Blog Domain

4 Langkah Berpindah Web Hosting Tanpa Kesulitan

Anda mungkin memiliki berbagai alasan penting mengapa ingin berpindah web hosting. Misalnya karena paket hosting yang tidak sesuai, dukungan web hosting yang kurang, dan sebagainya. Apapun alasan untuk beralih, sekarang Anda harus menghadapi tugas membosankan untuk mengemasi file dan memindahkan situs. Untuk berhasil memindahkan situs ke web hosting baru tanpa hambatan, Anda harus mengelola nama domain, email, dan situs dengan benar.

Anda harus terlebih dahulu menemukan dan bergabung dengan perusahaan hosting baru untuk situs web dengan server yang cepat, downtime minimum, keamanan yang kuat, dan dukungan pelanggan yang baik. Cari tahu apakah web hosting baru dapat menawarkan bantuan dalam proses transfer agar membuat langkahnya lebih mudah. Selain itu, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut agar perpindahan web hosting berjalan lancar.

Langkah 1: Menyalin File ke Host Baru

Jika Anda hanya menyimpan satu salinan situs web, pastikan Anda mencadangkan konten situs web yang ada di hard drive lokal. Download semua file di server hosting Anda saat ini dan simpan di komputer Anda dalam satu folder melalui opsi “File Manager” di panel kontrol, atau klien FTP favorit Anda. Setelah kontrak hosting baru ada dan Anda memiliki informasi login, mulailah dengan memindahkan file dari hosting saat ini ke hosting baru dengan transfer FTP sederhana, atau gunakan manajer file pilihan di panel kontrol Anda. Dengan menggunakan klien FTP, buka dua jendela untuk kedua server dan salin semuanya.

Langkah 2: Uji Situs di Server Baru

Langkah penting berikutnya untuk transfer web hosting adalah menguji situs Anda untuk memastikan semua file dan halaman telah dipindahkan ke server baru dengan sukses. Anda harus memeriksa tautan, gambar, dan layanan untuk memastikan semuanya bekerja. Tautan mungkin harus diaktifkan kembali jika ada URL hardcoded yang mengarah ke alamat lama. Ini mungkin tidak menjadi masalah jika Anda memiliki domain sendiri karena alamat web Anda tidak akan berubah. Jika tidak, buat semua link internal Anda untuk link relokasi yang mulus. Gambar mungkin juga harus diubah ukurannya.

Langkah 3: Beralih DNS

Jika konten Anda ditampilkan dengan baik di host baru, sekarang saatnya untuk memotong kabel pada server lama dan mentransfer nama domain Anda ke server baru. Ini adalah bagian tersulit dari keseluruhan proses transfer karena DNS mencatat hubungan antara nama domain dan alamat IP numeriknya. Masuklah ke akun yang Anda miliki dengan registrar nama domain Anda saat ini untuk menukar informasi server lama dengan informasi server baru. Jika sebelumnya Anda belum memiliki nama domain, cukup arahkan nama domain baru ke host baru. Diperlukan waktu antara 24 sampai 48 jam untuk perubahan DNS agar bisa disebarkan ke semua server nama di seluruh dunia. Sebaiknya jangan membuat perubahan ke situs Anda selama periode ini. Sementara alamat IP Anda beralih jangan menghapus situs lama. Miliki dua salinan situs untuk menghindari kehilangan pengunjung pada periode interim. Tunggu untuk menginformasikan host lama Anda tentang peralihan sampai kedua situs berjalan bersamaan selama setidaknya satu minggu. Jika semuanya berjalan dengan benar, pengunjung mungkin tidak menyadari bahwa Anda telah mengubah host dan daftar mesin telusur tidak akan terpengaruh karena masih mengarah ke domain yang tepat.

Langkah 4: Mengambil Tindakan Untuk Tetap Meningkatkan Hasil Pencarian

Proses transfer web hosting berpotensi mengakibatkan beberapa jam downtime. Namun, jika Anda tidak ingin melihat peringkat mesin telusur turun, Anda harus mengatur 301 redirects saat mengalihkan web hosting. Cara melakukannya adalah dengan membuat file .htaccess dalam pengolah kata seperti NotePad. Web hosting baru harus menyediakan akses ke file sehingga Anda dapat melakukan perubahan yang diperlukan sebelum mengunggahnya kembali ke server. Untuk setiap halaman di bawah URL lama, Anda harus memasukkan pernyataan Redirect yang menunjuk ke lokasi baru sehingga server dapat memberitahu browser pengunjung untuk memuat file dari lokasi situs baru Anda. Pengunjung akan diarahkan ke host baru tanpa harus mengklik link.