti ingin terlibat dalam pengoperasian website tersebut, bukan? Mulai dari membuat desain toko online Anda sendiri, hingga menentukan metode pembayaran.

Membicarakan plugin e-commerce untuk WordPress, ada sangat banyak pilihan e-commerce plugin diluar sana. Dan setiap plugin tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mungkin, banyaknya pilihan tersebut akan membuat Anda semakin bingung menentukan plugin mana yang akan digunakan.

Plugin e-commerce yang tepat akan membuat Anda bisa mengembangkan website toko online dengan lebih kreatif lagi. Anda bebas berkreasi dengan website yang Anda punya.

Apalagi pada saat ini, bisa dibilang, industri e-commerce memiliki pertumbuhan yang sangat pesar di dunia. Pada pengujung tahun 2020 saja, di tengah pandemi yang entah kapan akan selesai ini, aktivitas belanja online masyarakat mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Kita bisa dengan mudah melihat bahwa orang yang menggunakan platform belanja online semakin banyak saja dari hari ke hari. Pengguna yang paling banyak menggunakan layanan belanja online umumnya adalah orang-orang yang banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Tentu saja karena lagi-lagi, pandemic yang sedang melanda dunia hari ini. Keberadaan e-commerce telah sangat membantu manusia modern untuk berbelanja online.

E-commerce plugin

Memilih E-Commerce Plugin WordPress Terbaik

Untuk Anda masih berencana atau sudah memiliki toko online, maka salah satu kunci sukses membangun website toko online adalah memilih e-commerce plugin terbaik.  Selain itu, yang terpenting adalah kemudahan fitur, pengoperasian, dan harga yang sesuai. Untuk memudahkan Anda memilih plugin untuk website toko online, berikut adalah beberapa pilihan plugin e-commerce WordPress terbaik yang Anda jadikan pilihan:

Jigoshop

Bisa dikatakan, Jigoshop merupakan salah satu plugin e-commerce yang paling tua di pasaran saat ini. Sebagai salah satu pionir plugin ecommerce di WordPress, Jigoshop telah banyak membantu menyulap website biasa menjadi website toko online yang  luar biasa. Selain itu, Jigoshop yang bersifat open source dan gratis membuatnya banyak dijadikan pilihan.

Dengan memilih menggunakan Jigoshop, akan ada banyak produk yang bisa Anda jual. Tidak hanya produk fisik saja, Jigoshop juga memungkinkan Anda untuk menjual produk digital. Plugin yang satu ini sangat cocok digunakan oleh bisnis online dari beragam skala. Dari skala UMK hinggga bisnis yang sudah sangat besar sekalipun.

Big Commerce

Kemudian ada Big Commerce. Plugin WordPress yang satu ini menyediakan fitur handless commerce yang akan membuat katalog produk menjadi lebih cepat dan optimal. Big Commerce juga dapat dioperasikan pada berbagai website lewat adanya modul.

Dengan menggunakan Big Commerce, maka Anda akan dengan mudah melakukan manajamen penjualan lewat satu pintu saja. Hal ini tentu akan  sangat memudahkan Anda, sehingga dapat mengelola website menjadi lebih efisien lagi.

Baca Juga: Ini Dia Cara Setting Email Ms Outlook 2010 di IDwebhost

E-commerce plugin

Ecwid

Kalau Anda ingin mengoptimalkan website toko online dengan berbagai platform media sosial, maka Ecwid adalah rekomendasi yang tepat. Ecwid menjadi plugin e-commerce yang dapat dengan mudah terintegrasi dengan lebih dari satu website builder dan content management systems.

Memilih Ecwid juga akan memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin lebih simpel ketika mengelola website toko online. Ini semua berkat fitur shopping cart yang responsif untuk penggunaan mobile dan kemampuannya menjual produk pada banyak website.

Easy Digital Download

Bagi Anda yang tidak menjual produk fisik dan hanya menjual produk digital, maka plugin Easy Digital Download adalah pilihan yang tepat. EDD menawarkan plugin sederhana untuk mengelola dan menjual produk digital di WordPress. Yang jelas, plugin ini kurang cocok untuk Anda yang menjual produk fisik.

Ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh Easy Digital Download. Beberapa fitur unggulan EDD antara lain adalah multiple files per download, bundle purchase, cart system, promotional code system, dan multiple payment gateaway. Tak hanya itu, EDD juga dilengkapi dengan beberapa tools fungsional, seperti refund tracking dan affiliate system.

Fitur-fitur dan tools yang dihadirkan memang khusus dioptimalkan untuk penjualan produk digital Anda. Anda bisa menggunakan beberapa extension library dengan beragam addon. Adanya fitur yang ada di Easy Digital Download ini juga membuat website milik Anda terlihat lebih professional dan berkelas.

Cart66 Cloud

E-commerce plugin

Selanjutnya adalah Cart66 Cloud. Ini adalah plugin ecommerce WordPress yang cocok untuk para pemula, yang tidak membutuhkan waktu lama untuk menguasainya. Salah satu keunggulan Cart66 Cloud cocok untuk Anda yang ingin menjual produk fisik ataupun digital. Pada era saat ini, sangat mudah jika Anda ingin membuka toko online.

Anda yang juga merupakan pemula yang sedang membangun website toko online, memang harus sabar jika ingin mengembangkannya. Khususnya bagi Anda yang lebih memilih membangun website secara mandiri tanpa menggunakan jasa professional.

Namun, dengan memiliih plugin website WordPress ecommerce yang tepat, akan memudahkan Anda untuk mengelolanya. Buat Anda yang masih pemula, Cart66 merupakan pilihan yang tepat.

WP E-Commerce

Dapat dikatakan, ini adalah plugin E-Commerce yang paling populer di WordPress. Dalam hal ini terkait tampilan dan fitur yang ada di dalamnya. Walaupun memang, tidak menghadirkan fitur-fitur yang unik, namun plugin WordPress yang satu ini cukup mudah untuk dioperasikan.

Anda juga tidak perlu khawatir jika mengalami kendala, karena tim support WP E-Commerce sangat responsif untuk memberikan bantuan. Jika Anda ingin mendapatkan fitur dengan full support, Anda bisa menggunakan versi berbayarnya. Hanya saja, harganya yang tidak murah membuat Anda harus mempertimbangkan masak-masak sebelum menggunakan plugin ini.

WooCommerce

Plugin ecommerce WordPress yang terakhir adalah WooCommerce. Siapa yang tak kenal dengan plugin yang satu ini. Hal tersebut dikarenakan terdapat beberapa tema yang tersedia dan dapat Anda gunakan secara gratis. Memilih WordPress merupakan solusi terbaik bagi Anda yang mencoba membangun dan memperluas toko online dengan mudah dan cepat.

WooCommerce juga memiliki beberapa kelebihan yang cocok bagi Anda yang benar-benar ingin memaksimalkan toko online. Plugin yang satu ini hadir dengan opsi penjualan yang sangat beragam. Karena, Anda bisa menjual produk digital, kupon, dan produk lain yang mungkin tidak dijual banyak orang.

Penutup

Setiap plugin ecommerce WordPress selalu hadir dengan keunggulannya masing-masing. WooCommerce misalnya. Plugin yang mendukung beragam payment gateaway dan sangat mudah untuk dioperasikan.

Itulah tadi beberapa e-commerce plugin WordPress terbaik yang ada di pasar saat ini. Untuk Anda yang ingin punya website kencang dan andal, tunggu apalagi, ayo berlanggangan hosting murah terbaik IDwebhost sekarang juga.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/idweb01/public_html/blog/wp-includes/functions.php on line 4609