Tips Keren Memulai Bisnis Web Hosting
Blog Domain

Tips Keren Memulai Bisnis Web Hosting

Internet and domain names concept

Ketika terjun memulai perusahaan web hosting, ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan. Bukan hanya tentang menemukan klien awal tetapi justru dengan rencana permainan yang bagus untuk jangka panjang.

–          Cara sebelum memulainya

Sebelum Anda benar-benar mengatakan memiliki rencana yang solid untuk memulai perusahaan web hosting, tanyakan pada diri Anda beberapa hal berikut.

• Apakah Anda menargetkan segmen terbaik?

• Pernahkah Anda memikirkan rencana cadangan?

• Sudahkah Anda berkonsultasi dengan ahli industri manapun?

• Apakah rencana bisnis/ model ini berkelanjutan setidaknya 5 tahun ke depan?

• Apakah Anda terlalu khawatir dengan investasi awal?

Nah, jika jawabannya ya maka cukup jelas bahwa Anda belum memikirkannya lebih jauh.

–          Berpikirlah di Luar Pasar Shared Hosting

Pada dasarnya, setiap orang mencoba untuk menargetkan pasar shared hosting dan mengambil akun reseller hosting dengan pemain besar seperti GoDaddy, JustHost, FatCow, HostGator, Lunarpages untuk menemukan beberapa klien untuk memulai bisnis web hosting.

Bagian cerita terburuk adalah mereka tidak repot-repot mengecek persaingan di pasar dan tidak memikirkan segmen potensial lainnya seperti bisnis web hosting atau dedicated server hosting. Tentu, Anda mungkin tidak berada dalam posisi menghabiskan banyak uang dan segera membangun infrastruktur Anda sendiri tetapi bukan berarti Anda perlu menargetkan pasar yang berbeda sama sekali.

–          Mulailah

Jika Anda dapat menggunakan Virtual Private Server (VPS) atau akun hosting khusus, Anda dapat dengan mudah memulai layanan hosting perusahaan hanya dengan mendapatkan situs web profesional yang dirancang untuk perusahaan Anda dan melakukan sedikit promosi secara tepat sejak awal.

Kedua, orang enggan untuk mencoba penyedia layanan shared hosting baru yang ada di pasaran akhir-akhir ini karena senjata utama telah menguasai sebagian besar pangsa pasar sehingga sangat sedikit kesempatan untuk usaha kecil.

–          Berikan Pelanggan Anda Layanan yang Lebih dari Web Hosting

Hal ini merupakan ide yang baik untuk memulai perusahaan web hosting menjaga desain website dan optimisasi mesin pencari bagian dari layanan Anda. Memungkinkan Anda menawarkan paket sempurna yang dibutuhkan kebanyakan klien yaitu desain situs web, web hosting, dan SEO karena semua itu perlu menciptakan identitas online.

 

Pada dasarnya, Anda cenderung lebih menemukan klien yang membutuhkan situs web untuk bisnis dan siap membayar untuk desain situs web, hosting, promosi, dan perawatan. Maka, model ini akan selalu memberi Anda bisnis yang berulang dan pada gilirannya mendapatkan keuntungan lebih besar dalam jangka panjang.

–          Siapkan Diri Anda Sebelum Melakukan Perpindahan

Pastikan Anda mengerjakan persiapan untuk mendapat dukungan pelanggan, tim dukungan teknis, situs web profesional, dan semua opsi pembayaran yang terintegrasi ke dalamnya.

Kunci untuk memulai dan menjalankan perusahaan web hosting yang sukses tidak hanya untuk meraih banyak pelanggan, namun mempertahankan mereka dalam jangka panjang. Pastikan untuk berdiskusi dengan salah satu pakar industri untuk menganalisis tantangan utama dan tingkat persaingan saat ini pada pasar tersebut sebelum melangkah ke dalamnya.

Ingat, kesan pertama selalu menjadi kesan terakhir. Jika Anda tidak bergerak secara tepat sejak awal, Anda benar-benar akan sulit memperoleh kredibilitas di pasar. Memberikan barang gratisan dan menjalankan penawaran promosi selama fase peluncuran sangat membantu sehingga lakukan tanpa mempengaruhi margin keuntungan Anda sejak dini.

Anda bisa memulai bisnis web hosting lebih lancar dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut dan merencanakan hal-hal dengan benar daripada langsung terjun ke pasar serta berharap hal-hal bekerja sesuai keinginan Anda. Dapatkan web hosting terbaik Anda di sini ya!