Blog Domain

5 Tips Untuk Menemukan Dan Membeli Nama Domain Populer

Membeli nama domain baru tidak sulit untuk dilakukan. Tetapi, jika Anda ingin membuat sesuatu yang khusus dan tidak ingin membayar mahal untuk berbagai resiko, maka hal ini bisa menjadi cukup sulit. Tentu saja, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli nama domain. Berikut kami memberikan beberapa tips untuk membantu Anda menemukan nama domain terbaik dan populer. Selanjutnya, Anda bisa membelinya dan miliki website yang sempurna dengan nama domain yang tepat.

Buatlah Tetap Pendek

Beberapa saran yang paling umum sebelum membeli nama domain adalah tetap membuatnya sesingkat mungkin. Karakter yang lebih sedikit akan membuatnya lebih mudah diingat oleh orang-orang dan mudah untuk mengetikkan URLnya. Hal ini juga berarti mengurangi resiko salah eja karena nama yang singkat. Namun, bertentangan dengan hal di atas, ada beberapa pengecualian. Misalnya, jika dilihat dari statistik DNPric.es, URL disaring berdasarkan panjangnya. Anda lebih baik menggunakan nama domain dengan lima huruf daripada menggunakan tiga atau empat huruf. Secara historis, URL dengan lima huruf rata-rata dijual dengan harga $6,054.86, sedangkan untuk empat huruf hanya dijual dengan harga $3,641.86. Meskipun demikian, URL dengan dua huruf masih menjadi yang paling berharga dan memiliki harga jual rata-rata $16,887.56.

Ada juga bonus lain jika memiliki URL yang pendek. Kebanyakan orang tahu bahwa nama yang lebih panjang biasanya murah. Dengan demikian, orang-orang akan menganggap bisnis Anda sebagai bisnis “premium” dengan URL pendek. Sesuatu yang lebih dari 12 karakter akan lebih sulit untuk diingat dan diketik. Tentunya, hal ini tidak dianjurkan meskipun jelas akan lebih murah.

Kreativitas Tidak Selalu Menjadi Kunci

Selain menjaganya tetap pendek, Anda juga perlu membuatnya tetap sederhana. Memiliki kata yang aneh saat dieja dan memasukkan tanda hubung, adalah hal yang buruk dalam nama domain. Jika Anda mencoba memikirkan nama domain yang tepat, Anda bisa menggunakan alat-alat seperti Domainr yang dapat memberikan beberapa inspirasi. Jika Anda benar-benar tidak ada ide, gunakan Bust A Name atau Dot-o-Mator untuk memberikan Anda saran, baik untuk kata akhiran dan awalan domain.

Jangan Dibutakan Oleh Ekstensi .com

Sudah jelas bahwa memiliki ekstensi domain .com bukanlah ide yang buruk, namun Anda juga bisa mempertimbangkan ekstensi lain seperti .org, .info, .me, .co, .tv, dan sebagainya. Jika ekstensi tersebut menarik dan sesuai dengan konteks layanan atau bisnis Anda, maka Google akan mempertimbangkannya dengan lebih baik. Hal yang juga perlu diperhatikan disini bahwa nilai domain .com sebenarnya telah jatuh selama beberapa tahun terakhir dengan rata-rata $3,007.23 hingga tahun 2013. Pada tahun 2014, nilainya kembali pulih rata-rata sekitar $4,800. Untuk itu, penting juga melihat daftar nilai jual rata-rata untuk semua TLD agar mendapatkan domain yang bernilai dan populer.

Melakukan Penelitian Tentang Nama Domain

Lakukan riset, riset, dan riset. Ini adalah kunci untuk mendapatkan nama domain yang sempurna. Lakukan pencarian informasi tentang nama domain yang Anda pilih. Hindari URL yang berpotensi melanggar bisnis lain yang sudah ada.

Negosiasi

Anda memiliki dua pilihan: membayar nama domain sesuai dengan yang ditawarkan atau mencoba untuk bernegosiasi. Sebelum Anda sampai ke titik penyerahan uang tunai, Anda dapat melakukan penelitian lebih banyak lagi untuk melihat harga jual dari domain-domain serupa. Semakin baik informasi yang Anda miliki, semakin besar kesempatan Anda untuk berhasil dalam negosiasi. Ingat untuk selalu bernegosiasi di bawah harga rata-rata. Umumnya, nama yang lebih pendek akan lebih mahal dan apapun yang melibatkan bisnis yang sudah ada akan menjadi jauh lebih mahal dan lebih rumit untuk dibeli.