8++ Dompet Digital Terbaik dan Paling Populer 2023 di Indonesia

21 Jun 2023
8++ Dompet Digital Terbaik dan Paling Populer 2023 di Indonesia campaign-unlimited

Popularitas dompet digital atau e-wallet di tengah masyarakat kini semakin meningkat karena berbagai kemudahan yang ditawarkan kepada penggunanya. Hal ini terlihat dari banyaknya transaksi yang dapat Anda lakukan menggunakan dompet digital.

Nah, dompet digital adalah sebuah layanan elektronik tempat penyimpanan uang sementara sekaligus alat pembayaran nontunai.

Popularitas layanan elektronik yang satu ini juga terlihat dari banyaknya aplikasi dompet digital yang dapat dengan mudah ditemukan.

Bahkan, beberapa bank dan perusahaan teknologi seperti Gojek dan Shopee memiliki produk e-wallet mereka sendiri sebagai salah satu metode pembayaran. Meski sudah banyak, tetapi tidak sedikit yang salah paham mengenai layanan elektronik yang satu ini.

Perbedaan Dompet Digital vs E-money

Dompet digital yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran nontunai membuatnya tampak mirip seperti e-money. Tidak sedikit yang kemudian mengira bahwa e-wallet adalah e-money.

Padahal, keduanya ini adalah instrumen pembayaran yang berbeda, lho. Meski kegunaannya sama yaitu sebagai alat pembayaran nontunai.

Perbedaan ini bahkan terlihat dari bentuk kedua instrumen pembayaran ini. Dompet digital adalah layanan elektronik berbentuk aplikasi sehingga tidak ada bentuk fisiknya. Sedangkan, e-money adalah produk uang chip-based yang memiliki bentuk fisik berupa kartu atau chip saja.

Baca Juga: Memilih Hosting Terbaik Untuk Website Toko Online

Selain itu, kegunaan lain dari keduanya juga sangatlah berbeda. E-wallet dapat Anda gunakan untuk melakukan berbagai macam pembayaran dan bahkan sebagai tempat penyimpanan tanpa bunga.

Sedangkan, e-money hanya dapat Anda gunakan sebagai alat pembayaran untuk transaksi yang lebih sempit seperti jalan tol dan transportasi publik.

10 Dompet Digital Terbaik di Indonesia

Selain tidak perlu repot menarik uang tunai, keberadaan e-wallet ini sangat memudahkan penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi. Bukan hanya transaksi jual beli, Anda dapat melakukan berbagai pembayaran seperti tagihan telepon, BPJS Kesehatan serta listrik PLN. Lalu, apa saja dompet digital terbaik yang ada di Indonesia?

1. Gopay – Dompet Digital Terbaik

Pada posisi pertama terdapat Gopay yang dikeluarkan oleh Gojek sebagai alat pembayaran nontunai. Awalnya, produk layanan transaksi yang satu ini dikeluarkan oleh Gojek hanya untuk memudahkan pembayaran dua layanan utama mereka yaitu GoRide dan GoCar. Tetapi, lambat laun produk elektronik satu ini kemudian melebarkan layanannya.

Saat ini, Gopay bisa Anda gunakan untuk berbagai transaksi pembelian dan pembayaran. Bahkan, Anda juga dapat membayar zakat melalui e-wallet keluaran Gojek ini.

Selain itu, saat ini Gopay juga sudah terintegrasi dengan banyak sekali instansi dan tempat yang membutuhkan pembayaran. Hal inilah yang membuatnya menempati posisi pertama dompet digital terbaik di Indonesia.

Dompet Digital GO-PAY (GO-JEK)

2. OVO

Setelah Gopay, terdapat OVO yang menempati posisi kedua sebagai dompet digital terbaik di Indonesia. Bagi Anda pengguna Grab sebagai transportasi online pasti sudah sangat familiar dengan OVO.

Sama seperti Gojek yang memiliki Gopay, Grab juga memiliki OVO sebagai alat pembayaran nontunai mereka. Tetapi, e-wallet yang satu ini bukan dikeluarkan oleh Grab.

