4 Tips Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Anda
Blog Domain 4 Tips Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Anda

4 Tips Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Anda

cara-memilih-domain-bisnis

Setiap orang tentu ingin membuat bisnis yang sukses dan berkembang. Jika Anda memutuskan untuk memulai bisnis namun ada begitu banyak website di luar sana, maka Anda harus kreatif dalam memilih nama domain untuk website Anda. Menentukan nama domain harus disesuaikan dengan jalannya bisnis Anda. Cobalah untuk memulai proses brainstorming setelah Anda berpikir mengenai nama domain Anda. Dengan nama domain yang tepat, maka Anda bisa membuat bisnis yang sukses dan berkembang. Berikut adalah 4 tips memilih nama domain untuk bisnis Anda.

  1. Memilih Nama Yang Memorable

Pilihlah nama yang memorable sehingga mudah diingat oleh banyak orang dan mudah untuk diketikkan dalam mesin pencari. Jangan lupa untuk memilih sebuah nama yang singkat dan catchy. Aturan umum biasanya, nama domain terdiri antara 1-3 kata. Ini merupakan pilihan yang ideal. Jika Anda berpikir untuk memilih nama domain yang panjang, maka coba pikirkan lagi. Nama domain yang panjang hanya akan membuat kesulitan bagi pelanggan Anda untuk diingat dan diketikkan dalam mesin pencari. Ini tentu tidak cocok untuk bisnis Anda.

  1. Menggunakan Nama Anda Sendiri

Ada banyak alasan untuk menggunakan nama Anda sendiri untuk nama domain. Tetapi, hal ini benar-benar tergantung dengan bisnis yang sedang Anda bangun. Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan nama Anda sebagai nama domain. Alasannya bisa karena tiga hal berikut yaitu: Anda dapat menetapkan diri sendiri sebagai seorang ahli dalam bisnis Anda, branding Anda nantinya akan sebagian besar terdiri dari kepribadian dan keterampilan Anda, dan nama Anda tidak akan berubah-ubah sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Anda mungkin juga tidak ingin menggunakan nama sendiri untuk nama domain karena beberapa alasan seperti: nama Anda sulit untuk dieja atau diucapkan, atau Anda berencana untuk mengubah nama. Hal itu tergantung dari kebutuhan Anda sendiri.

  1. Jadilah Lebih Kreatif Dalam Memilih Nama Domain

Kebanyakan nama domain sekarang diambil dari kata yang sederhana. Untuk itu, Anda mungkin perlu berpikir lebih kreatif untuk mendapatkan nama domain yang unik dan menarik. Cobalah menempatkan dua kata bersama-sama (misalnya MySpace), menggabungkan bagian dari dua kata besama-sama (misalnya Instagram), memodifikasi sebuah kata menjadi kata baru yang unik (misalnya Tumblr), atau benar-benar membuat kata baru yang menarik (misalnya Spotify). Tetap ingat untuk memilih nama domain yang mudah dieja dan mudah diingat. Kata-kata yang singkat, unik, dan catchy, itu adalah resep yang sempurna.

  1. Menggunakan Alat Untuk Menyarankan Nama Domain

Ada banyak alat yang bisa digunakan untuk membantu Anda dalam memilih nama domain yang sempurna berdasarkan ide awal Anda. Alat-alat ini juga akan membantu Anda melihat apa yang tersedia dan akhiran atau ekstensi apa yang cocok untuk digunakan. Periksa beberapa alat untuk membantu Anda mencari nama domain yang sempurna. Beberapa alat yang bisa Anda gunakan seperti:

–          Business Name Generator: Alat untuk menghasilkan ide-ide nama bisnis yang sempurna

–          Namestation: Mampu memberikan hasil dari daftar domain yang tersedia berdasarkan kata yang disarankan

–          Domainr: Ketikkan sebuah kata dalam bagian pencarian dan alat ini akan menemukan domain yang sesuai

Tingginya jumlah website di luar sana bisa menyebabkan Anda tidak mendapat pilihan pertama dari nama domain yang Anda pilih. Jangan biarkan hal ini melemahkan Anda. Melalui tips di atas, Anda akan dapat menemukan nama domain yang sempurna dan sesuai dengan bisnis dan brand Anda.