Domain .ORG untuk Apa Fungsinya? Begini Pengertian dan Kelebihannya!

25 Jan 2023
Domain .ORG untuk Apa Fungsinya? Begini Pengertian dan Kelebihannya! campaign-unlimited

Saat berselancar di internet kamu pasti pernah menemukan alamat situs dengan akhiran ORG. Akhiran ini disebut dengan ekstensi domain. Ada banyak jenis domain dengan berbagai ekstensi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan website. Lantas, bagaimana dengan domain ini? Kira-kira domain .ORG untuk apa fungsinya?

Meskipun kebanyakan website menggunakan domain .COM, kamu masih dapat menemukan ekstensi lainnya termasuk dengan .ORG. Agar kamu tidak terus bertanya-tanya sendiri, dalam ulasan ini akan dibahas selengkapnya mengenai pengertian, fungsi, serta kelebihan dari ekstensi .ORG. Ayo, simak ulasannya berikut!

Apa Itu Domain ORG?

Domain .ORG untuk apa? Sebelum menjawabnya, ketahui dulu bahwa domain ORG adalah salah satu ekstensi domain yang termasuk dalam jenis Top Level Domain (TLD). Ini artinya, domain ORG merupakan domain yang paling banyak digunakan secara umum di seluruh dunia, seperti domain .COM, .INFO, dan .NET.

Ekstensi ini termasuk dalam daftar tujuh ekstensi pertama yang dirilis pada tahun 1985. Arti dari ekstensi ORG merepresentasikan kata organization yang artinya adalah organisasi dalam bahasa Indonesia. Domain ini ditujukan untuk website milik organisasi, lembaga, atau komunitas nirlaba.

Umumnya, domain .ORG digunakan oleh pemilik website untuk menyediakan informasi terpercaya, pengetahuan terkait dengan sebuah komunitas, membagikan perangkat lunak yang sifatnya open source. Domain .ORG secara khusus diperuntukkan organisasi non-komersial atau non-profit.

Meskipun memiliki jumlah pengguna yang lebih sedikit dibandingkan dengan .COM, domain .ORG menempati posisi ketiga dalam daftar ekstensi doman paling banyak digunakan di dunia, lho. Bahkan persentase penggunanya mencapai angka 4,3%.

Apa Saja Fungsi Domain ORG?

domain .org

Guna memahami sebenarnya domain .ORG untuk apa, kamu perlu mengetahui fungsi yang ditawarkan. Dilihat dari fungsi utamanya, ekstensi .ORG berguna untuk meningkatkan partisipasi dan interaksi dari pengunjung. Tapi bukan hanya itu saja. Berikut ini adalah uraian beberapa fungsi lainnya:

1. Menjadi Representasi Identitas Organisasi

Fungsi yang pertama dari ekstensi .ORG adalah sebagai representasi identitas organisasi. ORG yang berdiri sebagai singkatan dari organisasi memperlihatkan bahwa website berada di bawah naungan organisasi. Bukan hanya itu saja, domain .ORG juga bisa membuat pengunjung mudah mengenali organisasimu sebagai lembaga non-komersial.

2. Membangun Kredibilitas Website

Sebagai salah satu ekstensi domain yang termasuk dalam perilisan pertama, menggunakan domain .ORG dapat membangun kredibilitas dari website yang kamu kelola. Domain .ORG dapat membangun kepercayaan pengunjung akan informasi dan berbagai aksi yang dikampanyekan melalui website tersebut.

3. Menyediakan Sumber Ilmu Pengetahuan

Selain untuk dua poin di atas, domain .ORG untuk apa lagi? Ekstensi ini juga dapat membuat website milikmu dikenal sebagai penyedia berbagai informasi dan ilmu pengetahuan yang kredibel, lho.

Dengan kredibilitas yang baik dan berbagai konten informatif, website milikmu bisa menjadi penyedia ilmu yang valid dan dapat dimanfaatkan oleh publik secara bebas.

4. Memotivasi Pengunjung Berpartisipasi dalam Aksi Tertentu

Domain .ORG yang menandakan website di bawah naungan organisasi non-komersial juga dapat mendorong partisipasi pengunjung untuk mengikuti aksi atau kegiatan tertentu. Sebagai contoh seperti aksi yang mendukung gerakan HAM, pengumpulan donasi, dan sebagainya.

Hal ini dikarenakan adanya kepercayaan dari pengunjung akan kredibilitas website dengan nama domain .ORG. Website dengan domain ekstensi bahkan bisa diasosiasikan dengan suatu niche atau kampanye gerakan tertentu.

