Digital Marketing Paling Jitu untuk Bisnis Kuliner
Blog Tips Keren Digital Marketing Paling Jitu untuk Bisnis Kuliner

Digital Marketing Paling Jitu untuk Bisnis Kuliner

Dalam dunia yang sudah serba online, impresi memang dibentuk jauh sebelum orang melakukan tatap muka atau malah menginjakkan kaki pada suatu tempat. Dengan adanya smartphone, koneksi internet, dan juga konten, siapapun bisa memberikan nilai yang bagus tidaknya untuk seseorang atau sesuatu dari jarak yang jauh. Tidak hanya itu, impresi pertama memang didapatkan dalam waktu yang sangat cepat. Untuk lebih tepatnya, satu perempat detik saja. Bahkan lebih cepat dari satu kedipatan mata Anda. Ternyata dampak tersebut juga terjad pada bisnis kuliner. Apalagi dari 81% memang sudah terbiasa dengan mencari rekomendasi restoran dan juga kuliner yang berasal dari ponselnya. Begitu juga dengan 94% orang lain yang mencari informasi yang sama melalui desktop.

bisnis kuliner

Alasan Bisnis Kuliner Perlu Menggunakan Digital Marketing

Memang tidak dipungkiri jika pertanyaan tersebut akan muncul dan juga megganjal dalam benak Anda. Berikut ini merupakan alasan mengapa bisnis dalam bidang kuliner perlu menggunakan bantuan digital marketing.

1. Sudah Merambahan Go Online

Dari sebuah data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mempunyai sebuah catatan terdapat 171 juta penduduk Indonesia yang sudah mengakses internet. Angka tersebut setara dengan 64,8% keseluruhan yang memulai bisnis kuliner. Dengan jumlah pengguna yang sebesar tersebut, sangat tidak meungkin jika keberadaan internet tidak mempengaruhi kehidupan sehari-hari dari penggunanya. Apalagi Google juga menyebut jika 87% pengguna internet sudah sangat bergantung pada mesin pencari. Seperti Google yang digunakan untuk mencari informasi tentang kebutuhan mereka. Contohnya untuk mencari tentang rekomendasi kuliner, café dan juga resto untuk sekedar mengisi perut.

2. Bisa Menargetkan Calon Pelanggan

Memang orang jarang sekali untuk membeli sebuah produk yang hanya melihat iklan apalagi untuk pertama kalinya. Dalam menjalankan digital marketing, Anda juga bisa melakukan PDKT secara elegan. Atau biasa disebut dengan retargeting. Melalui retargeting inilah, nantinya Anda dapat menampilkan iklan berupa produk yang spesifik kepada calon pelanggan Anda. Biasanya, hal tersebut dilakukan setelah calon pelanggan sudah berinteraksi dengan website atau mengklik iklan yang sudah Anda pasang sebelumnya. Iklan tersebut nantinya akan muncul walaupun calon pelanggan Anda tidak lagi mengakses website. Bisa jadi ketika sekedar berselancar di intenert atau sedang melakukan scrolling timeline di social media yang digunakan.

3. Sangat Bisa Memudahkan Calon Customer Menemukan Café atau Resto

Sebenarnya, dimanapun lokasi usaha yang Anda punya tidak lagi menjadi sebuah persoalan. Apalagi jika Anda sudah menerapkan digital marketing. Contohnya dengan menaruh alamat resto atau café Anda pada Google Maps. Anda juga dapat menuntun calon konsumen agar bisa langsung menuju tempat Anda berada. Tidak hanya itu, dengan menaruh lokasi bisnis pada peta online juga nantinya akan menjadi sangat penting. Apalagi ketika Google sudah memperkenalkan sebuah pencarian lokal atau local search.

bisnis kuliner

Memulai Digital Marketing pada Bisnis Kuliner Anda

1. Konten Foto dan Copywriting yang Mendukung

Ada yang mengatakan, makanan atau minuman pertama kali cicip melalui mata. Hal tersebut yang menjadikan banyak koki professional yang terobsesi pada sebuah presentasi makanan atau minuman yang sudah mereka buat. Semakin cantik sebuah penampilan pada sajian, maka semakin enak pula sajian tersebut masuk ke dalam mulut. Apalagi untuk pemilik kafe atau resto, poin tersebut yang dapat Anda gunakan untuk bahan marketing. Foto apik dan juga estetis akan bisa membuat calon konsumen Anda melirik untuk mengunjungi tempat Anda. Hanya dengan menggunakan foto dan copywiritng, Anda dapat mengarahkan calon pelanggan untuk melirik bisnis yang sedang Anda geluti.

