Mengapa Memiliki Dua Nama Domain Lebih Baik?
Blog Domain Mengapa Memiliki Dua Nama Domain Lebih Baik?

Mengapa Memiliki Dua Nama Domain Lebih Baik?

Saat membuat website baru, Anda tentu membutuhkan sebuah nama domain. Nama domain adalah nama yang digunakan untuk mengakses sebuah website yang biasanya berakhiran .com, .net, .org, dan lain sebagainya. Domain sendiri merupakan nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi komputer server (web server atau email server) di internet. Nama domain kini semakin banyak digunakan dan semakin spesifik, jadi akan mempermudah pengguna internet untuk memilah suatu situs web sesuai kategori tertentu.

Semakin berkembangnya teknologi nama domain, memunculkan kekhawatiran tersendiri bagi banyak pebisnis yang menggunakan website untuk mengembangkan usahanya. Para pebisnis berfikir bahwa sudah banyak orang-orang yang tahu tentang nama domain dari usahanya. Hal ini memicu mereka untuk tidak ingin menggantinya. Maka ada satu cara yang bisa Anda lakukan. Yaitu memiliki lebih dari satu nama domain.

Baca Juga : Tips Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Pertama 

Mengapa Memiliki Dua Nama Domain Sangat Penting?

Dua Nama Domain

Pertanyaan inilah yang kemudian banyak ditanyakan. Hal yang terpenting adalah Anda boleh menggunakan lebih dari satu nama domain saja. Anda juga bisa menggunakan nama domain dengan alternatif TLD tertentu. Pemilik website dapat mengarahkan nama domain yang berbeda untuk salah satu situs web yang mereka sukai.

Memiliki dua nama domain atau lebih dapat meningkatkan visibilitas bisnis Anda di pasar. Tak hanya itu, langkah ini juga akan melindungi Anda dari rimba persaingan ketat di target pasar pasar yang diinginkan. Faktanya adalah, terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus membeli lebih dari satu nama domain untuk website. Bahkan di IDwebhost, dengan membeli paket hosting Awesome Anda berhak mendapatka satu domain tambahan secara gratis.

Berikut lima alasan pentingnya memiliki dua nama domain atau lebih:

1. Mengindari kesalahan penyebutan

Satu hal yang harus Anda ingat adalah, kemungkinan besar terjadi kesalahan penyebutan nama domain. Adalah hal yang sangat manusiawi ketika seseorang membuat kesalahan ketika menuliskan URL tertentu di bilah pencarian.

Terlebih jika nama domain tersebut berisi kata-kata yang tidak biasa atau unik. Besar kemungkinan orang akan salah ketik dan tidak tahu cara mengejanya dengan benar. Jadi, membeli nama domain tambahan dengan nama yang mirip penting untuk dilakukan.

Raksasa mesing pencari, Google juga melakukan cara ini. Google membeli googel.com dan gooogle.com. Alasannya adalah, karena ini adalah kesalahan-kesalahan umum yang dapat terjadi ketika orang mengetikkan nama Google. Jadi, pengunjung yang melakukan kesalahan pengetikan tadi tetap akan diarahkan  ke halaman Google.

2. Berguna untuk melindungi brand

Membeli beberapa domain untuk website bisnis Anda dapat menjadi cara untuk melindungi brand dan memperkuat brand Anda. Pada bagian ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Cegah peniru

Cegah pesaing mengambil nama domain serupa, yang dapat menyebabkan kebingungan pada audiens. Jangan biarkan trafik pelanggan Anda menjauh begitu saja.

  • Melakukan rebranding

Jika dulu bisnis Anda memiliki nama yang berbeda dengan yang sekarang, ada baiknya untuk menggunakan nama bisnis yang lama sebagai nama domain. Di samping tetap menggunakan nama domain sesuai nama bisnis yang baru. Cara ini dapat membantu untuk mengarahkan pengunjung nantinya. Beli nama domain baru, dan ketika website telah siap alihkan domain lama ke domain yang baru.

