Blog Domain Mengapa Memiliki Dua Nama Domain Lebih Baik?

Mengapa Memiliki Dua Nama Domain Lebih Baik?

Saat membuat website baru, kita tentu membutuhkan sebuah nama domain. Nama domain adalah nama yang digunakan untuk mengakses sebuah website yang biasanya berakhiran .com, .net, .org, dll. Domain sendiri merupakan nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi komputer server (web server atau email server) di internet. Nama domain kini semakin banyak digunakan dan semakin spesifik, jadi akan mempermudah pengguna internet untuk memilah suatu situs web sesuai kategori tertentu.

Semakin berkembangnya nama domain, memunculkan kekhawatiran tersendiri bagi banyak pebisnis yang menggunakan website untuk mengembangkan usahanya. Para pebisnis berfikir bahwa sudah banyak orang-orang yang tahu tentang nama domain dari usahanya. Hal ini memicu mereka untuk tidak ingin menggantinya.

Tentu, pada awalnya akan tampak seperti semua kerja keras membangun website dengan nama domain tersebut akan terbuang sia-sia. Namun, sebagai pebisnis Anda tidak perlu khawatir. Hal terbaik mengenai nama domain adalah Anda tidak harus membatasi diri untuk memiliki hanya satu nama domain per situs. Salah satunya adalah perusahaan Car Sales. Operator cerdas yang bergerak dalam bidang pemasaran mobil ini memutuskan untuk mengembangkan bisnis mereka menggunakan beberapa nama domain. Nama-nama domain tersebut merujuk ke situs web utama mereka. Mereka memang tidak melalui semuanya dengan mudah. Dalam prosesnya, mereka bahkan harus menyelesaikan sengketa akan nama domain di WIPO Arbitration and Mediation Center. Carsales juga dikabarkan harus membayar hingga $400.000.

Hal yang terpenting adalah kita tidak harus menggunakan satu nama domain saja. Kita juga bisa menggunakan nama domain dengan alternatif TLD tertentu. Pemilik website dapat mengarahkan nama domain yang berbeda untuk salah satu situs web yang mereka sukai. Perusahaan Pura misalnya, mereka memiliki milk.com.au dan diarahkan ke situ utama mereka yaitu pura.com.au. Demikian pula dengan perusahaan lain seperti Dulux, Caltex, dan Beaurepaires. Mereka menggunakan nama alternatif seperti fuel.com.au, paint.com.au, dan tyres.com.au.

Beberapa hal yang cukup jelas adalah bahwa dengan memiliki beberapa nama domain, dan mengarahkan mereka ke situs web Anda, maka Anda bisa mendapatkan banyak manfaat. Pertama, dengan melakukan hal ini Anda dapat meningkatkan eksposur dan menangkap berbagai tingkat lalu lintas web. Kedua, memungkinkan pemilik untuk menangkap lalu lintas web yang telah dinyatakan hilang misalnya karena kesalahan mengetik di TLD yang salah. Manfaat yang terakhir dan yang paling penting untuk bisnis Anda adalah memberikan kesempatan untuk lebih tinggi dalam bersaing dengan pesaing yang ada maupun pendatang baru.

Hal terbaik dan terpenting lainnya adalah untuk tetap menjaga domain lama Anda, set menjadi auto re-new, dan mengambil beberapa peluang baru yang sesuai. Setelah Anda mengkonfigurasi domain dengan sesuai, setiap domain akan mengarah pada situs yang sama. Ini juga membuat Anda dapat melakukan tes untuk menentukan domain mana yang terbaik. Pilih domain yang akan memberikan keuntungan terbaik dalam investasi pemasaran Anda. Dengan begitu, Anda akan segera menemukan orang-orang memilih domain yang baik bagi mereka dan selanjutnya Anda dapat menetapkan mana domain yang terbaik. Jangan ragu untuk memiliki nama domain lebih dari satu dalam mengembangkan bisnis Anda.