Dompet digital keluaran Lippo Group ini memiliki berbagai fitur pembayaran yang tentunya sangat memudahkan para penggunanya dalam bertransaksi. Bahkan, karena banyak fitur yang dimilikinya, banyak perusahaan kemudian membeli saham OVO. Salah satunya yaitu Grab sebagai pemilik saham tertinggi.

Dompet Digital OVO

3. DANA – Dompet Digital

Jika Anda mencari dompet digital yang dapat digunakan di manapun, DANA adalah jawabannya. Sama halnya dengan layanan pembayaran elektronik lainnya, DANA juga menyediakan berbagai fitur pembayaran yang memudahkan para penggunanya. Menariknya lagi, DANA adalah layanan pembayaran digital yang menerapkan sistem open platform.

Sistem ini memungkinkan para penggunanya menggunakan aplikasi ini sebagai instrumen pembayaran di manapun. Mulai dari aplikasi, e-commerce, marketplace maupun gerai konvensional. Hal ini tentu sangat memudahkan pengguna karena tidak semua lokasi tersedia mesin ATM untuk menarik uang tunai.

Dompet Digital Dana

4. LinkAja

Kalau sebelumnya semua dompet digital berdiri sendiri, LinkAja adalah dompet digital hasil penggabungan berbagai e-wallet milik BUMN. Menarik sekali, bukan?

LinkAja tidak hanya terdiri dari satu BUMN saja, tetapi terdiri dari empat perusahaan. Keempat BUMN tersebut adalah Telkomsel (T-cash dan T-money), BRI (My QR), Bank Mandiri (e-Cash) dan BNI (Yap!).

Ada satu hal yang membedakan aplikasi pembayaran digital satu ini dengan yang lain, yaitu dapat melakukan tarik tunai tanpa kartu di berbagai ATM. Nah, penarikan tunai ini hanya dapat dilakukan di ATM yang terdapat logo LinkAja. Pilihan fiturnya pun sangat banyak dan dapat dikatakan cukup lengkap.

Dompet Digital

5. ShopeePay

Menyusul Gojek yang mengeluarkan Gopay, Shopee pun juga ikut mengeluarkan produk pembayaran digitalnya yaitu ShopeePay. Meski tergolong baru, nyatanya ShopeePay mampu menembus posisi lima besar dompet digital terbaik di Indonesia.

Hal ini karena pembayaran digital yang satu ini terhubung langsung dengan Shopee sebagai marketplace terpopuler di Indonesia.

Bukan hanya itu, fitur ShopeeFood yang kini memberikan banyak sekali promo dengan pembayaran ShopeePay pun turut andil dalam menaikkan popularitas e-wallet ini.

Sayangnya, fitur-fitur yang tersedia belum selengkap dompet digital lainnya. Tetapi, Anda dapat melakukan pembayaran dengan QR di tempat yang telah terintegrasi dan transfer ke berbagai bank.

6. OCTO Go Mobile

Sebagai produk pembayaran digital keluaran Bank CIMB Niaga, OCTO Go Mobile berhasil meraih popularitas di Indonesia. Sedikit berbeda dengan e-wallet lainnya, OCTO Go Mobile sebetulnya hadir untuk membantu transaksi pembayaran online para nasabahnya. Sebetulnya, aplikasi dompet digital yang satu ini lebih mirip kepada m-banking.

Tetapi, fitur yang mereka tawarkan juga cukup lengkap. Banyak sekali transaksi pembayaran yang dapat Anda lakukan melalui OCTO Go Mobile. Selain itu, keamanan aplikasi pembayaran elektronik yang satu ini juga sudah canggih. Demi mengamankan data para nasabahnya, OCTO Go Mobile menggunakan sistem kunci fingerprint dan face lock yang canggih.

