Custom Domain dan 10 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakannya
Blog Tips Keren Custom Domain dan 10 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakannya

Custom Domain dan 10 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakannya

custom domain
Picture Source : Google

Kita semua telah mengambil langkah pertama dalam memulai beberapa pekerjaan atau bisnis. Seiring waktu berjalan, masih banyak dari kita yang masih sering membuat banyak kesalahan tanpa disadari. Kebanyakan blogger memulai karir blogging mereka dengan mendaftar dalam sistem blog hosting content management yang gratis seperti blogger.com. Namun, kebanyakan dari mereka tidak menyadari kerugian dari menggunakan subdomain tersebut. Ketika Anda memulai proses blogging dengan subdomain gratis, semua orang yang mengetahui Anda akan semakin familiar dengan blog Anda melalui subdomain tersebut. Dengan seiring naiknya peringkat SEO dan Anda mendapatkan semakin banyak traffic ke dalam situs, Anda kemudian akan menyadari bahwa ternyata Anda tidak menerima sponsor dan tidak ada hasil yang didapatkan. Ketika Anda akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah custom domain, Anda mungkin bingung dengan beberapa pertanyaan dalam pikiran. Anda mulai berpikir apakah Anda akan kehilangan peringkat SEO yang sebelumnya telah didapatkan. Jadi untuk menjawab semua pertanyaan ini, kami telah merangkum untuk Anda mengenai sepuluh alasan mengapa harus membeli custom domain sesegera mungkin.

  1. Reputasi di Blogosphere

Sebuah blog dengan domain .com secara alami akan lebih ‘dihormati’ dibandingkan blog lain dengan subdomain seperti .blogspot.com. Link exchange dengan blog niche atau memperluas lingkaran blogging Anda hanya dapat terjadi apabila Anda menggunakan domain .com.

  1. Kebanyakan layanan iklan tidak menerima subdomain

Layanan seperti BuySellAds tidak menerima subdomain, yang berarti bahwa Anda berpotensi kehilangan 50% dari pendapatan yang mungkin dapat diperoleh.

  1. Pelanggan akan meningkat

Orang-orang akan mengikuti Anda hanya ketika mereka tahu Anda menawarkan sesuatu yang unik dan mereka butuhkan. Tapi ketika mereka menyadari bahwa Anda menggunakan domain .blogspot.com, kebanyakan dari mereka akan memiliki kesan tidak begitu baik mengenai konten dan akan membuat mereka menjadi ragu akan keabsahan sebuah sumber informasi yang pemiliknya sendiri merupakan pengguna free resource. Kebanyakan orang menganggap domain .com atau .org sebagai sebuah situs komersial yang dijalankan secara profesional oleh tim atau kelompok. Alasannya sederhana, domain yang digunakan sudah cukup membuktikan bahwa Anda menangani pekerjaan secara serius dengan berinvestasi pada layanan yang digunakan.

  1. Orang-orang akan membagi dan mem-bookmark posting dalam blog Anda

Setelah Anda memberikan kesan pertama yang baik, orang-orang kemudian akan dengan senang hati berbagi posting Anda dengan kerabat mereka. Mereka dengan yakin akan mem-bookmark dan mengunjungi blog Anda sesering mungkin untuk mendapatkan informasi lebih karena mereka tahu, sumber tersebut berasal dari otoritas yang valid. Ini adalah salah satu alasan mengapa subdomain tidak bermain dengan baik di jaringan sosial sementara blog dengan custom domain mendapatkan cukup banyak traffic dari jaringan seperti Stumbleupon, Digg, Facebook dan Twitter.

  1. Proses peningkatan PageRank yang lambat jika anda menggunakan subdomain

Menggunakan domain blogspot.com berarti kemungkinan Anda mendapatkan backlink akan semakin kecil. Banyak orang memilih untuk tidak memberikan tautan terhadap sebuah subdomain karena sering dijumpai blog tersebut dibuat hanya sementara dan setelah mereka dihapus, maka link di blog kita pun akan menjadi ‘mati’ yang mana hal ini akan dapat mempengaruhi peringkat blog kita. Oleh karena itu, para pemilik web memilih untuk tidak menautkan mereka dan bahkan jika mereka memberikan tautan blog tersebut, Anda akan selalu menemukan tag nofollow melekat padanya.

  1. Anda hanya perlu membeli domain, bukan sistem hosting

Ketika Anda membeli domain untuk blog Blogger, maka Anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi. Anda hanya perlu duduk dan bersantai. Untungnya Blogger melakukan host terhadap semua posting blog secara gratis di servernya, berbeda dengan apa yang dilakukan oleh WordPress. Itulah salah satu alasan terbesar mengapa orang-orag cukup banyak yang memilih menggunakan Blogger.

  1. Peringkat Anda akan meningkat

Karena semakin banyak orang melihat blog Anda, mem-bookmark dan membaginya, peringkat Anda di search engine results page (SERP) juga akan meningkat. Semakin banyak likes yang didapatkan, semakin tinggi juga peringkat yang akan Anda peroleh. Tetapi semua ini hanya mungkin terjadi apabila Anda memiliki custom domain sendiri.

  1. PageRank akan stabil pada update berikutnya

Kebanyakan orang yang memiliki PageRank lebih besar dari 2 sering tidak melakukan perubahan domain karena mereka takut bahwa mereka akan kehilangan PageRank mereka. Hal ini memang benar, tetapi Anda hanya kehilangan itu untuk sementara. Setelah Google menemukan semua tautan yang mengarah menuju situs Anda, peringkat Anda akan diberikan kembali kepada Anda pada update PageRank berikutnya.

  1. Anda dapat mengembangkan bisnis

Setelah blog Anda berhasil menarik traffic dan dan pembaca, maka Anda dapat menawarkan fitur seperti guest posting, review produk atau banner promosi. Sponsor akan beriklan di platform di mana mereka menemukan kualitas traffic yang menjanjikan. Hingga saat ini, pemegang subdomain masih dipandang remeh oleh banyak pengiklan sekalipun mereka memiliki traffic yang tinggi

     10.Biaya yang sudah terjangkau

Informasi terbaru yang kami peroleh, bahkan saat ini Anda sudah bisa membeli domain dengan harga $ 7,5 dari GoDaddy! Jadi tunggu apalagi?

Kami berharap, dengan penjelasan mengenai custom domain di atas, Anda dapat sesegera mungkin memulai bisnis online dan dapat menjadi masukan berharga untuk ke depannya. Anda hanya perlu bekerja keras pada tahap awal dan kemudian bekerja secara online akan menjadi proses yang sangat menyenangkan.