6 Cara Memilih Nama Domain yang Terbaik untuk Website Anda
Blog Domain

6 Cara Memilih Nama Domain yang Terbaik untuk Website Anda

Nama domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat sebuah website di internet. Dengan nama domain, Anda dapat menjalankan sebuah bisnis di blog dengan baik. Untuk itu, nama domain yang digunakan harus mencerminkan tentang bisnis Anda yang mudah diingat, dikenali, dan diakui oleh publik. Jangan terburu-buru memilih dan membeli nama domain karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Berikut kami akan memaparkan 6 cara untuk memilih nama domain yang terbaik yaitu :

  1. Pilih Nama yang Unik

Ada baiknya, jika Anda ingin membuat website untuk pemasaran bisnis pribadi maka gunakanlah nama pribadi atau nama singkat dan unik lainnya. Ini bukanlah ide buruk karena Anda bisa tetap menggunakan nama domain ini di masa depan. Sebaiknya cek juga apakah nama domain tersebut sudah ada, misal di mesin pencarian Google. Apabila nama tersebut sudah ada yang menggunakan, maka Anda harus mencari nama domain yang lain. Hal ini untuk mencegah kesamaan nama domain. Selain memilih nama yang unik, sebaiknya timbulkan kesan yang tegas dan mewakili usaha yang Anda jalankan. Sebisa mungkin hindari singkatan dan kata-kata yang susah dibaca.

  1. Jangan Menggunakan Angka atau Tanda Hubung

Angka dan tanda hubung akan menyebabkan kebingungan bagi bayak orang. hal ini juga dapat mempengaruhi peringkat SEO dari sebuah situs. Jika memang terpaksa menggunakan angka atau tanda hubung, maka sebaiknya nama domain tidak terlalu panjang.

  1. Buatlah Nama Domain yang Mudah Diingat dan Diketik

Ketika kita menyampaikan nama domain kepada orang lain, maka nama domain tersebut harus mudah diingat dan diketik. Hal ini penting untuk memudahkan kita dalam melakukan promosi, khususnya dalam promosi offline. Usahakan memilih nama domain yang sederhana. Mengapa kesederhanaan ini penting? Karena Anda pasti tidak ingin pengunjung Anda salah mengetik nama domain dan akhirnya diarahkan ke situs yang berbeda.

  1. Buatlah Brandable Domain

Brandable domain adalah nama domain yang lebih mengutamakan branding daripada keyword. Dengan memilih nama domain yang brandable, maka nama domain akan mudah diingat, simple, dan memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjungnya. Contoh nama domain yang brandable adalah Google.com, Facebook.com, Flickr.com dan yang didalam negeri contohnya adalah bhinneka.com (toko komputer online).

  1. Hindari Masalah Merek Dagang

Setelah memutuskan memilih sebuah nama domain untuk situs Anda, pastikan Anda tidak melanggar merek dagang siapa pun. Jangan pernah berpikir untuk membeli domain yang mirip dengan domain lain karena kemungkinan besar Anda akan dituntut oleh perusahaan pemilik merek dagang.

  1. Pilih Ekstensi yang Tepat

Memilih ekstensi yang tepat juga berpengaruh terhadap nama domain. Ekstensi .com sejauh ini tetap merupakan ekstensi yang paling mudah diingat dan paling banyak digunakan. Ekstensi terbaik ke dua adalah .net.

 

Memilih sebuah nama domain mungkin terlihat cukup mudah, namun hal tersebut merupakan keputusan besar. Jangan terburu-buru dan juga jangan terlalu lama dalam memilihnya. Luangkan waktu untuk memilih sebuah nama domain dengan hati-hati dan memperhatikan beberapa cara terbaik seperti di atas. Pastikan Anda juga merasa nyaman dengan nama domain yang telah dipilih sebelum akhirnya benar-benar menggunakan nama domain tersebut.