Download Font Keren Gratis : Rekomendasi Font untuk Website yang Bisa Dipilih!

1 Jan 2022
Download Font Keren Gratis : Rekomendasi Font untuk Website yang Bisa Dipilih!

Download Font Keren untuk website sekarang bukan lagi hal sulit. Anda bisa mendapatkannya dengan mendownload font-font website melalui situs yang menyediakan download font.

Tapi sebelum itu, dari sekian banyaknya font website, terkadang kita membutuhkan waktu untuk mencari font.

Berikut kami rekomendasikan font-font keren gratis yang bisa di download dan di pelajari dari kecocokannya pada website Anda.

Memilih Font untuk Website

download-font-keren

Sebelum download font, Anda perlu untuk memperhatikan beberapa hal seperti yang dijabarkan di bawah ini :

1. Lisensi 

Setiap font memiliki batasan penggunaan, contohnya personal, komersial, digital, dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda perlu untuk menggunakan font sesuai informasi yang terdapat pada lisensi tersebut. Kalau digunakan secara gratis, pastikan font tersebut bebas untuk digunakan dalam berbagai keperluan.

2. Kesesuaian dengan Tema  

Font juga memiliki peran dalam membangun keseluruhan tampilan website agar terlihat menarik. Untuk itu, Anda perlu untuk menyeleksi font mana saja yang selaras dengan tema website Anda apakah formal atau casual.

3. Kelengkapan Font 

Font yang tidak lengkap berpotensi menyulitkan Anda saat memberikan informasi dengan jelas. Maka Anda perlu untuk memilih font yang memiliki versi reguler, thin, bold, angka, karakter spesial, simbol, angka pecahan atau rumus ilmiah, dan sebagainya.

4. Kombinasi Font 

Jika sebuah website hanya menggunakan satu jenis font, tentu akan terlihat membosankan. Karena itulah, menggunakan kombinasi dua sampai tiga font perlu dilakukan.

Namun, pastikan kombinasi font menjadi tepat antara judul, heading, quotes, button, sampai body text.

Rekomendasi Font Keren untuk Website Anda!

download-font-keren

Terdapat empat jenis font yang ada, yaitu: 

  • Serif : Mempunyai ciri khas yaitu “berkaki”, contohnya menimbulkan kesan profesional dan formal. 
  • Sans Serif : Font serif tapi tanpa “kaki”, tampilannya lebih sederhana, memberikan kesan dinamis dan modern pada website.
  • Script : Sering disebut dengan handwriting, karena menyerupai tulisan tangan,sehingga dapat menimbulkan kesan elegan dan natural.
  • Dekoratif : Memilliki gaya yang unik dan menonjol. Cocok digunakan sebagai aksen tambahan atau mempercantik website di bagian judul, heading, ataupun quotes. 

Ini dia daftar font populer dan font terbaru yang dapat Anda sesuaikan:

1. Roboto Slab

Jenis: Serif

Lisensi: Gratis, Apache Licence, Version 2.0

Jika Anda menggunakan pencarian pada Google Font dengan menggunakan filter serif font terpopuler, maka Roboto Slab berada pada posisi daftar pertama. 

Tidak hanya “kaki” kecil pada setiap hurufnya, Roboto Slab juga mempunyai gaya lengkungan font yang sederhana dan juga terkesan tidak kaku. 

Dengan karakteristik tersebut, font ini menjadi sangat nyaman untuk dibaca. Jadi, cocok Anda gunakan pada website, baik untuk judul, heading, sampai pada body text seperti yang dilakukan oleh koniku.com.

Jika dikombinasikan dengan font seperti Open Sans, Lato, Montserrat, dan Poppins, pemilihan Roboto Slab menjadi sangat tepat untuk website Anda.

>> Download Font Keren Roboto Slab <<

2. Merriweather 

Jenis: Serif

Lisensi: Gratis, Open Font Licence

Jika dilihat secara sekilas, Merriweather seperti pada contoh font Roboto Slab versi lebih lebar. Bedanya, Merriweather mempunyai “kaki” lebih tegas dan juga lengkungan yang bulat. Tujuannya adalah agar dapat membuat font gratis ini supaya lebih enak dibaca.

Font buatan Sorkin Type ini mempunyai lisensi Open Font Licence, jadi Anda dapat menggunakannya pada keperluan personal maupun komersial.

>> Download Font Keren Merriweather <<

3. Playfair Display

Jenis: Serif

Lisensi: Gratis, Open Font Licence

Mau font bergaya klasik dan vintage? Mungkin Anda dapat menggunakan font Playfair Display yang bisa menjadi pilihan Anda.