Kelebihan Domain ORG Dibandingkan Ekstensi Domain Lainnya

domain .org

Kira-kira sudah dapat gambaran domain .ORG untuk apa? Dalam praktik penggunaannya, ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh ekstensi domain ini, lho. Berikut ini adalah beberapa kelebihan domain .ORG dibandingkan dengan ekstensi domain lainnya:

1. Terpercaya

Kelebihan utama dari domain .ORG adalah memiliki kredibilitas yang membuat website menjadi lebih terpercaya. Penggunaan ekstensi .ORG untuk website organisasi lebih dipercayai kredibilitasnya daripada penggunaan ekstensi .COM.

Untuk semakin membangun kredibilitas yang kuat, kamu dapat menyediakan informasi valid yang bermanfaat dan dapat digunakan oleh semua pengunjung. Website dengan ekstensi  .ORG sebaiknya juga menerapkan satu niche gerakan tertentu untuk membentuk pandangan yang serupa akan website organisasimu.

Agar konsisten, kamu dapat membagikan informasi dan kampanye isu tertentu secara rutin. Di samping itu, kamu juga dapat menyampaikan berbagai dokumentasi kegiatan atau kampanye organisasi yang kamu lakukan. Tunjukkan transparansi kinerja organisasimu melalui website domain .ORG juga sebagai timbal balik untuk para donatur kampanye.

2. Memudahkan Pelaksanaan Misi Tertentu

Domain .ORG dapat memudahkan pelaksanaan misi organisasimu. Hal ini memungkinkan sebab kamu dapat mengenalkan, mempromosikan, dan mengajak pengunjung untuk berpartisipasi pada aktivitas organisasimu melalui website .ORG. Kamu dapat membagikan berbagai ajakan secara langsung melalui situsmu.

Melalui ekstensi ini juga, kamu dapat melakukan penggalangan dana secara langsung. Ini tentu saja juga berkat kredibilitas yang dimiliki oleh website dengan ekstensi domain .ORG. Akan lebih mudah dan terpercaya untuk kamu melakukan penggalangan dana dengan ekstensi .ORG daripada dengan .COM.

Selain mengajak partisipasi pengunjung pada misi tertentu, kamu juga dapat meningkatkan awareness pengunjung akan organisasi atau lembagamu. Bukan hanya dengan membagikan berbagai informasi terkait organisasimu, kamu juga perlu mencantumkan nama organisasi pada website dengan jelas.

3. Lebih Banyak Pilihan Nama yang Tersedia

Berkat jumlah pengguna yang tidak sebanyak ekstensi .COM, kamu dapat memiliki lebih banyak pilihan nama. Seperti yang diketahui, domain .COM merupakan ekstensi yang paling umum digunakan oleh berbagai website.

Untuk membuat nama domain dengan .COM kamu perlu membatasi kreasi nama domain yang diinginkan. Tentu saja ini berbeda dengan domain .ORG. Selain jumlah penggunanya masih sedikit, domain ini juga umumnya digunakan oleh organisasi dengan nama-nama yang unik dan berbeda satu sama lain.

4. Lebih Aman

Kelebihan lain dari domain .ORG adalah lebih aman. Di antara ekstensi TLD lainnya, ORG merupakan ekstensi domain pertama yang menandatangani DNS Zone dengan Domain Name System Security Extensions (DNSSEC). Hal ini diumumkan oleh Public Internet Registry (PIR) pada tahun 2009.

Dengan adanya DNSSEC ini, kamu dapat meningkatkan proteksi pada website berdomain ORG. Hal ini dapat membantu untuk memperkuat sistem keamanan pada Domain Name System (DNS).

Daftar Domain ORG Murah IDwebhost

domain .org

Nah, setelah mengetahui domain .ORG untuk apa saja, pasti kamu penasaran bagaimana cara daftar domain ORG, kan? Sebenarnya untuk mendapatkan domain .ORG kamu dapat mengajukan pendaftaran ke Google, lho. Sayangnya, prosedur pengajuan domain ORG ke Google tidaklah mudah.

Meskipun demikian, organisasimu tetap bisa memiliki domain .ORG kok. Tentu saja dengan cara yang lebih mudah, yakni menggunakan layanan provider domain dan hosting terbaik dari IDwebhost. Selain menyediakan pilihan nama domain yang murah, kamu juga bisa mendapatkan berbagai layanan lainnya.

Mulai dari layanan web hosting, jasa pembuatan website dan toko online, VPS Cloud server, SSL, dan masih banyak lainnya. Untuk berlangganan domain .ORG kamu bisa mendapatkan promo dengan harga Rp 129.900 saja per tahunnya! Yuk, cek promonya dan daftarkan nama domain organisasimu sekarang!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022