2. Foto untuk Bisnis Kuliner

Selain promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut, orang memang tidak akan pernah benar-benar mengetahui rasa makanan atau minuman yang Anda jual. Sehingga, agar dapat meyakinkan calon konsumen, maka banyak sekali pelaku bisnis kuliner yang bergantung pada foto produk. Pada bisnis kuliner yang Anda geluti misalnya, foto produk bisa dinilai sebagai keberhasilan sajian. Bisa dilihat dari tampilan, warna, tekstur sampai dengan cerita yang ada dibalik makanan tersebut.

bisnis kuliner

3. Copywriting yang Pas untuk Bisnis Kuliner

Walaupun sudah mempunyai foto yang estetis, copywriting tetap menjadi komponen yang Anda butuhkan dalam menjalankan sebuah promosi. Copy yang tepat akan bisa menonjolkan hal yang tidak Nampak pada sebuah foto. Contohnya adalah sensasi rasa, aroma dan juga cerita yang ada dibalik sebuah sajian. Melalui deskripsi tersebut nantinya akan memanjakan imajinasi, sehingga Anda bisa menggait calon pelanggan Anda. Copywriting yang baik memang harus menggunakan bahasa yang luwes, personal dan juga peka terhadap kebutuhan yang diperlukan oleh pelanggan. Namun, prinsip tersebut terkesan abstrak jika diterapkan pada industri kuliner. Sehingga Anda membutuhkan formula copywriting khusus untuk bisnis kuliner yang Anda jalankan. Copywriting yang tepat pada bisnis bidang kuliner ini memang harus bisa memanjakan panca indera orang yang membacanya.

4. Buat Website

Website merupakan salah satu cara yang efektif agar bisa menghadirkan online presence dalam kurun waktu yang lama. Termasuk untuk restoran dan juga café. Melalui website, Anda juga dapat menampilkan menu, ambience, dan juga cerita mengenai usaha Anda agar bisa menjadi elegan. Tidak hanya untuk online presence, website yang Anda buat juga bisa digunakan untuk toko online. Melalui website tersebut, Anda dapat menjual berbagai produk yang bisa dijadikan oleh-oleh ataupun merchandise. Cara ini sangat bisa untuk memperkuat branding dari usaha yang Anda miliki.

5. Melakukan Optimasi SEO

SEO merupakan hal yang wajib dalam sebuah digital marketing.  Melakukan optimasi SEO tentunya akan membuat website atau sosial media dari resto atau café Anda akan ada di halaman pertama pada Google. Dengan poin tersebut, Anda dapat memastikan jika banyak orang yang tahun lalu sudah melakukan kunjungan ke resto atau café Anda. Prinsip kerja SEO memang mudah. Pada umumnya, orang akan mencari informasi melalui kata kunci tertentu. Nantinya, Google akan mencarikan dan merekomendasikan hasil yang memuat dengan kata kunci tersebut. Semakin tinggi rangking, maka Google akan beranggapan bahwa hasil tersebut sangat relevan dan bisa digunakan untuk user.

bisnis kuliner

Kesimpulan

Memang pada era digital ini, hampir semua bisnis baik yang kecil maupun kuliner sangat bergantung pada digital marketing. Tetapi, ada yang masih berpikir dengan hanya mengunggah foto, postingan blog bisa memberikan dampak yang besar untuk restoran Anda. Selain strategi diatas yang sudah dijelaskan, tentunya masih ada beberapa strategi yang bisa Anda terapkan. Tentunya dengan menerapkan digital marketing akan mempengaruhi pendapatan dan juga branding yang dilakukan pada bisnis Anda. Jika bisnis kuliner Anda sudah mempunyai sosial media, yang perlu dipikirkan adalah bagaimana membuat dikenal banyak orang. Anda juga bisa mempersiapkan tim khusu agar bisa mengelola media sosial Anda dengan baik dan juga optimal untuk dijadikan sarana komunikasi.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.