14 Prediksi Digital Marketing yang Akan Booming di Tahun 2021
Blog Digital Marketing 14 Prediksi Digital Marketing yang Akan Booming di Tahun 2021

14 Prediksi Digital Marketing yang Akan Booming di Tahun 2021

Digital Marketing 2021 – Pada Tahun 2020 ini banyak pebisnis UMKM yang mengalami penurunan usahanya akibat dampak dari pandemi. Solusi seperti melakukan “pivot” dalam bisnis bisa menjadi upaya terbaik untuk dilakukan agar bisa mempertahankan pendapatan bisnis dan baru setelahnya kembali lagi ke bisnis awal. 

Namun, poin yang perlu diperhatikan dalam menghadapi situasi bisnis di era new normal ini adalah “bagaimana bisnis apapun yang dikelola bisa menjangkau pelanggan baru walaupun di kondisi new normal ini”. Karena di kondisi tsb, peraturan pemerintah seperti pembatasan sosial agar tidak bertemu dengan orang-orang, tentu hal ini dapat membuat kesusahan bagi pebisnis UMKM dalam berdagang.

Untuk itulah teknik Digital Marketing menjadi solusi dalam menjembatani pebisnis UMKM dengan pelanggannya. Dengan Digital Marketing, kegiatan jual beli bisa dilakukan dengan secara online sehingga memudahkan kedua belah pihak.

Digital Marketing ini memiliki banyak cabang keilmuan. Agar Anda bisa memaksimalkan digital marketing Anda, berikut beberapa poin ilmu digital marketing yang bisa Anda pelajari :

 

Daftar Isi :

  1. Tren Pemasaran Digital Marketing 2021
    1.1. Analisa dan Prediksi Digital Marketing 2021
    1.2. SEO
    1.3. Pay-per-click (PPC) Advertising
    1.4. Conversion Rate Optimization (CRO)
    1.5. Social Media Marketing
    1.6. Paid Social
    1.7. Video Marketing
    1.8. Email Marketing
    1.9. Voice Search
    1.10. Programmatic Advertising
    1.11. Artificial Intelligence Marketing
    1.12. Podcast
    1.13. Webinar
    1.14. Personal Branding
    1.15. Tiktok
  2. Kesimpulan

Tren Pemasaran Digital Marketing 2021

Selain teknologi yang selalu berkembang mengikuti perubahan zaman, Digital Marketing pun juga sama-sama mengalami perkembangan. Hal ini karena aktivitas Digital Marketing tidak luput dengan media teknologi yang digunakan contohnya seperti sosial media dsb.

Untuk itulah teknik-teknik dalam digital marketing juga ikut berkembang. Nah, menyambut tahun 2021, Apa saja teknik Digital Marketing yang perlu dipelajari agar bisnis Anda bisa menyesuaikan market tahun 2021 ini? Berikut pembahasannya :

 

1. Analisa dan Prediksi Digital Marketing 2021

digital marketing

Di tahun 2020 ini, banyak hal yang mengejutkan dari aktivitas perubahan pola interaksi masyarakat yang beralih ke online. Hal yang menjadi sorotan adalah teknik-teknik marketing seperti webinar, podcast, tiktok yang kian banyak dilakukan oleh pebisnis dalam menjangkau pelanggannya. berdasarkan analisa dan prediksi dari berbagai sumber, teknik-teknik seperti yang telah disebutkan tadi, memiliki potensi berkembang di tahun 2021. 

Untuk lebih lengkapnya apa saja analisa dan prediksi Digital Marketing 2021 yang dapat di pelajari, berikut pembahasannya :

 

2. SEO

SEO

Optimalisasi SEO selalu berkembang mengikuti Algoritma dari mesin pencari seperti Google. Hal ini dikarenakan agar dapat memberikan informasi yang tepat dan relevan kepada penggunanya.

Lalu karena di tahun 2020 ini semua orang masih berhadapan dengan Covid-19, tidak menutup kemungkinan hal ini dapat mempengaruhi dalam SEO.  Anda bisa cek tren pencarian mengenai corona virus ini di Google Tren Corona Virus 2020

Kemudian untuk perubahan-perubahan lainnya untuk SEO 2021 adalah :

  • User Experience : Perubahan pola user dalam melakukan beraktivitas di media online
  • Semantic Search : Pencarian berdasarkan arti atau makna kata
  • Search Intent : Pencarian berdasarkan analisa tujuan user 
  • Zero Click Search Result : Pencarian berdasarkan user yang mengetik kata kunci di mesin pencari dan telah mendapatkan jawabannya di halaman pencarian tsb tanpa klik ke website (featured snippet)
  • Google Bisnisku : Pencarian berdasarkan informasi penyedia layanan baik produk maupun jasa yang dekat dengan lokasi user tsb.

