Blog Domain Cara Memutuskan Ekstensi Domain yang Tepat untuk Anda

Cara Memutuskan Ekstensi Domain yang Tepat untuk Anda

Domain adalah hal utama dari sebuah situs.Ini adalah salah satu keputusan pertama dan terpenting yang perlu Anda buat.Ini juga sesuatu yang akan dibawa bersama Anda untuk waktu yang lama.Bagaimana Anda memberikan waktu dan perhatian yang tepat?Apa yang harus dipertimbangkan dalam memilih domain?

Yang lebih membingungkan adalah berbagai TLD (Top Level Domain) atau ekstensi yang tersedia.Kebanyakan orang mengenal ekstensi .com. Ternyata, ada ratusan TLD atau ekstensi lain yang dapat digunakan untuk mengembangkan domain Anda. Berikut adalah beberapa cara dalam memilih ekstensi domain yang tepat.

Cara Memilih Ekstensi Domain yang Tepat

Setelah waktunya tiba, Anda harus memilih TLD yang tepat untuk domain.Meskipun tidak ada domain yang identik, mungkin ada dua versi domain yang sama dengan ekstensi yang berbeda.Misalnya, Google.com mungkin telah digunakan, tapi Google.biz juga bisa dibeli.

Inilah sebabnya mengapa beberapa perusahaan akan memilih untuk membeli semua ekstensi domain mereka agar mencegah orang lain menggunakan nama mereka dengan ekstensi yang berbeda.Membeli ekstensi lainnya tidak akan membuat Anda mendapatkan lebih banyak traffic, namun Anda dapat membeli beberapa ekstensi terkait dan mengalihkannya ke situs Anda untuk tujuan perlindungan merek.Saat Anda memilih ekstensi domain, perhatikan beberapa faktor berikut:

Tujuan dari Situs Anda

Ini mungkin hal yang paling penting untuk dipertimbangkan.Ketika Anda memulai sebuah situs , Anda harus mempertimbangkan tujuan dari situs Anda.Jika Anda menjalankan bisnis online, maka .com atau .biz bisa bermanfaat.Jika situs adalah untuk sebuah organisasi, maka ekstensi .org bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selanjutnya, jika Anda memiliki blog semata-mata untuk tujuan menyimpan jurnal online, maka ekstensi seperti .me bisa menjadi solusi yang tepat.Apapun TLD yang Anda pilih harus sesuai dengan tujuan akhir dari situs Anda sehingga ada kekompakan pada domain.

Jangan Lupakan TLD Lokal

Dengan munculnya SEO lokal, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menargetkan wilayah geografis tertentu sesuai tempat Anda berada. Ada lebih dari 200 TLD dengan kode negara berbeda, jadi Anda harus dapat menemukan sesuatu yang sesuai dengan lokasi Anda.Yang umum termasuk .us untuk Amerika Serikat, co.uk untuk Inggris, dan .id untuk Indonesia.

Jangan Lupakan SEO

SEO akan menjadi topik utama jika situs Anda berharap untuk peringkat yang baik.Meskipun beberapa informasi memberi tahu Anda bahwa domain .com memiliki peluang peringkat terbaik, ini hanya opini karena ekstensi .com adalah yang paling populer.

Pilihan Umum untuk TLD (Dan Kapan Menggunakannya)

Ada lebih dari 400 ekstensi berbeda yang tersedia , jadi kami tidak dapat menjelaskan semuanya di sini, namun mari kita lihat opsi yang paling populer dan mungkin sesuai untuk Anda.

  • .com (commercial) – Ini adalah ekstensi yang paling populer dan awalnya berdiri untuk situs komersial, namun sekarang digunakan untuk semua jenis situs web.
  • .net (jaringan) – Awalnya ditujukan untuk jaringan situs web. Ekstensi domain ini digunakan untuk berbagai tujuan. Ini adalah cadangan yang bagus jika pilihan ideal Anda telah digunakan dengan ekstensi .com.
  • .org (organisasi) – dimaksudkan untuk organisasi. Terbaik digunakan jika situs Anda adalah untuk sebuah perusahaan nirlaba.
  • .edu (pendidikan) – yang satu ini biasanya tidak tersedia untuk pendaftaran publik, dan digunakan oleh perguruan tinggi dan institusi pendidikan.
  • .info (information) – Ini paling baik digunakan jika website Anda murni ada untuk informasi atau sebagai database pengetahuan. Jika Anda tidak menjual apapun, maka domain ini bisa bekerja dengan baik.
  • .biz (bisnis) – Sebuah alternatif selain domain .com untuk bisnis, namun memiliki beberapa konotasi buruk karena banyak situs berisi spam.
  • .me (pribadi) – Ekstensi ini sering digunakan untuk situs pribadi atau blog yang tidak memiliki maksud komersial.

Ini adalah pilihan yang paling umum, tapi hanya sebagian kecil dari total pilihan. Pilihan lain seperti .name, .pro, .tv, dan banyak lagi digunakan untuk bisnis atau industri yang sangat spesifik. Ini hanyalah pilihan tepat jika Anda memiliki model bisnis yang sangat fokus.