7. i.Saku

Ternyata bukan hanya Gojek, Shopee, BUMN dan bank saja yang memiliki produk pembayaran elektronik mereka sendiri, Indomaret juga memiliki e-wallet mereka sendiri. i.Saku adalah produk dompet digital keluaran Grup Salim yang menaungi Indomaret.

Layanan pembayaran elektronik yang satu ini memudahkan para pelanggan Indomaret dalam bertransaksi.

Nah, i.Saku ini juga telah terintegrasi dengan Indomaret Poinku. Sehingga, produk pembayaran digital yang satu ini memang lebih sering digunakan oleh pelanggan Indomaret itu sendiri.

Meski begitu, fitur yang tersedia di dalamnya juga beragam. Anda dapat melakukan beberapa pembayaran seperti tiket, pulsa dan sebagainya.

iSaku

8. JakOne Mobile – Dompet Digital

Selain bank swasta dan BUMN yang sifatnya nasional, ada juga bank regional yang mengeluarkan aplikasi layanan pembayaran elektronik. JakOne Mobile adalah aplikasi dompet digital keluaran Bank DKI. Ada dua layanan utama yang disediakan oleh JakOne Mobile yaitu m-banking dan juga e-wallet.

Nah, dilihat dari layanan utamanya, Anda dapat mengetahui bahwa JakOne Mobile ini memang dikhususkan bagi para nasabah Bank DKI.

Melalui aplikasi ini, nasabah dapat melakukan berbagai transaksi pembayaran dari rumah seperti pembayaran tagihan, belanja online dan sebagainya.

9. DOKU

Beralih ke posisi kesembilan dompet digital terbaik dan terpopuler di Indonesia, ada nama DOKU. Aplikasi pembayaran elektronik milik PT Nusa Satu Inti Artha ini cukup dikenal banyak orang. Sama seperti e-wallet pada umumnya, DOKU juga memiliki layanan pembayaran untuk berbagai keperluan.

Melalui DOKU, Anda dapat membayar berbagai tagihan, melakukan pembelian pulsa dan data serta online shopping. Lebih menariknya lagi, DOKU juga mengamankan data dan privasi para penggunanya dengan menerapkan sistem keamanan ganda yang tentunya canggih. Jadi, para pengguna tidak akan dikhawatirkan dengan data yang terbobol dan sebagainya.

10. Sakuku

Dompet digital terbaik dan terpopuler yang terakhir adalah Sakuku. Aplikasi pembayaran elektronik besutan BCA ini berhasil meraih 10 juta lebih pengguna. Berbeda dengan beberapa e-wallet keluaran bank yang khusus untuk nasabah, Sakuku dapat digunakan secara umum oleh masyarakat.

Melalui Sakuku, Anda dapat melakukan berbagai transaksi seperti pembayaran tagihan, pembelian data dan pulsa, belanja online, top-up game dan sebagainya.

Anda juga dapat menggunakan Sakuku sebagai alat pembayaran di berbagai gerai konvensional. Menariknya lagi, Anda dapat melakukan penarikan tunai tanpa kartu menggunakan aplikasi ini, lho.

Dompet Digital

Kesimpulan

Dompet digital adalah alat pembayaran elektronik sekaligus sebagai tempat penyimpanan sementara. Ada banyak sekali fasilitas yang tersedia di dalam dompet digital ini. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali e-wallet keluaran perusahaan fintech, bank dan perusahaan lainnya.

Bagi Anda yang memiliki e-commerce atau toko online, Anda dapat menggunakan beberapa dompet digital terbaik di atas sebagai salah satu metode pembayaran. Nah, jika Anda ingin membeli layanan hosting murah atau domain murah dari IDwebhost, Anda juga bisa melakukan pembayaran dari manapun.

IDwebhost menyediakan banyak sekali pilihan metode pembayaran, baik melalui bank maupun e-wallet seperti Gopay, OVO dan i.Saku. Supaya transaksi Anda jadi lebih hemat, jangan lupa gunakan promo dari IDwebhost dengan klik gambar di bawah ini!

Promo IDwebhost
Penulis
Member since 2 Jul 2013