Domain Jatuh Tempo Bagaimana Life Cycle nya?
Blog Tips Keren Domain Jatuh Tempo Bagaimana Life Cycle nya?

Domain Jatuh Tempo Bagaimana Life Cycle nya?

Domain jatuh tempo adalah sebuah problem signifikan yang bisa anda temukan pada saat. Tentunya anda akan melihat bahwa problem yang satu ini bisa terjadi saat masa berlakunya sudah mendekati habis. Dalam hal ini apakah domain jatuh tempo akan segera diklam oleh orang lain, atau bisa dengan serta merta bisa segera dipakai oleh orang lain. Anda akan menemukan semua penjelasan terhadap jawaban tersebut pada artikel yang ada di bawah ini.

Anda perlu tahu bahwa sebuah domain itu sendiri sebetulnya punya masa aktif sampai dengan setahun. Seseorang juga bisa memiliki masa aktif domain 2 hingga 10 tahun lamanya. Semuanya itu juga tergantung dari bagaimana domain tersebut akan bekerja didalamnya secara signifikan. Jika anda memang sejak awal mengincar nama domain yang bagus dan menunggu masa berlaku dari domain terkait habis, maka tunggulah 80 hari atau 3 bulan sampai masa dari domain itu sendiri benar-benar sudah tidak berlaku lagi. Dalam hal ini anda akan bisa melihat domain tersebut sudah dilepaskan ke publik.

Mengapa Domain Jatuh Tempo Harus Menunggi Sampai 80 Hari?

 

Domain Jatuh Tempo Bagaimana Life Cycle-Nya
idwebhost.com

 

Pertanyaan selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah kenapa yang namanya domain jatuh tempo tersebut membutuhkan waktu 80 hari, baru bisa dilakukan registrasi didalamnya. Hal ini dalam rangka melakukan renewal grace period yang pastinya hal tersebut akan dibahas lebih lanjut dalam bagian ini. Sebagaimana yang dijelaskan di atas, renewal grace period adalah sebuah masa dimana status dari domain tersebut masih hanya sebatas expired saja didalamnya. Ini biasa disebut sebagai masa tenggang. Jadi pengguna yang bersangkutan masih bisa melakukan perpanjangan jika diinginkan.

Dalam hal ini rata-rata waktu yang dibutuhkan biasanya adalah 30 hari saja. Setelah itu nantinya untuk melakukan renew terhadap domain tersebut akan disesuaikan dengan tarif normal yang diberlakukan. Biasanya domain yang sudah expired ini nantinya namanya akan di parkir di bagian registar ke halaman komersial terkait. Dengan demikian jangan kaget jika nantinya domain tersebut anda lihat sendiri sudah masuk dalam tahap renew itu sendiri. Kalau menurut anda sudah waktunya untuk melakukan perpanjangaan yang ada didalamnya, alangkah baiknya jika anda sudah tidak perlu menunda lagi dan segeralah melakukan perpanjangan yang ada dengan segera dan tepat.

Ada juga masa selanjutnya yakni redemption grace period yang mana domain tersebut akan otomatis terhapus oleh registar. Domain ini tidak akan bisa diakses lagi dan tidak lagi diparkir. Perlu melakukan pendaftaran ulang dan dengan biaya yang super mahal yakni 10 kali lipat dari biasanya jika ingin mengklaim kembali domain tersebut. Hal ini tentunya bukanlah sesuatu yang bagus karena pada dasarnya secara umum ini bisa membuat biaya semakin membengkak dan tentunya membuat anda semakin merugi.

Status Pending Delete

Domain jatuh tempo juga akan bisa mengalami masa pending delete. Apakah pending delete itu? Pending delete adalah masa-masa persiapan dimana domain tersebut akan segera dilepaskan ke umum. Karena memang pemilik dari domain itu sendiri sudah tidak memiliki rencana untuk memperpanjangnya lagi. Jadi domain ini akan terlahir kembali layaknya domain baru dan sudah tidak lagi digunakan dalam waktu yang lama oleh penggunanya yang lama.

