Tips Untuk Memilih Nama Domain yang Tepat
Blog Digital Marketing Tips Untuk Memilih Nama Domain yang Tepat

Tips Untuk Memilih Nama Domain yang Tepat

Untuk pengusaha internet, nama domain sama pentingnya dengan nama brand itu sendiri, kata Michael Osterloh, CEO Host Afrika. Alasan ini, membutuhkan banyak pemikiran dan pertimbangan. Osterloh menunjukkan bahwa nama domain Anda berdiri sebagai identitas Anda di internet dan itu penting bahwa Anda memilih nama yang sesuai bisnis, tetapi juga mudah untuk ditemukan dan memasarkannya. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih nama domain Anda dengan bijaksana.

 

Harus Brandable

3

Jika nama domain Anda adalah perluasan dari identitas brand Anda, maka hal itu logis ketika pasar Anda membacanya, mereka akan melihat brand Anda. Ulangilah namanya dan bertanya pada diri sendiri apakah itu terdengar seperti brand Anda atau tidak. Tanda hubung dan nomor akan mengurangi branding ini dan harus dihindari (kecuali ada nomor pada nama brand Anda).

Harus Sederhana dan Mudah untuk Diucapkan

Sebuah nama yang mudah diucapkan penting karena disebut  sebagai konsep kelancaran pengolahan. Hal ini adalah bias kognitif yang dimiliki di mana kita ingat, dan memiliki asosiasi positif dengan hal-hal yang kita bisa dengan mudah dikatakannya dan ingat. Jadi, jika pasar Anda tidak dapat dengan mudah mengatakan nama tersebut, maka Anda telah kehilangan faktor memorability dan merugikan brandability Anda.

Untuk .com atau tidak untuk .com?

Setiap alamat web berakhir dalam ekstensi domain – serangkaian surat dikenal sebagai top-level domain (TLD). Kecenderungan umumnya adalah untuk memilih TLD.com. Anehnya masih populer seperti itu, bahkan ketika begitu banyak pilihan ekstensi dari yang lain. Alasan untuk hal tersebut adalah frase, pengolahan kelancaran—bahwa orang memiliki bias terhadap familiar dan hal yang mudah dimengerti. Dan jika Anda ingin membangun brand, maka Anda akan tetap dengan cara ini. Tak salah, jika bisnis Anda berkembang, Anda mungkin akan perlu untuk mendapatkan .com akhirnya. Jika Anda berjalan dengan .com, atau tidak bisa mendapatkannya, berikut adalah beberapa pilihan yang baik untuk Anda:

.co : Sebuah singkatan untuk perusahaan, perdagangan dan masyarakat

.info: Untuk situs informasi

.net : Jika situs Anda adalah teknis

.org : Organisasi non-komersial atau non-profit

.biz : Besar untuk situs e-commerce

.me : Untuk blog, resume atau situs pribadi

Cobalah untuk membuatnya langsung intuitif

Jika pasar Anda dapat segera mengasosiasikan nama domain Anda dengan suatu bisnis, itu adalah hal positif yang nyata. Memiliki audiens yang melihat nama domain dan berpikir, ‘Oh, mereka mungkin melakukan hal ini, atau menyediakan layanan ini’ baik untuk kelancaran pengolahan dan brandability bisnis Anda. Ingat, nama domain dijual cepat. Mereka juga berharga murah dan dapat diakses seperti biasa, jadi yang cara terbaik adalah cepat mendaftarkan nama domain favorit Anda. Jika Anda mengalami kesulitan menemukan nama domain yang tersedia, lakukan pemeriksaan domain cepat dengan domain registrar, yang akan membantu menyarankan nama alternatif untuk Anda dan membantu mencocokkan nama domain yang sempurna dengan bisnis Anda.