Blog Domain Anjuran Dan Larangan Untuk Mengamankan Nama Domain

Anjuran Dan Larangan Untuk Mengamankan Nama Domain

Menjelajahi tentang nama domain dapat menjadi tugas yang menakutkan jika Anda tidak mengetahui tentang cara melakukannya. Melakukan kesalahan dengan nama domain pada akhirnya dapat melumpuhkan bisnis Anda. berikut kami akan memberikan beberapa hal mengenai anjuran dan larangan untuk mengamankan nama domain Anda.

Anjuran: Jika Anda Bisa, Sertakan Lokasi Atau Kata Kunci Dalam Nama Domain

Jika bisnis Anda berfokus pada wilayah geografis, cobalah untuk menempatkan lokasi ke dalam nama domain Anda. Ketika Mikalai Krivenko membutuhkan domain untuk bisnis lukisannya di Hoboken pada tahun 2009, putranya Yuriy, seorang spesialis dalam optimasi pencarian yang berbasis di Jersey City menyarankan Krivenko untuk menempatkan “Hoboken” dalam nama domainnya. Akhirnya Krivenko membeli nama domain hobokenpainter.com seharga $11. Kini, nama domain tersebut muncul di bagian atas pencarian dengan kata kunci yang mencakup tentang Hoboken dan pelukis. Baik itu lokasi atau apapun yang berkaitan dengan perusahaan Anda, Krivenko menyarankan: “Masukkan kata kunci yang paling penting bagi industri Anda dalam nama domain”.

Anjuran: Daftarkan Diri Anda Sebagai Pemilik Nama Domain

Beberapa pelaku bisnis membuat kesalahan dengan tidak memeriksa dan memastikan siapa register dari nama domain mereka. Ini sangat penting untuk memastikan bahwa Anda adalah pemilik domain dan kontak administratif. Jean Bedord, seorang konsultan dan penulis buku ‘I’ve Got a Domain Name’ mengatakan bahwa “Ini seperti sepotong properti. Jika Anda tidak memiliki properti, Anda tidak bisa menjual bisnis yang sudah ada”. Melakukan pengecekan dan memastikan siapa pemilik nama domain adalah hal penting untuk menjaga nama domain Anda tetap aman.

Anjuran: Ingatlah Untuk Memperpanjang Pendaftaran Nama Domain Anda

Nick Hoffman, 32, sempat melupakan pembaruan nama domain inetguru.com milik perusahaannya pada tahun 2000, ini adalah pukulan bagi bisnisnya. Nama domain tersebut akhirnya dibeli oleh orang lain dan tanpa akses email melalui situs, sehingga Hoffman kehilangan kontak klien. Akhirnya, ia menutup perusahaan. Sekarang ia bekerja sebagai chief operating officer untuk pasar aftermarket domain. Dirinya menyarankan untuk membeli domain dengan pendaftaran selama lima atau sepuluh tahun dimuka, atau menyiapkan perpanjangan otomatis dengan pembayaran tahunan. Jangan mengambil resiko kehilangan nama domain hanya karena lupa untuk memperpanjang pendaftaran nama domain.

Larangan: Menggunakan Tanda Hubung, Singkatan Atau Nomor Dalam Nama Domain

Sebaliknya, Anda harus membuat nama domain yang menarik dan mudah diingat serta menjelaskan tentang bisnis Anda. Menggunakan tanda hubung, singkatan atau nomor dalam nama domain dapat membuat pengunjung Anda bingung. Bahkan, pengunjung akan kesulitan mengingat nama domain Anda dan mungkin akan beralih ke website pesaing.

Larangan: Menghabiskan Uang Untuk Ekstensi Selain .com

Ketika Anda mendaftarkan nama domain, Anda akan dibombardir dengan tawaran untuk menggunakan ekstensi selain .com misalnya .net, .co, dan sebagainya. “Nilai sebenarnya ada pada ekstensi .com” kata Bedord. Namun, jika Anda ingin mematenkan atau melindungi merek dagang, maka Anda mungkin perlu berinvestasi dalam ekstensi lainnya. Kenyataannya, Anda harus membayar lebih lagi untuk setiap ekstensi domain yang ingin Anda gunakan.

Larangan: Membeli Nama Domain Tanpa Memeriksa Secara Detail

Nama domain yang tersedia bisa terkena masalah hukum jika nama itu terlalu mirip dengan merek dagang perusahaan lain. Anda perlu melakukan pemeriksaan secara mendetail mengenai nama domain yang akan Anda pilih. Jangan sampai Anda mendapatkan masalah hukum karena kecerobohan Anda sendiri. Anda bisa berkonsultasi untuk menemukan domain terbaik dengan pakarnya.