Blog Domain

5 Tips Memilih Nama Domain Untuk Pemasaran Bisnis Anda

Di Inggris, hampir 65% dari semua media cetak dan televisi sekarang menyertakan alamat web dan memberikan panggilan langsung untuk tindakan konsumen dalam pemasaran bisnis. Pemasaran nama domain untuk alamat web sekarang penting dalam membangun bisnis yang sukses. Jadi apa strategi terbaik dalam memilih nama domain yang tepat untuk bisnis Anda? Phil Kingsland, direktur pemasaran dan komunikasi Nominet menawarkan beberapa tips berikut untuk memilih nama domain yang tepat.

Nama Domain Harus Tetap Pendek Dan Jelas

Nama-nama domain yang jelas dan pendek akan lebih efektif dan mudah diingat. Orang-orang tidak akan salah eja dengan kata-kata yang pendek dan mampu diteruskan dengan mudah dari mulut ke mulut. Untuk alasan yang sama, ini adalah ide yang baik dalam menjaga jumlah kata nama domain 2 atau 3 paling banyak.

Menentukan Nama Domain Berdasarkan Lokasi

Ketika memilih nama domain, ada baiknya untuk berpikir mengenai dimana lokasi target pelanggan Anda. Jika basis pelanggan Anda terutama di Inggris, maka masuk akal untuk memilih nama domain .uk. Konsumen Inggris lebih berharap dan memilih situs .uk untuk melayani mereka dengan baik karena situs .uk memiliki harga sesuai mata uang yang ada di Inggris sehingga wajar jika biaya pengiriman akan lebih rendah. Selain itu, mereka juga membutuhkan dukungan pelanggan yang lebih dekat. Nilai-nilai kepercayaan dan kualitas yang terkait dengan .uk tidak hanya menarik bagi konsumen Inggris tetapi juga populer bagi pembeli di luar negeri. Mereka akan tertarik untuk mengasosiasikan dirinya dengan merek UK. Namun, nama-nama domain .com masih sering menjadi pilihan pertama untuk bisnis yang bergerak dalam skala internasional. Untuk itu, Anda perlu memikirkan secara hati-hati untuk memilih nama domain berdasarkan lokasi.

Nama Domain Berhubungan Dengan Bisnis Anda

Anda harus memilih nama domain yang mewakili kepentingan perusahaan Anda. Pikirkan tentang apa yang Anda tawarkan dan apa yang menarik dari produk atau jasa Anda. Ini membantu untuk memasukkan kata kunci dalam menjelaskan jenis bisnis yang Anda tawarkan. Misalnya bisnis Anda mengenai properti, maka sebaiknya mencari nama domain dengan kata-kata “properti” atau “build”. Membuat nama domain yang mudah diingat adalah hal penting, tetapi menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda juga penting. Membangun bisnis dengan nama domain yang tidak relevan biasanya membutuhkan pemasaran yang lebih signifikan dan perlu berinvestasi untuk iklan. Untuk itu, saat Anda telah memutuskan nama domain yang cocok untuk bisnis Anda, periksa ketersediaan nama domain tersebut melalui reseller. Jangan sampai domain yang Anda pilih ternyata sudah digunakan oleh orang lain.

Waspada Terhadap Cybersquatters

Cybersquatting adalah kejahatan dengan mencoba mengambil keuntungan dari kesadaran merek Anda dan mendaftarkan nama domain yang mirip dengan merek Anda untuk menangkap traffic saat pelanggan salah mengeja nama domain Anda. Jika merek Anda akhirnya berurusan dengan cybersquatters, maka Anda dapat menyelesaikan masalah tersebut melalui layanan penyelesaian sengketa yang ada.

Menyadari Perubahan Besar

Sebuah bisnis perlu menyadari perubahan yang dapat dibuat oleh sistem nama domain. Kini, nama domain sudah mengalami peningkatan besar dengan adanya TLD (Top Level Domain) baru. Pilihan TLD yang tersedia semakin banyak tidak hanya .com, .uk, dan sebagainya. Bahkan, Anda bisa mendaftarkan TLD untuk bisnis Anda sendiri. Perubahan ini pasti akan mempengaruhi cara Anda memasarkan bisnis secara online dan perlu dipertimbangkan. Untuk itu, Anda perlu menyadari perubahan-perubahan besar yang terjadi dalam nama domain sehingga Anda bisa memilih nama domain yang terbaik.