 

3. Pay-per-click (PPC) Advertising

ppc

PPC Advertising merupakan model iklan online dimana pengiklan membayar ketika user melakukan klik iklan yang dipasang oleh pengiklan. Untuk PPC Advertising di 2021, ada hal-hal yang perlu anda perhatikan agar Anda siap dalam beriklan, yaitu :

  • Peraturan Privasi dari berbagai media Platform Ads menjadi tantangan baru dalam memperoleh data-data pelanggan
  • Responsive Search Ads menjadi opsi default di sistem agar memudahkan dalam beriklan.

 

4. Conversion Rate Optimization (CRO)

cro

Pengoptimalisasi CRO bertujuan untuk meningkatkan konversi penjualan. CRO yang diterapkan dengan baik dapat memaksimalkan funnel model (proses langkah-langkah yang dilakukan oleh pebisnis mendapatkan penjualan)  sehingga menghasilkan ROI (Return of Investment : rasio pengukuran pendapatan yang dihasilkan).

Mudahnya dalam optimasi CRO adalah :

  • Mengarahkan orang ke website Anda
  • Mengubah orang-orang yang berkunjung ke website menjadi pembeli sehingga menghasilkan penjualan

Nah agar pengunjung menjadi tertarik untuk membeli produk/jasa Anda, maka ada hal-hal yang harus Anda optimalkan, sebagai berikut :

  • Display dan  PPC Advertising
  • Landing Pages
  • Blog Post
  • Website Copy atau Konten Website
  • Stuktur Website, Navigasi, dan Kecepatan Halaman
  • Tombol Call to Action
  • Formulir Pelanggan

 

5. Social Media Marketing

sosial media marketing

Social Media Marketing merupakan strategi pemanfaatan platform media sosial untuk kebutuhan promosi produk. Untuk itulah, penting bagi Anda dalam menerapkan strategi ini untuk menjangkau lebih luas market pada bisnis Anda.

Di masa pandemi ini, berdasarkan informasi dari facebook, di AS dan Inggris, Generasi Z, Generasi X, dan Baby Boomer waktu mereka banyak dihabiskan di sosial media untuk mengetahui perkembangan Covid-19. Peningkatan pengguna aktif baik facebook dan instagram pun  mengalami peningkatan.

Artinya, ini merupakan momentum yang tepat bagi pebisnis umkm  dalam menjangkau market baru di sosial media supaya bisa lebih dikenal hingga akhirnya dapat berpeluang mendatangkan konversi penjualan. 

Nah, memasuki tahun 2021, persiapan apa dalam menerapkan strategi social media marketing ini? Berikut pembahasannya :

  • Menerapkan Instagram Marketing seperti optimasi profil bisnis, update konten produk di feed dan story instagram yang dapat meningkatkan engagement user ke akun instagram Anda.
  • Memanfaatkan Instagram Ads dan Facebook Ads agar memudahkan menjangkau pelanggan baru secara lebih luas
  • Menggunakan Facebook Marketing seperti optimasi fanspage, messenger,dan facebook marketplace
  • Meningkatkan penjualan dengan retargeting di sosial media Anda

 

6. Paid Social

paid social

Paid Social merupakan strategi untuk meningkatkan jangkauan pelanggan baru Anda di sosial media lewat fitur ads. Contohnya seperti Facebook Ads, Instagram Ads dsb.

Paid Social ini masih dalam satu kesatuan dengan strategi Social Media Marketing. Namun, karena dalam penggunaannya membutuhkan kemampuan teknis serta ilmu beriklan yang matang, sehingga Anda memerlukan pembelajaran khusus agar Anda sukses dalam menggunakan strategi Paid Social ini.

Berikut strategi paid social yang bisa Anda terapkan baik di facebook ads maupun instagram ads adalah  :

  • Mengetahui demografi pelanggan yang tepat untuk bisnis Anda
  • Menentukan jenis tujuan iklan facebook/instagram yang Anda pilih apakah untuk branding, mendapatkan interaksi, menggiring traffic kunjungan ke website, menghasilkan konversi penjualan, dsb
  • Melakukan remarketing kepada user yang melihat iklan Anda dari tidak berinteraksi menjadi berinteraksi sehingga berpotensi membeli produk Anda.
  • Mempersiapkan format iklan facebook/instagram yang sesuai dengan penempatan medianya, contohnya format media di facebook/instagram story, facebook/instagram feed dsb
  • Mempersiapkan copywriting yang sesuai dengan bisnis Anda.

