Nama Domain Dan Pilihan Untuk Blog Anda
Blog Hosting Guru Nama Domain Dan Pilihan Untuk Blog Anda

Nama Domain Dan Pilihan Untuk Blog Anda

Nama Domain seringkali membingungkan dalam proses membuat sebuah blog. Sama seperti Anda, kami pun juga pernah mengalami hal tersebut. Beberapa tahun yang lalu, kami juga tidak tahu apa-apa mengenai domain dan bagaimana kami harus membelinya. Karena di luar sana ada begitu banyak website yang berbeda dan berbagai macam penyedia layanan hosting mempromosikan domain dengan biaya murah atau bahkan gratis.

Saat ini, telah banyak nama domain yang bisa kita dapatkan dengan harga relatif murah (antara $5 sampai $15 per tahunnya) dengan durasi kontrak jangka panjang. Jika Anda membeli sebuah domain,  kemungkinan besar Anda akan menggunakannya paling tidak untuk satu tahun atau lebih. Nah, setiap domain berakhir dalam satu tahun, itu berarti Anda harus memperbaharuinya setiap 12 bulan sekali. Jika Anda sudah tidak menginginkan domain tersebut, Anda bisa berhenti membayar.

Kami tahu, memilih nama domain yang tepat adalah hal yang sangat menarik untuk dilakukan dan kami pun sangat menikmati proses ini. Namun kita juga harus mengakui bahwa tahun ini dan mungkin seterusnya, nama domain yang sesuai dengan pilihan kita semakin terbatas pilihannya seiring dengan semakin tumbuhnya bisnis online. Sebagai contoh, saat ini sudah terdapat lebih dari 150.000.000 nama domain yang masih aktif. Maka dari itu, Anda harus benar-benar cermat dalam menentukan sebuah nama domain yang catchy, mudah diingat, otentik dan unik.

Hingga saat ini masih banyak ditemui para blogger yang tidak bertahan lama menggunakan sebuah domain karena mereka tidak mendapatkan feedback yang baik dari nama domain yang mereka pilih. Perlu diingat bahwa alamat blog Anda akan menjadi ‘wajah’ dan identitas dari bisnis online yang dijalani. Dan satu hal lagi, kami sangat menyarankan Anda tetap dengan ekstensi .com jika ingin websitenya mudah diingat oleh orang-orang.

Pertanyaan selanjutnya, dimana kita bisa membeli nama domain? Saat ini, ada begitu banyak tempat dimana Anda bisa membeli nama domain. Tapi ada satu hal yang perlu diingat. Ketika membeli domain, Anda juga akan memerlukan sebuah sistem hosting, karena tanpa hosting, Anda tidak dapat membuat blog di domain tersebut. Kami telah menemukan beberapa perusahaan domain registrar yang memiliki reputasi baik dan juga memiliki fitur layanan pelanggan yang baik serta memuaskan dari berbagai review yang ditulis oleh penggunanya. Perusahaan seperti HostGator, GoDaddy dan Namecheap merupakan beberapa opsi jika Anda ingin memperoleh pelayanan yang terbaik.

Memilih sebuah nama domain untuk memulai sebuah blog sebenarnya merupakan proses yang sangat mudah. Sekilas memang mugkin tampak sulit ketika melakukannya untuk pertama kali. Itulah alasan kami menulis artikel ini untuk sedikit memberikan informasi yang dapat membantu Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses!