6 Hal yang Perlu Direview Sebelum Memulai Bisnis Web Hosting
Blog Domain 6 Hal yang Perlu Direview Sebelum Memulai Bisnis Web Hosting

6 Hal yang Perlu Direview Sebelum Memulai Bisnis Web Hosting

website1

Dibutuhkan banyak keahlian teknis, kesabaran, keterampilan bisnis, dan upaya terus-menerus untuk memulai dan mempertahankan bisnis web hosting dengan sukses. Meskipun panel kontrol sudah berinovasi, installer satu klik, dan paket perangkat lunak modern lainnya telah mempermudah pekerjaan, mengelola bisnis hosting tidak semudah kedengarannya

1. Akrab dengan Platform dan Perangkat Lunak Terbaru

Anda perlu tahu perangkat lunak dan platform terbaru apa yang telah ditambahkan, bagaimana kinerjanya dan berapa harganya. Penting untuk mengenal perangkat lunak yang diinstal di server.

2. Leasing/ Purchasing Servers: Jika membeli sendiri, Anda punya banyak pilihan

Anda dapat menyewa server dari perusahaan yang terhormat seperti Gateway atau Dell atau mendapatkan custom-built oleh pembuatnya. Di sisi lain, Anda bisa membeli paket hosting reseller dari senjata besar seperti GoDaddy, HostGator, LunarPages, iPage, JustHost, FatCow atau InMotion (yang kebetulan merupakan peserta terbaru di arena reseller hosting dan saat ini menawarkan penawaran menarik pada Paket reseller). Memilih penyedia reseller hosting adalah salah satu keputusan terpenting yang harus diambil sebelum meluncurkan bisnis hosting Anda sendiri. Jika Anda salah di sini, maka semuanya akan berantakan!

3. Dukungan Pelanggan

Upaya agar pelanggan tetap senang, Anda perlu memberi mereka dukungan untuk menangani semua masalah mereka secara profesional tanpa membuat mereka menunggu terlalu lama.

Setiap klien mengharapkan dukungan setiap waktu dan respon cepat dalam lini bisnis apapun, namun jika Anda berpikir untuk memulai bisnis hosting di rumah maka menjadi aspek yang sangat penting. Anda harus bisa menangani semua masalah penjualan dan teknis yang diprioritaskan tinggi. Jika Anda yakin menawarkan tingkat dukungan yang begitu tinggi, Anda harus benar-benar melanjutkan gagasan ini.

Dukungan kontak dan email dengan satu lawan satu harus ditawarkan untuk segera memperbaiki masalah segera dan ketika penyedia hosting induk Anda tidak dapat membantu, Anda harus meminta orang yang ahli mendukung untuk menangani masalah yang diprioritaskan untuk mempertahankan pelanggan Anda.

4. Pemilihan Panel Kontrol

Harus memiliki fitur kaya dan kuat yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. CPanel menjadi suatu keharusan ketika harus memilih panel kontrol yang user-friendly.

5. Fleksibilitas

Jika Anda memulai sebagai reseller, perusahaan induk Anda harus menawarkan paket yang dapat disesuaikan sehingga memungkinkan Anda membuat dan memasarkan paket hosting yang unik, maka akan bertambah banyak di setiap tahap. Jika penyedia hosting induk Anda menanggung banyak hutang dan tidak menawarkan fleksibilitas yang dibutuhkan, maka semua usaha Anda pasti akan sia-sia.

6. Reputasi Perusahaan Induk

Carilah ulasan pelanggan dan coba ketahui apa yang pelanggan lain ketahui tentang perusahaan hosting induk yang akan Anda pilih. Jika perusahaan telah dikenal dengan cobaan tak terduga seperti masalah jaringan, masalah keamanan, dan waktu yang tidak direncanakan. Kemungkinan akan merasa frustrasi dengan masalah tersebut lebih cepat dari nantinya.

Bagian terburuknya Anda tidak dapat menutupi karena pelanggan akan menganggap Anda bertanggung jawab atas downtime dan bukan perusahaan induknya.

Berikut adalah 6 tips untuk mengingatnya dengan mudah.

1. Jangan memulai perusahaan hosting dengan membabi buta menjadi reseller dari penyedia hosting hanya karena mereka menawarkan penawaran BPA yang bagus,

2. Jangan mencoba label putih dan reseller layanan dari host yang tidak terlalu populer karena akan lebih baik memulai dan mempromosikan usaha baru,

3. Piggy-back pada keberhasilan host populer di negara-negara yang tidak memiliki kehadiran yang kuat, namun pada saat bersamaan persaingan juga tidak terlalu banyak,

4. Pastikan perusahaan hosting induk Anda menyediakan up-time yang bagus,

5. Waspadalah terhadap riwayat pembayaran dari host terpilih yang ingin Anda promosikan sebagai affiliate/ reseller,

6. Jangan banyak berinvestasi dalam mempromosikan bisnis hosting baru sampai Anda melihat respons publik.

Lihatlah berbagai rencana hosting di pasaran dan bandingkan pilihan harga untuk tampil dengan sesuatu yang sangat menarik. Anda perlu menawarkan paket web hosting bisnis yang handal dan kompeten untuk menarik pelanggan baru terutama jika Anda pemain baru di pasar.

Pada akhirnya, ini tentang seni pemasaran. Jadi teruskan dan berikan yang terbaik, pertimbangkan fakta-fakta yang disebutkan di atas.

Anda bisa cari tahu soal hosting murah selengkapnya di sini ya!