Desain Website Profesional Dengan Prinsip Gestalt
Blog Tips Keren

Desain Website Profesional Dengan Prinsip Gestalt

Desain website profesional dengan prinsip Gestalt akan memberikan kepada anda keuntungan yang lebih banyak dan maksimal. Perlu anda ketahui bahwa desain yang ada di website akan mampu menunjukan bagaimana sebetulnya kredibilitas website yang anda miliki tersebut. dengan Dengan menentukan pilihan tampilan visual yang tepat, sudah pasti web anda akan bisa terlihat lebih menarik dan istimewa. Tersedia banyak sekali keistimewaan yang akan mampu anda dapatkan dengan mudah didalamnya. Jadi anda pun akan bisa mendapatkan sesuatu yang tepat dan sesuai dengan keinginan anda saat ini. Yang jelas dalam membuat website yang terbaik, butuh upaya dan juga perjuangan yang signifikan. Anda harus paham cara melakukannya dengan tepat.

Desain Website Profesional Dengan Prinsip Gestalt Menjadi Solusi Terbaik

 

Desain Website Professional Dengan Prinsip Gestalt
idwebhost

 

Desain website profesional dengan prinsip Gestalt menjadi sebuah hal menarik yang bisa anda pertimbangkan untuk digunakan. Hal ini jelas akan menjadikan web yang anda miliki tersebut menjadi kian menarik dan pastinya akan semakin meyakinkan. Dalam hal ini memiliki tampilan website yang menarik adalah sesuatu yang sangat penting dilakukan. Jika anda ingin menawarkan suatu produk atau jasa kepada pelanggan, pastinya anda perlu untuk menggunakan konsep desain yang bagus dan menarik perhatian. Dengan cara tersebut, sudah pasti akan lebih banyak yang bisa anda dapatkan nanti. Anda akan mampu membuat website yang pasti tepat dan jelas didalamnya. Inilah yang akan memberikan lebih banyak manfaat yang jelas dan pasti.

Karena pada dasarnya sebuah desain website profesional dengan prinsip Gestalt pastinya akan mampu meningkatkan potensi tanpa batas yang dibutuhkan oleh website anda. Dengan modal tampilan visual yang profesional, sudah pasti akan lebih banyak manfaat yang akan bisa anda temukan dan peroleh didalamnya. Ini akan memberikan kepada anda manfaat yang lebih besar dan pastinya semakin banyak dan dahsyat ada didalamnya. Hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan pengunjung yang anda bangun. Sehingga potensi anda dalam mendapatkan pelanggan yang lebih banyak juga akan semakin besar didalamnya. Mari simak pengertiannya Gestalt terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh.

Apa Itu Gestalt?

 

Desain Website Professional Dengan Prinsip Gestalt
idwebhost

 

Desain website profesional dengan prinsip Gestalt merupakan kata yang berasal dari Bahasa Jerman, yang artinya adalah bentuk. Sebetulnya prinsip yang satu ini sudah ada sejak zaman dulu kala dan dikembangkan oleh seorang psikolog yang bernama Max Wertheimer. Karena bentuknya yang amat menarik itulah maka penemuan ini dikembangkan lagi pada tahap selanjutnya oleh beberapa nama ternama seperti Wolfgang Kohler dan juga Kurt Koffka. Dalam hal ini anda tidak hanya dituntut untuk menciptakan tampilan visual saja, tapi juga menciptakan elemen visual yang signifikan didalamnya. Dengan cara tersebut, maka akan lebih banyak lagi manfaat yang akan bisa anda dapatkan didalamnya. Hal ini jelas akan memberikan kepada anda dampak yang tepat dan terbaik. Ada beberapa prinsip yang harus anda pahami terlebih dahulu dalam pembentukan desain yang satu ini.

Prinsip Simplicity

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelummnya dalam hal ini, yaitu penerapan simplicity. Kesan yang ingin disampikan dalam desain yang satu ini adalah pesan sederhana. Jadi tema yang akan dijadikan sebagai acuan utama dalam hal ini tentu saja adalah bagaimana semua komponen tersebut akan bersama menjadi satu kesatuan yang sederhana dan tepat digunakan. Untuk bisa melakukannya dengan baik, tentu saja ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan terlebih dahulu. Anda harus berfokus pada beberapa fitur atau elemen yang dibutuhkan. Karena dalam desain yang sederhana tersebut ada kesan yang clean dan teratur didalamnya. Jadi anda pun akan mendapatkan lebih banyak manfaat yang luar biasa dalam hal ini.