Font ini mempunyai ciri khas garis lembut yang dipadukan dengan bulatan tebal.

Dengan desain yang mencolok, font ini pas untuk digunakan sebagai judul, header, ataupun quotes pada website.

>> Download Font Keren Playfair Display <<

4. Butler

Jenis: Serif

Lisensi: Gratis, Freeware

Butler merupakan font buatan dari Fabian De Smet, yang dapat Anda gunakan sebagai kebutuhan personal ataupun komersial secara gratis. 

Dengan dibalut konsep klasik serta sentuhan gaya stensil, sehingga mampu tercipta terlihat modern secara bersamaan. 

Kesannya yang juga unik, font Butler sangat pas untuk teks yang dapat menarik perhatian, seperti penggunaan heading, judul, dan lain sebagainya. 

>> Download Font Keren Butler <<

download-font-keren

5. Ashbury

Jenis: Serif

Lisensi: Gratis, Webfont EULA

Ashbury mempunyai desain klasik yang didukung aksen lengkungan bulat lembut yang di mana terinspirasi dari gaya tulisan abad ke-18. Ciri khasnya merupakan garis dan sudut yang terkesan dinamis, tetapi juga tegas.

Dengan begitu, font ini sesuai untuk digunakan pada hampir keseluruhan bagian website. Contohnya dari logo, header, body text, dan lainnya.

>> Download Font Keren Ashburry <<

6. Bellefair 

Jenis: Serif

Lisensi: Gratis, Open Font Licence

Font ini mempunyai lisensi Open Font Licence, jadi font ini bebas untuk Anda gunakan sebagai keperluan personal ataupun komersial secara gratis.

Desain font ini juga mengedepankan tampilan yang ramping dan terkesan rapi. Alhasil, bisa memudahkan Anda dalam mengkombinasikan dengan gaya font, ketebalan, dan warna apapun.

Font yang sederhana ini cocok digunakan sebagai body text pada blog dan website Anda.

>> Download Font Keren Bellefair <<

7. Lora

Jenis: Serif

Lisensi: Gratis, Open Font Licence

Lora adalah font gratis yang cocok untuk digunakan pada segala jenis teks di website Anda, mulai dari judul sampai isi teks. Hal itu dikarenakan Lora mempunyai tampilan yang sederhana dan mudah dibaca.

Dengan menggunakan kaki yang terkesan kokoh, sebaiknya Anda perlu untuk memadukan Lora dengan font tanpa kaki, contohnya Lato, Poppins, Open Sans, Source Sans Pro, dan lain sebagainya.

>> Download Font Keren Lora <<

8. Open Sans

Jenis: Sans Serif

Lisensi: Gratis, Apache Licence, Version 2.0

Open sans merupakan font terpopuler yang berasal dari sans serif. Font ini di desain dengan fokus pada garis tegak lurus, netral, dan juga tidak terlalu banyak kombinasi gaya.

Dengan desain yang sederhana, Open Sans mempunyai tingkat keterbacaan yang tinggi. Bisa dibilang, semua mata dapat terasa nyaman saat membaca teks dengan font Open Sans. 

Untuk keperluannya, font ini bisa digunakan untuk segala jenis teks pada website, mulai dari logo, judul, heading, quotes, sampai teks isi. 

>> Download Font Keren Open Sans <<

9. Source Sans Pro

Jenis: Sans Serif

Lisensi: Gratis, Open Font Licence

Source Sans Pro merupakan font pertama yang dirilis oleh Adobe. Font ini terinspirasi dari gaya tulisan gothic Amerika abad ke-20 yang simpel dan juga jelas dibaca.

Jadi font ini terkesan aksen yang tidak terlalu mencolok dan sederhana. Sehingga, dapat menghasilkan tampilan User Interface yang terlihat lebih baik. 

>> Download Font Keren Source Sans Pro <<

Kesimpulan

Font menjadi salah satu aspek penting untuk keberadaan sebuah website. Untuk itu, menentukan font keren yang sesuai dengan tema website berpotensi untuk menarik pengunjung betah di website Anda. Contohnya website bisnis, website portofolio, ataupun toko online.

Semoga bermanfaat

Tidak lupa kami sampaikan dari IDwebhost, jika Anda ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya, Anda dapat menuju ke bagian blog IDwebhost

Anda juga bisa menggunakan hosting terbaik sebagai pilihan yang telah disediakan oleh IDwebhost dan domain lengkap serta promo didalamnya sebagai keperluan bisnis online Anda. 

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan layanan dari wunik atau IDwebhost yang bisa memberikan kemudahan dalam memaksimalkan bisnis Anda secara online dengan layanan jasa pembuatan website.

Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Penulis
Member since 2 Jul 2013