6 Tips Menentukan Nama Domain Bagi Bisnis Anda
Blog Domain 6 Tips Menentukan Nama Domain Bagi Bisnis Anda

6 Tips Menentukan Nama Domain Bagi Bisnis Anda

Nama domain sangat penting ketika anda sedang menjalankan sebuah bisnis dan anda akan menjalankan bisnis anda secara online. Nama domain yang baik akan sangat membantu dalam hal kemudahan pelanggan menjangkau situs anda. Namun bagaimana jika anda menemui kesulitan untuk menentukan nama yang baik atau bagaimana jika nama yang anda tentukan ternyata sudah digunakan? Maka enam tips berikut dapat membantu untuk menentukan nama domain bagi bisnis anda.

  1. Usahakan menggunakan nama yang singkat

Usahakan nama anda maksimal hanya memiliki dua puluh karakter agar tetap mudah diingat. Jika anda menyampaikan nama anda kepada orang lain tentunya anda ingin agar orang lain mudah untuk mengingatnya. Karena semakin mudah nama domain diingat, semakin tinggi pula peluang untuk lebih sering dikunjungi.

  1. Sederhana dan jelas

Pastikan nama domain anda mudah diingat dan juga mudah diucapkan. Agar lebih mudah, pastikan nama domain adalah nama bisnis anda (atau setidaknya mencakup nama bisnis anda).

  1. Hindari angka, garis bawah, dan tanda hubung Jika anda bisa

Menambahkan angka dan karakter non-alfabetik dapat menyebabkan kebingungan yang dapat berakibat kehilangan traffic ke situs anda. Misalkan nama bisnis anda adalah Toko Sepatu, maka sebaiknya nama domain anda adalah tokosepatu.com jangan menggunakan toko-sepatu.com karena banyak orang sering lupa untuk menambahkan tanda penghubung saat mengetikkannya di browser.

  1. Pertimbangkan penggunaan keyword dan berkreasi semenarik mungkin

Jika pilihan domain utama yang anda cari ternyata tidak tersedia, anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan keyword sebagai bagian dari domain anda. Misal anda menjalankan bisnis bakery dengan nama Diamond Bakery di Jakarta, namun ternyata domain dengan nama diamondbakery.com sudah dipakai. Dalam hal ini anda bisa menyiasatinya dengan mengkreasikan namanya menjadi diamondbakeryjakarta.com visitdiamondbakery.com dan variasi lainnya sebagai alternatif nama.

  1. Daftarkan domain anda untuk beberapa tahun ke depan

Jika anggaran anda memungkinkan, mendaftarkan domain anda untuk beberapa tahun ke depan dapat membantu meningkatkan peringkat situs anda dalam mesin pencari. Mengapa demikian? Karena hal ini berarti bisnis anda akan terus aktif selama bertahun-tahun ke depan. Hal ini juga yang akan melegitimasi bisnis anda di mata Google dan mesin pencari lainnya jika dibandingkan dengan situs lain yang meregistrasikan domainnya dalam jangka waktu singkat.

  1. Cari variasi domain anda

Hal ini memang tidak terlalu mendesak, namun membeli beberapa versi nama domain akan memastikan para kompetitor tidak dapat melemahkan anda di masa depan. Misalnya, domain anda adalah tokoonline.co.id tidak ada salahnya juga untuk memiliki domain tokoonline.com untuk memastikan orang lain tidak salah saat mengunjungi situs anda.

Dengan membaca tips-tips di atas, semoga anda tidak lagi menemui kesulitam dalam menentukan nama domain bagi bisnis anda. Anda bisa memulainya sekarang, tentukan nama domain yang terbaik dan rasakan manfaatnya bagi bisnis anda.