Blog Tips Keren Tipe Penyedia Layanan Cloud Hosting

Tipe Penyedia Layanan Cloud Hosting

Orang-orang menggunakan kata “cloud” sebagai kata kunci untuk mendeskripsikan internet atau intranet yang terkait dengan beberapa jenis layanan atau penawaran aplikasi. Ungkapan “komputasi awan” atau “cloud computing” mengacu pada aplikasi dan layanan internet atau intranet yang biasanya Anda akses, jalankan, atau kelola melalui web browser. Layanan seperti itu biasanya tidak mengharuskan Anda untuk menginstal software pada komputer. Dengan kata lain, cloud computing adalah pengiriman komputasi sebagai layanan dan bukan sebagai produk. Daripada membeli, memasang, dan menjalankan program di komputer lokal Anda, program ini berjalan di komputer penyedia. Anda hanya perlu membayar biaya bulanan atau tahunan untuk aksesnya. Anda bisa menemukan tiga tipe utama penyedia layanan cloud computing yaitu:

  1. Software as a Service (SaaS), seperti Google Document, Microsoft Office 365, dan Salesforce, adalah layanan yang dirancang untuk pengguna akhir. Dengan demikian, mereka mewakili hasil akhir cloud computing.
  2. Platform as a Service (PaaS), seperti Windows Azure, adalah layanan yang digunakan staf TI dalam pengembangan aplikasi dan untuk menyediakan aplikasi (SaaS) dan web hosting kepada pengguna akhir. Staf IT Anda mendapatkan akses jarak jauh ke komputer virtual yang dihosting di pusat data penyedia. Penyedia PaaS biasanya menawarkan sistem operasi Windows atau Linux yang dikelola. Ini berati bisnis Anda dapat mendedikasikan lebih banyak sumber daya untuk pengembangan dan lebih sedikit untuk mengkonfigurasi dan memelihara OS.
  3. Infrastructure as a Service (IaaS), seperti Amazon EC2 dan Rackspace Cloud Hosting mirip dengan penyedia PaaS, namun mereka biasanya menawarkan personil TI Anda agar lebih banyak mendapat kendali atas OS. Meskipun mereka biasanya tidak menyediakan pembaruan OS otomatis, bisnis Anda dapat menggunakan infrastruktur mentah untuk mengembangkan dan menerapkan aplikasi pada hampir semua platform atau OS.

Penyedia PaaS dan IaaS

Kami akan fokus pada penyedia PaaS dan IaaS di sini. Jika Anda terbiasa dengan konsep komputasi virtual, Anda mungkin menganggap layanan ini menyediakan mesin virtual (seperti VMware atau VirtualBox) melalui internet. Penyedia PaaS dan IaaS menyediakan akses ke pusat data bersama mereka, memberi Anda keandalan, redundansi, dan keamanan jaringan data center perusahaan global. Ini menghemat waktu dan uang Anda, karena Anda tidak perlu membeli dan menyiapkan server dari awal, dan Anda hanya membayar untuk sumber daya yang dikonsumsi. Layanan ini sangat efektif untuk proyek jangka pendek, selain itu juga memberikan sumber daya terukur dan tepat waktu. Misalnya, dalam beberapa menit Anda dapat melipatgandakan jumlah memori yang mungkin dibutuhkan situs web untuk merespons lonjakan pengguna akhir.

Salah satu kelemahan menggunakan layanan cloud hosting adalah data Anda berada di server pihak lain. Pengaturan ini mungkin menimbulkan masalah privasi dan keamanan bagi perusahaan yang berurusan dengan data sensitif, namun Anda dapat mengurangi resiko dengan menggunakan enkripsi data dan memilih cloud hosting dengan sertifikasi keamanan dan akreditasi. Kebanyakan penyedia PaaS dan IaaS menawarkan harga per jam untuk setiap contoh, peran, atau server. Masing-masing pada dasarnya adalah komputer virtual terpisah yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan satu, beberapa, atau bahkan ratusan aplikasi.

Memilih Cloud Hosting

Menentukan penyedia mana yang terbaik untuk bisnis Anda sangat bergantung pada kebutuhan layanan, bagaimana Anda ingin menggunakannya, dan tingkat kontrol OS yang dibutuhkan untuk pengembangan aplikasi hosting. Anda juga harus mempertimbangkan akreditasi keamanan penyedia saat ini dan mengevaluasi opsi enkripsi yang didukung perusahaan.