5 Hal Mengapa Sebuah Nama Domain Sangat Penting Bagi Bisnis Anda
Blog Hosting Guru 5 Hal Mengapa Sebuah Nama Domain Sangat Penting Bagi Bisnis Anda

5 Hal Mengapa Sebuah Nama Domain Sangat Penting Bagi Bisnis Anda

pilih nama domain
Picture Source : Google

Pada tingkat dasar, nama domain merupakan hal yang sangat penting karena skema pengalamatan Internet sangat tidak efektif tanpa adanya nama domain. Setiap komputer di Internet memiliki sebuah alamat Internet Protocol (IP), yaitu sebuah kombinasi string unik yang terdiri dari empat angka yang dipisahkan oleh titik, seperti 165.166.0.2. Karena mengingat seluruh alamat IP dari semua situs favorit anda merupakan hal yang hampir mustahil, sekelompok ilmuwan komputer telah menciptakan suatu sistem nama domain untuk menetapkan nama unik untuk setiap alamat IP numerik. Namun nama-nama domain sebenarnya lebih dari sekedar perihal shorcut teknis saja. Sebuah nama domain yang singkat dan mudah diingat dapat membuat sebuah perbedaan signifikan apakah akan menciptakan sebuah kehadiran atau justru membuat pengunjungnya akan ‘tersesat’ di dunia maya. Berikut lima hal mengapa sebuah nama domain sangat penting bagi bisnis anda.

  1. Sebuah nama domain menambah kredibilitas bisnis anda

Memiliki nama domain sendiri akan membuat perusahaan anda menjadi terlihat profesional. Jika anda mempublikasikan situs anda melalui ISP atau situs web hosting gratis, anda akan mendapatkan URL seperti www.yourisp.com/-yourbusiness. Alamat generik ini kurang memberikan kepercayaan kepada pelanggan dibandingkan nama domain seperti www.yourcompany.com.

  1. Sebuah nama domain pertanda anda telah berpikiran maju

Memiliki sebuah nama domain sendiri menunjukkan bahwa anda merupakan bagian dari revolusi digital yang berarti bahwa anda selalu up-to-date pada teknologi yang muncul. Memiliki nama domain anda juga dapat menempatkan anda di depan pesaing anda.

  1. Nama domain dapat meningkatkan kehadiran online bisnis anda

Memiliki nama domain anda sendiri dapat membuat anda selalu membawa nama tersebut jika anda melakukan proses transfer web host atau mengganti in-house server anda. Jika anda tidak memiliki nama domain anda sendiri, anda harus menggunakan sebuah URL baru, yang akan menghambat proses branding yang telah anda lakukan.

  1. Nama domain yang tepat dapat menarik orang ke dalam bisnis anda

Jika anda memutuskan untuk mendaftarkan nama domain yang sesuai dengan konsep bisnis anda dan bukan nama bisnis, anda mungkin akan dapat menarik orang-orang untuk mencari topik itu. Misalnya, sebuah toko perangkat keras yang terdaftar dengan nama domain Hammers.com mungkin akan mendapatkan pengunjung yang ingin mencari palu secara online di Internet.

  1. Sebuah nama domain membangun merek anda

Nama domain dapat meningkatkan kesadaran orang-orang terhadap merek bisnis anda. Jika nama domain anda sesuai dengan nama perusahaan anda, hal tersebut akan memperkuat merek anda, sehingga memudahkan pelanggan untuk mengingat dan terus kembali mengunjungi bisnis anda. Hal ini juga akan membuat anda lebih mudah untuk menyebarkan bisnis anda melalui mulut ke mulut karena pelanggan akan mengingat nama merek anda dan membagikannya kepada teman-teman mereka.

Intinya adalah bahwa nama domain yang baik dapat membawa anda lebih jauh. Seperti menghasilkan traffic ke situs anda dan membangun reputasi yang baik untuk bisnis anda. Yang pada akhirnya, akan menghasilkan lebih banyak pelanggan dan penjualan yang lebih baik.