Apa Itu IP Addres? Apakah Sama Dengan Nama Domain

16 Mei 2016
Apa Itu IP Addres? Apakah Sama Dengan Nama Domain campaign-unlimited

Pertanyaan: Apa itu ‘IP Address’? Apakah sama dengan ‘nama domain’?

Jawaban: alamat IP atau ‘Internet Address Protocol’ merupakan identifikasi khusus yang diberikan setiap computer di internet. Jadi, IP adalah nomor seri khusus yang digunakan untuk identifikasi.

Setiap mesin yang terhubung ke internet memiliki alamat IP, bahkan dispense pop soda memiliki alamat IP. Dalam setiap kasus, alamat IP bertindak baik seperti plat mobil atau motor, dan ini menunjukkan kepemilikan, memungkinkan mesin, dan memberdayakan otoritas untuk melacak dan melindungi keselamatan masyarakat jika diperlukan.

Bagaimana Cara Melihat IP Address

IP Address memiliki 2 format umum, yaitu IP versi 4 yang terdiri dari 4 nomor yang dipisahkan oleh segmen. Misalnya, 127.0.0.1 , 253.16.44.22 , 72.48.108.101. sedangkan IP versi 6 terlihat lebih kompleks lagi karena terdiri dari 8 segmen. Misalnya, 3ffe: 1900: 4545: 3: 200: F8FF: fe21: 67cf, 21DA: D3: 0: 2F3B: 2AA: FF: FE28: 9C5A.

IP Address Tidak Sama Dengan Nama Domain

Hampir di setiap web server, alamat IP tak terlihat diterjemahkan ke dalam bahasa inggris, karena demi kemudahan user. Tapi, secara teknis, alamat IP merupakan pengenal dari web server, sedangkan nama domain sebuah pointer redirector untuk membantu orang menemukan web server. Berikut merupakan 3 alamat IP dengan nama domain yang sesuai. Kedua IP Address dan URL nama domain dapat digunakan untuk terhubung ke web server yang sama:

  • 72.246.51.15 = www.nasa.gov
  • 152.91.56.138 = www.gov.au
  • 208.185.127.40 = www.about.com

ISP-mu memiliki blok alamat IP untuk meminjamkannya. Internet berwenang memberikan nomor alamat IP untuk penyedia layanan internet regional. Mereka ISP pada gilirannya menetapkan alamat IP untuk setiap server dan setiap internet user yang login. ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang alamat IP:

Trivia  poin 1

Sebelum world wide web menjadi popular di tahun 1990, setiap komputer memiliki IP Address tetap. Begitu banyak jutaan internet user, ISP memilih untuk “lending” pada alamat IP. Lending pada alamat IP terbukti dapat bekerja dengan baik untuk individu user.

Trivia poin 2

Mungkin kamu sering mengidentifikasi user dalam dunia berdasarkan IP Address. Situs web seperti www.whatismyipaddress.com, dapat membaca IP Address di komputer kamu dengan membandingkannya dengan database dari ISP dan berusaha untuk menebak lokasi.

Trivia poin 3

Menutupi atau mengubah tampilan digital pada IP Address  komputer kamu. Nah kamu akan lakukan ini demi privasi dan menghindar berpihak pada yang berwenang dalam melacak aktivitas online.

Trivia poin 4

Begitu komputer mengakses internet, kemudian meminjam alamat IP di kantor. Bekerja seperti telepon kantor/ internal nomor ekstensi yang unik dan ditugaskan untuk setiap user. Tetapi setelah keluar dari kantor panggilan layar hanya akan menampilkan nomor telepon utama kantor. Hal ini dikenal sebagai internal vs IP eksternal, teknik yang diperlukan untuk mengurangi jumlah alamat IP di internet.

Trivia poin 5

Per Mei 2008, internet menggunakan alamat IP standar versi 4, kemudian melakukan generasi baru dan mengubahnya menjadi alamat IP versi 6. Perubahan itu merupakan jumlah alamat yang tersedia.

Baca Terkait: Domain Name System, Sudah Tahukah Anda?

Penulis
Member since 2 Jul 2013