Berpikir Tentang Domain .blog? Berikut Beberapa Hal Yang Harus Anda Ketahui
Blog Domain

Berpikir Tentang Domain .blog? Berikut Beberapa Hal Yang Harus Anda Ketahui

domain .blog

Pada akhir tahun 2016 lalu, Anda sudah dapat mendaftarkan website dengan Top Level Domain (TLD) baru yaitu .blog. Tetapi, mengapa Anda harus memilih domain .blog? Dalam artikel ini, kami akan membantu Anda memutuskan apakah domain .blog cukup berharga sebagai domain baru Anda.

Akankah Domain .blog Membuat Website Anda Lebih Mudah Ditemukan?

Ini adalah pertanyaan paling penting yang perlu Anda pikirkan. Mengapa menghabiskan banyak uang untuk domain baru jika tidak dapat membantu pelanggan menemukan website Anda? sayangnya, tidak ada jaminan dan jawaban pasti dari pertanyaan ini. Namun diperkirakan ada 250.000 alamat .blog yang akan dibuat pada tahun pertama dari domain .blog, dan jutaan alamat lainnya akan mengikuti. Ini menunjukkan bahwa domain .blog cukup diminati dan akan berkembang.

Hal yang paling penting adalah, Google baru saja memperbarui algoritma untuk lebih mengenali Top Level Domain (TLD) baru. Ini menempatkan domain .blog pada tingkat yang lebih sukses. Menurut Google “akhiran nama domain baru tidak diperlakukan berbeda dengan nama domain tradisional seperti .com atau .org. Nama domain dengan akhiran baru akan ditampilkan dalam pencarian sama seperti nama domain lainnya. Misalnya jika Anda mencari bisnis Coffee Club, Anda akan menemukan coffee.club pada URL mereka”. Apa yang dapat Anda lakukan secara pribadi untuk membuat alamat baru yang lebih mudah ditemukan? Jawabannya adalah memenuhi harapan pengunjung. Untuk itu, gunakan domain .blog untuk memudahkan pengunjung menemukan blog Anda. Sekalipun Anda memiliki konten lain dalam website, pastikan blog Anda menjadi hal utama saat pengunjung mendatangi situs .blog Anda.

Domain Baru Akan Lebih Mencerminkan Brand Anda

Jika Anda ingin nama domain tertentu saat meluncurkan situs web pertama kali, namun harus merelakannya untuk orang lain yang sudah menggunakannya, maka ini adalah alasan utama untuk mendapatkan domain .blog. Misalnya, jika domain yang Anda inginkan adalah waterballoons.com, namun sudah digunakan oleh orang lain dan Anda menggunakan watterballoonblog.com, maka Anda dapat memperbaikinya sekarang. Kini Anda bisa menggantinya dengan waterballoons.blog, dan lihat bahwa nama domain tersebut lebih mencerminkan brand Anda. Selain itu, nama tersebut juga lebih memudahkan pengunjung untuk menemukan website Anda.

Saya Memiliki Blog Di Situs Saya. Apakah Saya Tetap Perlu Mendapatkan Domain .Blog?

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah tidak. Namun, situs apapun tetap dapat memiliki domain .blog. Anda mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan domain .blog jika:

–          Blog Anda adalah bagian penting dari bisnis Anda. Jika Anda seorang pengembang konten, maka Anda mungkin dapat menarik pelanggan dengan menggunakan domain .blog.

–          Anda menemukan bahwa topik blog sudah membelok jauh dari tujuan situs. Dalam hal ini, Anda bisa memindahkan topik tersebut ke situs .blog yang terpisah.

Apakah Ini Berarti Anda Harus Mendapatkan Lisensi Untuk Blog?

Tidak, Anda tidak perlu mendapatkan lisensi blog untuk menulis konten web dalam bentuk tulisan yang disajikan dalam urutan kronologis. Anda dapat terus melakukan blogging di situs manapun pada World Wide Web (www). Anda tidak harus menggunakan WordPress untuk mempertahankan domain .blog. Seorang pelopor blogging, Dave Winer juga menggunakan software blogging sendiri, 1999.io dengan domain dave.blog.

Memilih Top Level Domain (TLD) baru seperti .blog dapat menjadi alternatif untuk membangun website yang relevan dengan pengunjung. Jika perusahaan hosting Anda juga menangani pendaftaran domain, maka periksa apakah mereka juga menawarkan domain .blog. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mendaftar dan memilih domain .blog.