Hosting VPS yang Tidak Dikelola, Siapa yang Harus Pertimbangkan dan Apa Alasannya
Blog Domain

Hosting VPS yang Tidak Dikelola, Siapa yang Harus Pertimbangkan dan Apa Alasannya

Unmanaged-Hosting

Virtual Private Server (VPS) hosting pastilah menjadi masa depan dunia web hosting. Layanan hosting VPS yang tidak terkelola adalah solusi yang sepenuhnya berada di bawah kendali pelanggan. Penyedia web hosting tidak merekomendasikan layanan kepada orang-orang yang tidak tahu bagaimana membangun, mengelola, dan fungsi server web. Dalam kasus seperti ini mengelola VPS hosting dan memberikan solusi yang lebih baik. Dalam kasus ini, penyedia layanan tidak menawarkan bantuan jika masalah yang dihadapi dengan akun VPS tidak dikelola.

Oleh karena itu, pelanggan harus memiliki pengetahuan menyeluruh tentang sistem operasi Linux dan memahami cara mengendalikan VPS sehingga bisa memastikan stabilitas up time, keandalan, dan server. Mungkin ada masalah yang berkaitan dengan sumber daya, perangkat lunak, kinerja, atau konfigurasi yang harus ditangani oleh klien itu sendiri. Web host hanya akan melihat masalah yang berkaitan dengan jaringan atau perangkat keras jika host tidak dikelola.

Sebelum mengambil akun hosting yang tidak dikelola, biasanya melakukan semuanya dengan menggunakan alat seperti Fantastico dan wizard MySQL di akun shared hosting. Namun ketika perlu menginstal aplikasi web custom dan kebutuhan hosting semakin besar, maka Anda harus mencari VPS untuk meningkatkannya.

–          Keuntungan dari Virtual Private Server yang Tidak Dikelola

VPS hosting yang tidak dikelola menguntungkan bila dibandingkan dengan hosting VPS yang dikelola dengan beberapa cara yaitu sebagai berikut.

• Keuntungan pertama dan utama dari VPS yang tidak terkelola adalah kontrol otonom yang ditawarkannya dalam hal bandwidth, memori, pemasangan perangkat lunak, penggunaan, dan ruang penyimpanan.

• Server dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan klien secara tepat.

• Menjadi solusi biaya yang efektif karena tidak perlu membeli, menampung, mengamankan atau memberi kekuatan pada server.

• Klien hosting dapat diberikan dengan aplikasi standar maupun non-standar.

• Perangkat lunak atau program yang biasanya tidak ditawarkan dengan layanan shared hosting dapat digunakan dengan akun hosting yang tidak dikelola karena semuanya ada di tangan Anda.

• Tidak perlu mengandalkan dukungan yang tidak responsif.

• Server VPS yang tidak dikelola lebih cocok untuk bisnis dengan kebutuhan bandwidth tinggi.

–          Perspektif Bagi Penyedia

Keuntungan signifikan lain bagi penyedia layanan hosting VPS yang tidak terkelola adalah dapat menghemat banyak uang untuk mendukung pelanggan. Alasannya karena layanan pelanggan tidak diperlukan, mereka tidak perlu menawarkan dukungan akun dan perangkat lunak. Hal ini menjadi bukti bahwa biaya lebih rendah bisa didapatkan dari layanan hosting tidak terkelola.

Jika Anda memiliki perusahaan hosting pemula dan tidak memiliki cukup staf di departemen dukungan pelanggan/ teknis, maka ini adalah cara yang fantastis untuk memulai divisi hosting VPS harus memperluas dan merekrut banyak anggota.

–          Siapa yang Harus Mencoba Hosting yang Tidak Dikelola?

Singkatnya, VPS yang tidak terkelola atau layanan dedicated hosting adalah pilihan ideal untuk menginstal, mengonfigurasi perangkat lunak aplikasi, dan sistem operasi pilihan Anda. Selain itu, juga untuk mengendalikan manajemen harian dan pemantauan konfigurasi server dan fungsinya hingga memberikan kemampuan untuk menyesuaikan lingkungan server melalui cara yang lebih disukai.

Namun hosting ini tidak disarankan bagi pengguna tingkat pemula. Dengan posisi sebagai pemilik Anda harus selalu memberi tahu pelanggan untuk melihat layanan hosting terkelola bagi pengguna pertama kalinya. Semisal mereka menjalankan anggaran yang minim, maka hosting yang tidak dikelola mungkin merupakan satu-satunya pilihan yang tersedia. Ada banyak webhost yang bisa Anda temukan di sini.