  • Mempertimbangkan konsumen

Bergantung pada produk yang Anda jual, ada baiknya untuk mendaftarkan nama domain tambahan yang menggambarkan secara vertical bisnis Anda. Menggunaka nama domain deskriptif secara khusus memudahkan pelanggan menemukan Anda dan membantu optimasi mesin pencari.

  • Membuat Top Level Domain Baru

Hal lain yang perlu dipertimbangkan juga adalah membuat top level domain baru. Top level domain generic seperti .xyz atau .store dapat memberikan peluang baru untuk bisnis Anda. Membeli jenis domain ini dapat membuat bisnis Anda menonjol di hasil penelusuran dan menonjolkan apa yang membedakan Anda dari pesaing.

3. Untuk boost Optimasi SEO

Dua Nama Domain

Memiliki lebih dari satu nama domain untuk bisnis dapat meningkatkan peringkat halaman website Anda di mesin pencari. Penting untuk diperhatikan bahwa membeli beberapa nama domain untuk bisnis Anda harus dialihkan ke landing page utama menggunakan 301 redirect.

Mesin pencari dapat mengindeks website berita dengan menggunakan file robots.txt dan sitemap XML. Yang diindeks termasuk 301 redirect. Google tidak akan menghukum Anda untuk duplikat konten dengan pengalihan.

4. Sarana promosi baru

Menggunakan beberapa domain untuk tujuan promosi dapat menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan promosi dan mengarahkan traffic ke website Anda. Anda cukup mendaftarkan domain baru yang terkait dengan acara dan membuat landing page khusus untuk promosi.

Jika Anda memiliki beberapa domain TLD untuk promosi yang redirect dan direpresentasikan dengan benar dalam sitemap. Mesin pencari akan mengindeks domain ini dengan tepat dan sebagai hasilnya, peringkat website Anda akan meningkat.

Namun penting untuk diperhatikan bahwa jika Anda membeli domain untuk promosi produk atau layanan sementara, setelah promosi tersebut berakhir, silakan untuk langsung menonaktifkan domain tersebut. Ini penting dilakukan agar mesin pencari dengan halaman usang.

5. Sarana ekspansi ke pasar baru

Tak pernah ada kata terlambat untuk memulai perluasan pasar baru Anda. Dan beberapa domain Anda dapat menggunakan cara ini. Faktanya, jika Anda menjalankan bisnis online dengan pasar yang diluar wilayah Anda. Maka dari itu, berinvestasi di domain pada suatu negara adalah suatu keharusan.

Manfaat Memiliki Lebih Dari Dua Nama Domain

Dua Nama Domain

Beberapa hal yang cukup jelas adalah bahwa dengan memiliki beberapa nama domain, dan mengarahkan mereka ke situs web Anda, maka Anda bisa mendapatkan banyak manfaat. Pertama, dengan melakukan hal ini Anda dapat meningkatkan eksposur dan menangkap berbagai tingkat lalu lintas web. Kedua, memungkinkan pemilik untuk menangkap lalu lintas web yang telah dinyatakan hilang misalnya karena kesalahan mengetik di TLD yang salah. Manfaat yang terakhir dan yang paling penting untuk bisnis Anda adalah memberikan kesempatan untuk lebih tinggi dalam bersaing dengan pesaing yang ada maupun pendatang baru.

Kesimpulan

Hal terbaik dan terpenting lainnya adalah untuk tetap menjaga domain lama Anda, set menjadi auto re-new, dan mengambil beberapa peluang baru yang sesuai. Setelah Anda mengkonfigurasi domain dengan sesuai, setiap domain akan mengarah pada situs yang sama. Ini juga membuat Anda dapat melakukan tes untuk menentukan domain mana yang terbaik.

Pilih domain yang akan memberikan keuntungan terbaik dalam investasi pemasaran Anda. Dengan begitu, Anda akan segera menemukan orang-orang memilih domain yang baik bagi mereka dan selanjutnya Anda dapat menetapkan mana domain yang terbaik. Jangan ragu untuk memiliki nama domain lebih dari satu dalam mengembangkan bisnis Anda.

Go digital dan kembangkan bisnis Anda dengan membeli domain murah IDwebhost. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.