 

7. Video Marketing

video marketing

Sekarang, Google memprioritaskan konten yang memiliki video ketika user melakukan pencarian suatu kata kunci di mesin pencari. 

Hal ini merupakan bagian dari algoritma google dengan tujuan search intent (pencarian berdasarkan maksud tujuan user) sehingga memperluas rekomendasi informasi yang di hadirkan ke pengguna.

Untuk menerapkan video marketing ini, Anda bisa melakukan langkah-langkah ini :

  • Membuat konsep video produk Anda
  • Membuat video Anda (Anda bisa membuatnya menggunakan tools seperti adobe premiere dsb)
  • Upload video Anda ke youtube
  • Tambahkan thumbnail pada video Anda
  • Tambahkan Deskripsi di video youtube Anda
  • Cara lain dalam membuat video yang lebih mudah adalah dengan membuat video di tiktok kemudian Anda download dan upload ke website atau youtube.

 

8. Email Marketing

email marketing

Email marketing merupakan strategi marketing dengan mengirimkan informasi produk ke pelanggan seperti promo, penawaran produk, diskon, membership dsb lewat email. 

Strategi ini masih di nilai masih efektif di gunakan untuk mendekatkan Anda dengan calon customer supaya mereka aware dan tertarik untuk membeli produk Anda.

Untuk menggunakan email marketing ini, Anda memerlukan bantuan tools email marketing yang bisa Anda pilih seperti mailchimp, getresponse, atau tools email marketing karya anak bangsa yaitu kirim.email.

Kemudian untuk tips email marketing yang bisa Anda terapkan, sebagai berikut :

 

  • Menentukan Audiens Anda
  • Memisahkan list email pelanggan Anda ke dalam segmen
  • Undang orang untuk mau mendaftar ke list email Anda 
  • Anda bisa memberikan Diskon atau Free EBook agar orang mau mendaftar ke list email Anda
  • Membuat konten email marketing yang enak di baca dan user-friendly
  • Jangan lupa tambahkan tombol call to action agar Anda mau mengarahkan pelanggan ke halaman produk website, link nomor whatsapp Anda dsb
  • Koreksi kembali konten email Anda
  • Setelah semua persiapan telah baik, Anda bisa mengirimkan email marketing Anda

 

9. Voice Search

voice search

Voice search merupakan fitur teknologi untuk melakukan pencarian sesuatu di mesin pencari seperti Google menggunakan suara.

Fitur ini dibuat untuk memudahkan pengguna ketika mau melakukan pencarian tanpa mengetik kata kunci di mesin pencari.

Untuk itulah, Anda perlu mempelajari cara optimasi SEO dengan Voice Search ini agar produk Anda mudah ditemukan menggunakan fitur ini.

Cara optimasi SEO Voice Search yang bisa Anda gunakan sebagai berikut :

  • Pastikan website Anda sudah mobile friendly
  • Gunakan long tail keyword yang terdiri 3-4 kata kunci contohnya “Apa itu Digital Marketing”
  • Buatlah konten di website Anda dengan bahasa yang natural atau bahasa yang di gunakan user sehari-hari agar memudahkan pencarian
  • Mendapatkan fitur Snippet dari Google. Caranya konten website Anda harus bisa menjawab pertanyaan dengan singkat dan jelas. Anda bisa menambahkan FAQ sebagai solusi untuk mempermudahnya.
  • Daftarkan bisnis Anda ke Google bisnisku agar bisnis Anda mudah ditemukan user yang sesuai dengan lokasinya.

 

10. Programmatic Advertising

programmatic advertising

Programmatic Advertising merupakan cara beriklan dengan menempatkan iklan di sebuah kolom space seperti banner space, iklan baris, iklan papan nama yang disediakan oleh publisher.

Cara kerja programmatic advertising ini adalah saat user berkunjung ke sebuah halaman di website, aplikasi, banner di lift hotel atau bandara maka publisher akan menayangkan langsung iklan yang telah mempunyai database ke calon pelanggannya.

Anda bisa mengunjungi media-media terkenal yang memiliki sistem programmatic ads untuk mengiklankan produk Anda agar bisa menjangkau database pelanggan yang mereka miliki.

 

11. Artificial Intelligence Marketing

ai marketing

Artificial Intelligence Marketing adalah bentuk marketing dengan menggunakan konsep dan model kecerdasan seperti machine learning untuk mencapai tujuan pemasaran.

Hal yang membedakan dengan marketing biasa adalah penggunaan komputer dan algoritma yang lebih pesat. 

