Blog Domain

Lima Tips Memilih Nama Domain

Saat Anda ingin berhasil memasarkan perusahaan, maka nama domain dapat menjadi faktor penting di dalamnya. Nama domain memiliki dampak yang luar biasa di seluruh bagian internet baik untuk jumlah klik, peringkat mesin pencarian dan hasil pencarian di sosial media, rujukan link, branding, dan bahkan iklan offline. Saat Anda mengganti nama domain, maka akan mempengaruhi berbagai hal dalam SEO. Untuk itu, memilih sebuah nama domain perlu dipikirkan dengan matang agar tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari. Berikut adalah lima tips dalam memilih nama domain yang dapat digunakan sebagai pertimbangan.

  1. Sebuah nama domain harus menonjol sebagai suatu merek bisnis yang sebenarnya, bukan hanya daftar kata kunci generik. Nama domain harus relevan dengan jendela dan pintu bisnis Anda sehingga pengunjung dapat dengan mudah memahami bisnis yang dijalankan. Buatlah nama domain yang unik dan mudah diingat.
  2. Hal penting lainnya dalam memilih nama domain adalah harus mudah untuk diucapkan. Sesuatu yang sulit untuk diucapkan maupun dieja akan membingungkan pengunjung Anda. Mereka bisa jadi berpaling ke website pesaing karena tidak dapat menemukan website Anda melalui nama domain yang sulit. Hindari membuat nama domain yang membingungkan seperti apakah simbolnya menggunakan huruf O atau nol.
  3. Membuat nama domain yang pendek. Nama yang pendek selalu lebih baik, tetapi jangan membuat nama domain yang tidak ada kejelasan karena terlalu singkat. Hindari menggunakan nama domain dengan singkatan yang aneh dan membingungkan. Buatlah pilihan nama domain yang singkat namun tetap relevan dan jelas sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.
  4. Memilih ekstensi yang tepat. Ekstensi atau biasa disebut TLD (Top Level Domain) adalah kata disebelah kanan titik pada nama domain atau terletak di akhir. Meskipun ada banyak ekstensi yang tersedia untuk pemilik bisnis seperti .com, .net, .org, dan sebagainya, namun ekstensi .com tetap menjadi opsi default untuk sebagian besar konsumen. Jika ragu, lakukan dengan pilihan termudah dan tetap menggunakan ekstensi .com.
  5. Jika Anda telah menemukan nama domain yang sempurna tapi terdengar mirip dengan nama merek lain yang sudah berkembang, maka sebaiknya untuk menghindari dan memilih nama domain yang berbeda. Fokus untuk membangun bisnis yang unik dengan merek Anda sendiri dan menghindari masalah hukum karena kesalahan memilih nama domain.