Blog Digital Marketing Apa Yang Harus Diketahui Pendiri Startup Saat Membeli Nama Domain?

Apa Yang Harus Diketahui Pendiri Startup Saat Membeli Nama Domain?

Bagi para pendiri startup, memiliki sebuah website adalah suatu keharusan. Sebelum menjalankan website yang besar, mereka perlu memiliki nama domain yang tepat. Memilih sebuah nama domain dapat menjadi hal yang cukup sulit. Untuk itu perlu pemikiran yang matang dalam memilih nama domain yang sempurna. Berikut kami akan berbagi saran bagi para pendiri startup tentang langkah-langkah sebelum membeli nama domain.

  1. Tentukan Siapa Yang Memiliki Nama Domain

Hal pertama yang terpenting adalah membedakan antara Cybersquatters dan Domainers karena mereka sangat berbeda. Cybersquatters adalah orang-orang yang melanggar merek dagang yang ada atau menggunakan kesalahan ketik dari bisnis Anda untuk memeras dan merusak citra bisnis Anda. Sedangkan Domainers (Domain investor) tidak seperti Cybersquatters. Mereka tidak melanggar hukum bahkan cenderung menjadi yang paling masuk akal saat penjualan domain karena mereka memahami pasar dengan baik.

  1. Kategori Pemilik Domain

Pokok utama dalam membeli nama domain adalah harga. Harga nama domain akan bervariasi berdasarkan orang yang memiliki nama domain. Pemilik domain biasanya terbagi menjadi tiga kategori yaitu individu yang membeli domain untuk kepentingan pribadi, investor domain yang membeli nama domain sebagai investasi, dan perusahaan yang membeli nama domain untuk menggunakannya suatu hari nanti. Harga domain sangat bergantung pada kategori mana pemilik domain tersebut.

Ada banyak layanan di luar sana yang dapat menunjukkan siapa yang memiliki nama domain, namun kami menyarankan untuk menggunakan DomainTools.com karena mereka memberikan bagian yang sangat berharga dari informasinya. Hanya dengan melihat informasi tersebut, Anda dapat mengetahui kategori dari pemilik domain.

  1. Lakukan Penelitian Anda

Sebelum Anda menjangkau pemilik domain, Anda harus melakukan penelitian. Ada tiga hal yang perlu ditentukan:

–          Apakah domain tersebut akan dijual? Jika iya, berapa harganya?

–          Apakah domain tersebut sedang aktif digunakan?

–          Berapa banyak nama domain yang hampir sama terjual baru-baru ini?

Berbekal pengetahuan dari penelitian Anda, sekarang Anda siap untuk menjangkau pemilik domain. Di sinilah menunjukkan bahwa mengetahui kategori pemilik domain sangat penting.

  1. Menjangkau Pemilik Domain Secara Langsung

Pada tahap ini, Anda harus dengan mudah mengetahui alamat email atau nomor telepon dari pemilik nama domain. Strategi Anda untuk menjangkau pemilik harus berbeda berdasarkan siapa yang memiliki nama domain tersebut. Berikut beberapa rencananya:

–          Nama Domain Yang Anda Inginkan Dimiliki Oleh Seorang Individu

Tantangan terbesar dengan pemilik domain individu adalah jika mereka memiliki nilai sentimental dan nostalgia dalam nama domain tersebut. Pada beberapa titik dalam negosiasi, Anda mungkin harus memberi referensi mereka untuk 3-5 penjualan domain serupa. Hal ini untuk memberitahu pemilik domain tentang harga pasaran. Nilai sentimental dan nostalgia dapat membuat kesepakatan tidak dapat dipertahankan dengan pemilik domain. Jika pemilik domain benar-benar mencintai nama domain mereka dan merasa itu layak dengan harga tinggi meskipun domain serupa dijual dengan harga rendah, maka Anda sedang tidak beruntung.

–          Nama Domain Yang Anda Inginkan Dimiliki Oleh Investor Domain

Investor domain cenderung menjual dan membeli nama domain secara teratur, sehingga mereka menyadari nilai pasar. Ini mungkin membuat Anda tidak memiliki masalah mengenai harga. Mulailah dengan mengirimkan email untuk meminta harga, selanjutnya Anda dapat membuat negosiasi dan kesepakatan harga. Jika Anda harus menentukan harga, gunakan penjualan yang sebanding sebagai panduan dan tidak membuat tawaran yang terlalu rendah.

–          Nama Domain Yang Anda Inginkan Dimiliki Oleh Perusahaan

Anda mungkin tidak akan dapat bernegosiasi dengan perusahaan besar pemilik nama domain. Disinilah broker domain bisa sangat membantu. Broker domain memiliki banyak pengalaman bernegosiasi dengan perusahaan besar. Anda dapat menggunakannya untuk membantu kesepakatan dalam membeli nama domain.