Prinsip Similarity

Desain website profesional dengan prinsip Gestalt yang selanjutnya mengedepankan prinsip similarity atau dalam hal ini adalah prinsip mengenai kemiripan atau kesamaan dalam beberapa hal tertentu, antara lain ukuran, warna, bentuk dan lain sebagainya. Dengan cara tersebut, sudah pasti akan lebih banyak keuntungan yang bisa anda capai dan temukan didalamnya. Jadi memang banyak sekali aspek yang harus anda perhatikan dalam tampilan tersebut. Yang perlu anda utamakan adalah dalam hal pemilihan bentuk tersebut juga harus tepat supaya bisa memberikan nuansa yang tepat dan terbaik yang anda butuhkan itu sendiri.

Prinsip Proximity

Desain website profesional dengan prinsip Gestalt juga mengacu pada prinsip ini. Dimana proximity adalah jarak atau spasi antara satu elemen dengan elemen lainnya. Hal ini akan terlihat pada saat anda mendesain sebuah website dengan jarak antara satu kolom atau satu kategori yang tidak sama satu dengan lainnya. Ini tentu saja perlu anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Pasalnya, untuk bisa menciptakan sebuah desain web yang terbaik, anda harus mempertimbangkan beberapa hal tersebut untuk mendapatkan keuntungan yang anda butuhkan didalamnya. Hal ini pastinya akan mampu memberikan kepada anda manfaat yang pasti lebih banyak lagi.

Prinsip Uniform

Tahap lainnya dalam desain website profesional dengan prinsip Gestalt adalah mengaplikasikan prinsip uniform yang satu ini. Dengan adanya prinsiip yang satu ini maka setiap elemen akan bisa terhubung satu sama lainnya, baik itu karena warna, garis, frame, warna maupun bentuk lainnya yang signifikan ddialamnya. Dalam hal ini uniform merupakan satu jenis desain yang bisa anda pilih dan akan mampu memberikan penataan yang lebih signifikan didalamnya. Anda pun akan mendapatkan tampilan yang lebih kreatif dan juga istimewa nantinya.

Baca Juga: Blog Diterima Google Adsense? Ini Rahasianya!

Prinsip Continuation

Prinsip lainnya yang juga perlu anda pertimbangkan adalah prinsip continuation ini. Di mana anda akan melihat sebuah tema atau bentuk yang bergerak satu sama lain secara berkelanjutan.Ini biasanya akan anda lihat pada website yang memiliki tampilan slideshow. Atau beberapa website yang memiliki banyak fitur didalamnya. Misalnya fitur registrasi, atau mengecek berbagai fitur yang ada didalamnya dengan mudah. Dengan penerapan tersebut, sudah pasti akan lebih banyak lagi yang akan bisa anda dapatkan didalamnya.

 

Desain Website Professional Dengan Prinsip Gestalt
idwebhost

Prinsip Figure/Ground

Hal lain dalam desain website profesional dengan prinsip Gestalt yang perlu anda perhatikan adalah prinsip figure atau ground. Disini yang bisaa anda lihat bagaimana tampilan yang ada didalamnya akan terlihat lebih nyata dan istimewa dalam hal pengisian ruang-ruang negatif dan positif. Dari sini anda akan melihat bagaimana semua unsur tersebut akan menyatu menjadi satu kesatuan, kemudian anda pun akan mampu mendapatkan manfaat yang lebih besar dan banyak lagi.

Kesimpulan

Itulah beberapa prinsip dalam desain website profesional dengan prinsip Gestalt yang bisa anda pilih. Sisanya bisa anda sesuaikan dan terapkan sendiri pada web yang anda miliki sekarang juga. Dengan adanya penerapan yang tepat tersebut, sudah pasti hasil yang akan bisa anda dapatkan atau peroleh tersebut juga akan bisa lebih banyak.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.