Cara Memilih Web Hosting untuk Perusahaan Kecil

30 Jun 2017
Cara Memilih Web Hosting untuk Perusahaan Kecil campaign-unlimited

Web hosting adalah salah satu aspek yang paling penting, namun paling diremehkan dari sebuah situs web bisnis kecil. Situs web adalah permukaan bisnis online Anda dan hosting adalah fondasi yang dibangunnya. Sama seperti rumah yang dibangun di atas pasir, pondasi yang lemah akan merusak kesuksesan bisnis Anda.

Solusi atas hosting situs web sulit untuk dibandingkan karena harganya sangat beragam, harga, dan fitur. Solusi hosting termurah hanya beberapa dolar sebulan tetapi lambat, kurang aman, dan sulit dikelola. Solusi hosting akhir yang lebih tinggi dikelola Anda agar aman, memiliki kinerja lebih tinggi, dan dilengkapi dengan fitur tambahan namun harganya juga lebih mahal.

Website Hosting untuk Bisnis

Karena kita berbicara tentang usaha kecil maka kita akan berasumsi bahwa:

• Waktumu sangat berharga

• Anda memiliki anggaran terbatas

• Anda lebih suka fokus pada bisnis Anda dan tidak membuang waktu membuat situs web Anda bekerja

• Anda dengan senang hati membayar sedikit tambahan untuk memastikan hal itu dilakukan dengan benar dan menghemat waktu pada pengaturan dan pengelolaan

Ada banyak jenis hosting maka akan ada tentang semua jenis hosting, kelebihan masing-masing, dan situasi di mana masing-masing layak dipertimbangkan.

Anggaran/ Shared Hosting

Anggaran adalah jenis yang paling umum dari situs web hosting. Biayanya hanya beberapa dolar per bulan dan cukup mudah digunakan. Hal ini dapat menjalankan sebagian besar sistem manajemen konten umum (CMS) dan tersedia dari sejumlah perusahaan dengan harga yang sama.

Kelemahannya adalah hosting jenis ini berkualitas rendah (mengapa begitu murah), kurang aman, bisa membingungkan jika Anda menggali panel kontrol, dan situs Anda akan menjadi lebih lambat. Jenis hosting ini bagus untuk blog pribadi dan situs hobi tetapi tidak direkomendasikan untuk bisnis yang serius. Namun, ini adalah pilihan tepat jika Anda kekurangan uang.

Solusi hosting umum mendukung beberapa jenis perangkat lunak situs web. Anda bertanggung jawab untuk mengoptimalkan kinerja situs, menerapkan caching, menjaga keamanan, backup, namun akan memakan banyak waktu.

Dikelola Dedicated/ Virtual Private Server (VPS)

Bentuk umum hosting lainnya mirip dengan anggaran hosting yang disebutkan di atas kecuali jauh lebih kuat dengan lebih banyak sumber daya. Hal ini bagus untuk banyak hal tetapi bukan untuk pemilik bisnis yang hanya menginginkan sebuah situs web. Jika dikelola masih memerlukan beberapa pengetahuan teknis untuk mengoptimalkan dan menyiapkan segalanya sesuai keinginan Anda.

Hal ini juga merupakan solusi hosting umum yang mendukung beberapa jenis perangkat lunak. Jadi, Anda juga bertanggung jawab untuk mengoptimalkan kinerja situs web Anda, menerapkan caching, merawat keamanan, backup, dan lainnya.

Premium/ Dikelola Khusus untuk Hosting

Host khusus yang bagus hanya fokus pada satu platform perangkat lunak. Contohnya adalah penggunaan WordPress karena merupakan perangkat lunak situs web terpopuler di dunia. Host yang dikelola WordPress khusus akan meng-host situs WordPress. Ini berarti kinerja yang lebih tinggi dan dukungan yang lebih baik.

Host khusus ini juga menangani optimalisasi dan keamanan kinerja (beberapa bahkan menjamin keamanan situs web) untuk Anda. Pencadangan situs web, pemantauan kinerja, dan pembaruan perangkat lunak juga disertakan.

Jenis hosting ini lebih mahal tetapi layak. Anda tidak hanya mendapatkan dorongan dalam kinerja tetapi akan menghemat jam kerja dalam sebulan. Hosting ini biasanya dimulai sekitar 25 dolar per bulan dan akan naik tergantung pada fitur.

Satu-satunya kekurangan hosting semacam ini adalah karena ditargetkan pada desainer dan pengembang, mungkin masih terlalu rumit bagi pemilik usaha kecil khas yang menginginkan situs web tanpa perlu rumit. Secara keseluruhan, pengalaman lebih baik daripada solusi lain yang tercantum namun masih harus belajar.

Platform Hosting

Kategori hosting terlengkap seperti dibutuhkan apa yang dikelola host premium (disebutkan di atas) dan dibangun di atasnya. Solusi hosting ini mencakup pengelolaan semua aspek teknis situs Anda, desain situs web, keamanan, pengoptimalan, dan lainnya.

Solusi hosting ini juga jauh lebih istimewa daripada yang lainnya. Sebagai contoh, kita termasuk dalam kategori dan hanya melayani usaha kecil, Shopify (hanya melayani toko online), dan HappyTables hanya melayani restoran.

Solusi ini sejauh ini yang paling mudah digunakan dan paling optimal tetapi juga lebih ketat. Mereka mengurus semuanya untuk Anda, ada sedikit pilihan. Jika Anda mencoba melakukan sesuatu yang unik atau memiliki persyaratan khusus, maka hal ini bukan solusi untuk Anda. Namun, kalau yang Anda butuhkan hanyalah situs biasa maka ini pilihan yang tepat.

Anda bisa dapatkan hosting yang berkualitas dengan harga murah di sini!