Web Hosting Gratis Tidak Selalu Jadi Pilihan Terbaik
Blog Domain Web Hosting Gratis Tidak Selalu Jadi Pilihan Terbaik

Web Hosting Gratis Tidak Selalu Jadi Pilihan Terbaik

free_web_hosting_620_350

Ekonomi tidak hanya menyentuh individu tetapi juga bisnis, banyak orang mencari web hosting gratis sebagai pilihan menghemat biaya. Untuk alasan moneter, web hosting gratis terlihat hebat di permukaan. Namun, gratis tidak selalu menjadi pilihan terbaik. Sebenarnya, biaya yang dikeluarkan pada bisnis Anda dalam jangka panjang.

–          Iklan

Mayoritas perusahaan yang menawarkan layanan web hosting gratis cenderung memasang iklan di situs web pelanggan mereka. Iklan ini dapat ditempatkan di samping, atas atau bawah halaman web dan berada di luar kendali pelanggan. Beberapa perusahaan mencoba menyalurkan iklan agar relevan dengan topik situs. Sayangnya, hal ini mungkin berarti ada kemungkinan pesaing Anda dapat ditempatkan di situs Anda. Selain itu, iklan ini dapat menakut-nakuti pengunjung dan calon pelanggan. Semakin banyak iklan yang ditampilkan situs web, semakin sedikit kredibilitas yang dimilikinya dengan pengunjung.

–          Dukungan Pelanggan

Karena paket web hosting gratis tidak mengenakan biaya bagi pemilik situs web, sebagian besar penyedia web hosting gratis akan memberikan dukungan pelanggan yang sangat terbatas. Anda mungkin terbatas pada beberapa area forum online untuk mengajukan pertanyaan tetapi Anda tidak memiliki nomor untuk dihubungi dan sistem dukungan email. Hal ini juga berarti bahwa jika terjadi sesuatu pada situs Anda, host mungkin tidak bertanggung jawab atau mendesak dalam memperbaiki masalah. Jika situs bisnis Anda tidak berfungsi maka akan menghabiskan banyak biaya.

–          Konflik dengan Tema Website Baru (Batasan)

Ada banyak keterbatasan untuk web hosting gratis. Meskipun ada beberapa penyedia web hosting gratis yang tidak memerlukan iklan di akun web hosting gratis, namun kebanyakan mereka masih belum dapat menyediakan alat dan solusi e-commerce. Sebagian besar perusahaan hosting gratis tidak menawarkan panel kontrol atau akun akses ftp untuk mengizinkan administrasi situs web. Situs web Anda hanyalah situs web template lain dan Anda tidak dapat mengubah tampilan situs web Anda, memasang kode pelacakan atau mengunggah gambar tambahan ke situs web Anda.

Anggap diri Anda sangat beruntung jika Anda dapat menemukan penyedia web hosting gratis yang memberi Anda panel kontrol, bandwidth bulanan, dan kuota penyimpanan disk yang layak serta pada saat bersamaan tidak memaksakan iklan di halaman web Anda.

–          Hati-hati dengan Penamaan

Saat menjalankan rencana hosting yang murah mungkin ada kemungkinan Anda tidak berurusan dengan perusahaan web hosting sama sekali. Namun, agen menjual paket atas nama mereka. Hal ini dikenal sebagai reseller hosting, sebuah praktik yang memungkinkan pengusaha dan usaha kecil mendapatkan keuntungan dari web hosting. Meskipun reseller hosting belum tentu menjadi hal yang buruk, Anda harus ingat bahwa Anda tidak akan memiliki kontak langsung dengan host web perusahaan yang melakukan semua pekerjaan dan benar-benar menyimpan data Anda.

Kesimpulan

Tidak ada salahnya dengan hosting murah karena bisa menjadi pilihan yang tepat dalam banyak situasi. Dengan catatan, ada baiknya diinformasikan mengenai praktik yang patut dipertanyakan sehingga Anda bisa menjauh dari perusahaan yang memberikan kualitas layanan murah.

Jika Anda ingin cari tahu soal hosting murah berkualitas, bisa lihat langsung di sini ya!