Keuntungan menggunakan Artificial Intelligence Marketing ini adalah :

  • Promosi lebih strategis
  • Teknologi yang lebih pintar
  • Lebih efisien
  • Distribusi konten yang semakin disempurnakan
  • Teknologi dengan pencarian visual
  • Penghematan biaya pemasaran dalam ROI

 

12. Podcast

podcast

Di tahun 2020 ini, sudah banyak bermunculan podcast-podcast yang mulai banyak diminati orang.

Podcast adalah file digital berupa audio yang bisa digunakan sebagai sarana informasi berita, berbagi cerita dsb.

Anda perlu mencoba membuat podcast Anda agar lebih bisa memperkenalkan produk-produk Anda serta bisa menjangkau market-market baru.

Strategi marketing dengan podcast yang bisa Anda lakukan adalah :

  • Membuat konten berdasarkan tema yang sesuai dengan bisnis Anda
  • Pecah tema tersebut menjadi sub tema yang saling berhubungan dalam beberapa episode podcast Anda
  • Hadirkan host yang sesuai dengan karakter bisnis Anda
  • Hadirkan narasumber agar podcast Anda menjadi ramai perbincangan
  • Promosikan produk secara halus agar tidak terkesan seperti berjualan

 

13. Webinar

webinar

Webinar merupakan kependekan dari web seminar. Webinar adalah acara yang di hadiri dan berlangsung secara online.

Di tahun 2020 ini, banyak pebisnis menggunakan strategi webinar dalam mempromosikan produknya sebagai solusi dari dampak di jalankannya social distancing

Tips membangun webinar yang bisa Anda lakukan adalah : 

  • Merencanakan topik dan tujuan webinar
  • Membuat tim untuk persiapan webinar
  • Menentukan format acara webinar apakah acara dengan pembicara tunggal, talkshow dsb
  • Mempersiapkan materi webinar
  • Pilih software dalam menjalankan webinar (Zoom, Google Meet dsb)
  • Buat halaman pendaftaran webinar
  • Persiapan gladi resik sebelum acara webinar
  • Promosikan acara webinar

 

14. Personal Branding

personal branding

Personal Branding merupakan suatu cara dalam memperkenalkan diri beserta pencapaian dalam karir serta keahlian yang dimiliki.

Untuk itu, membangun personal branding ini penting untuk di bangun bagi siapa saja khususnya untuk Anda sebagai pebisnis.

Karena dengan personal branding yang baik, dapat memudahkan Anda untuk dikenali baik secara personal maupun profesional sehingga aktivitas berjualan pun menjadi mudah tersampaikan ke market Anda.

Untuk tips membangun personal branding yang baik sebagai berikut :

  • Buat portofolio sebagai citra diri Anda
  • Buat website pribadi yang berisi informasi portofolio Anda
  • Manfaatkan media sosial dalam membangun personal branding Anda
  • Buat strategi konten
  • Bangun Networking

 

15. Tiktok

tiktok

TikTok sekarang menjadi sebuah platform yang banyak di gandrungi khususnya kaum millenial. Bahkan tidak sedikit pebisnis yang memanfaatkan momen ini untuk terjun ke tiktok dalam mempromosikan bisnis maupun personal brandingnya.

Oleh karena itu, melihat perkembangan tik tok yang semakin besar, Anda harus memulai langkah baru untuk menarik pelanggan-pelanggan baru di tiktok dengan memperkenalkan bisnis Anda.

Strategi marketing tiktok yang bisa Anda coba sebagai berikut :

  • Menentukan tujuan Anda dalam membangun marketing di tiktok 
  • Menentukan personal branding Anda
  • Buat profil tiktok Anda dengan deskripsi yang menarik dan mencerminkan bisnis Anda
  • Hubungkan akun tiktok Anda dengan akun instagram
  • Posting Konten yang bernilai dengan hastag yang tepat
  • Kolaborasi dengan tiktok influencer
  • Gunakan tiktok ads agar semakin menjangkau market user tiktok secara lebih luas
  • Selalu evaluasi perkembangan akun tiktok Anda

 

Kesimpulan

Digital Marketing selalu up to date mengikuti perkembangan dari teknologi. Setiap ada platform teknologi baru ataupun update dari teknologi tsb , tentu strategi marketing pun juga ikut berubah dan menyesuaikan khususnya untuk strategi digital marketing 2021 ini.

Untuk itulah, sebagai pebisnis yang cerdas, Anda harus selalu melihat peluang dalam digital marketing terbaru agar bisnis Anda dapat menyesuaikan perkembangan zaman dan tepat dalam mendapatkan pelanggan baik pelanggan baru maupun lama. 

Jangan lupa untuk terus ikuti perkembangan informasi seputar website atau digital marketing di Blog IDwebhost. Semoga bermanfaat !

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.