 

Domain Jatuh Tempo Bagaimana Life Cycle-Nya
idwebhost.com

 

Oleh karena itu wawasan mengenai domain jatuh tempo sangat penting untuk diketahui supaya anda juga tidak telat dalam melakukan perpanjangan yang ada didalamnya. Sebuah perpanjangan pada dasarnya memang menjadi hal yang amat sangat penting untuk diterapkan. Dengan melakukan perpanjangan itu sendiri, sudah pasti akan lebih banyak manfaat yang akan bisa anda peroleh didalamnya. Anda juga tidak boleh membiarkan domain jatuh tempo tersebut terjadi. Jika hal ini sampai terjadi maka anda akan melihat bahwa nanti masalah yang ada didalamnya akan semakin berlarut pastinya.

Jangan sampai nantinya domain jatuh tempo akan merepotkan anda sendiri mengingat sebagaimana yang dijelaskan di poin di atas bahwa anda akan mengeluarkan dana sampai 10x lipat besarnya jika sampai domain jatuh tempo tersebut terjadi. Anda pun akan merugi besar dan dana yang seharusnya bisa teralokasikan di tempat lain malah akan terpakai di tempat yang tidak semestinya. Inilah yang memang sejak awal harus anda perhatikan didalamnya.

Bagaimana Dengan Website Yang Sudah Tak Terpakai Lagi?

Terkadang domain jatuh tempo tak terhindarkan karena memang anda sudah tidak melihat adanya fungsi signifikan yang bisa anda temukan didalamnya. Pada dasarnya sebuah website yang sudah tidak terpakai lagi pastinya akan anda biarkan begitu saja tanpa update konten, maintenance, developing, perawatan, dan lain sebagainya. Namun, anda juga harus memahami bahwa sebetulnya anda bisa mencoba untuk melakukan yang lebih baik dari itu. Apabila menurut anda website tersebut sudah saatnya untuk tidak dipakai lagi, maka memang tidak perlu lagi dipakai lagi sebagaimana mestinya.

Jadi anda bisa membiarkan saja domain jatuh tempo tersebut datang dan membuat orang lain membeli website anda tersebut. Intinya adalah semua sebetulnya tergantung pada diri anda sendiri bagaimana menyikapi hal tersebut. Namun, akan lebih baik lagi jika anda paham betul bahwa sebetulnya website yang anda miliki itu sendiri memiliki kemungkinan terbaik untuk bisa dikembangkan menjadi sebuah website yang sukses. Jadi pertimbangkan secara masak-masak betul bahwa anda akan melakukan pembiaran terhadap domain tersebut.

Baca Juga: Blog Diterima Google Adsense? Ini Rahasianya!

 

Domain Jatuh Tempo Bagaimana Life Cycle-Nya
idwebhost.com

 

Adanya problem domain jatuh tempo itu sendiri juga akan menunjukkan kepada anda bahwa sebetulnya anda akan mampu melakukan sesuatu dengan signifikan didalamnya. Menurut anda apakah website tersebut sebaiknya memang dibiarkan begitu saja, atau anda ingin agar orang lain yang mengembangkannya? Anda sebetulnya juga bisa menawarkan website tersebut ke pihak lain sebelum benar-benar di suspend secara total dan dihapus semuanya secara permanen didalamnya. Caranya adalah dengan benar-benar membangun sebuah kualitas yang bagus di website tersebut hingga punya traffic yang tinggi. Saat sudah bosan, tinggal jual saja, dan yanga anda jual adalah sebuah web yang berkualitas.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal mengenai domain jatuh tempo yang bisa anda temukan didalamnya. Pada dasarnya ini adalah sesuatu yang signifikan. Jadi untuk bisa memperoleh semua yang anda butuhkan dengan mudah, sudah pasti ada upaya dan juga perjuangan. Sebagaimana saat membangun website, ingatlah masa-masa dimana anda susah payah membangun website tersebut untuk satu tujuan yang anda sendiri yang mengetahuinya. Ketahui pula bahwa sebetulnya masih ada kesempatan terbuka lebar bagi anda untuk mengembangkan website tersebut agar bisa menjadi sukses dan menjadi seperti yang anda inginkan saat ini. Dalam hal tersebut anda akan mampu mendapatkan lebih banyak manfaat yang anda butuhkan didalamnya itu sendiri. Inilah yang nantinya akan mampu memberikan dampak signifikan kepada anda didalamnya. Jangan biarkan domain jatuh tempo, cek terus berkala web anda.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.