Panduan Membuat Desain Grafis Dengan Canva Secara Cepat
Blog Tips Keren Panduan Membuat Desain Grafis Dengan Canva Secara Cepat

Panduan Membuat Desain Grafis Dengan Canva Secara Cepat

Sekarang ini banyak sekali sebuah bisnis atau brand untuk membuat sebuah desain grafis, Canva adalah salah satu solusi sofware desain grafis online yang dapat anda pakai dengan gratis. Desain memang tidak diragukan lagi berperan penting dalam sebuah bisnis. Dalam sebuah campaign marketing, desain memberikan peran besar untuk menciptakan serta meningkatkan penjualan.

Desain merupakan strategi marketing yang sangat efektif, dimana desain mampu menggambarkan image yang dibangun pada sebuah produk atau perusahaan sehingga menarik customer. Rata-rata alasan orang membeli produk karena media promosi yang bagus terutama desain packagingnya atau branding dari produk itu sendiri. Dengan desain yang terencana dan tepat sasaran kepada target marketnya akan mampu meningkatkan penjualan.

Anda mungkin pernah mendengar tentang platform desain grafis online yaitu Canva dan bahkan mungkin anda sudah menggunakannya untuk membuat logo, posting media sosial, kolase foto, atau spanduk blog. Tetapi alat desain grafis yang mudah digunakan ini dapat melakukan jauh lebih banyak daripada yang anda tahu.

Desain Grafis dengan Canva

PENGERTIAN CANVA

Dikutip dari situsnya, Canva adalah sebuah platform yang memungkinkan anda untuk mendesain apa saja dan menerbitkannya di mana saja. Dengan template yang sudah disediakan itu akan mempermudah desain yang ingin pengguna gunakan, lebih dari 400 juta desain dari lebih dari 10 juta pengguna di 179 negara telah dibuat dengan Canva sejauh ini.

Canva adalah sebuah platform tools online yang memungkinkan anda membuat grafik yang bagus dengan mudah. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat berbagai desain grafis seperti postingan facebook, postingan twitter, header email, infografis, poster, dll.

Alat ini memberi anda banyak fitur templates dan desain grafis gratis, ada templates untuk berbayar juga. Jika anda memilih desain grafis berbayar maka anda berarti harus membayarnya. Tetapi yang paling menguntungkan adalah bahkan templates untuk desain grafis gratisnya cukup besar dan Anda dapat membuat gambar yang bagus dengan menggunakannya.

APA SAJA DESAIN GRAFIS YANG DAPAT DIBUAT DI CANVA?

Selain anda bisa membuat desain grafis seperti facebook, postingan twitter, header email, infografis dan poster. Canva juga memudahkan anda untuk mengakses jutaan stok gambar, illustrasi, ikon dan font di dalam platform tersebut, Canva memiliki konten perpustakaan untuk template seperti itu juga.

10 Hal ini juga bisa anda buat di platform Canva untuk bisnis anda :

Book Covers atau Sampul Buku

Jika perusahaan anda adalah penerbit atau anda perusahaan anda ingin membuat sebuah buku profile perusahaan, membuat sampul untuk buku anda bisa dengan mudah menggunakan Canva. Untuk memulai, pilih tata letak Canva dari banyak opsi gratis yang tersedia. Pilih template yang anda inginkan dan kemudian pilih teks dan font anda sendiri dan jika ingin merubah warna sesuai dengan yang anda inginkan maka anda tinggal pilih warna pada toolbar yang tersedia, selanjutnya Anda bisa menambahkan foto yang anda inginkan sendiri.

Desain Grafis dengan Canva

Event Invitations atau Poster acara

Anda bisa mendesain dengan mudah poster untuk pernikahan, pesta ulang tahun, acara musik dan banyak lagi. Canva menawarkan opsi poster yang luar biasa. Untuk memulai, pilih tata letak Canva dari banyak opsi gratis yang tersedia. Anda dapat mengubah gaya font, ukuran, warna, dan pemformatan untuk apa pun yang Anda desain. Anda bahkan dapat menyesuaikan jarak huruf, tinggi garis, perataan, dan transparansi.

Fitur bagus lain dari Canva yang berguna dengan poster adalah anda bisa membagikannya pada social media anda atau social media perusahaan anda. Anda dapat mempostingnya langsung di Twitter dan Facebook atau ambil tautan untuk membagikannya di jejaring sosial yang anda inginkan.

Youtube Channel Art

Jika anda atau perusahaan anda memiliki channel Youtube, Maka anda dapat membuatnya template desain grafis yang anda inginkan menggunakan Canva. Pilihlah template untuk anda atau perusahaan anda seperti template musik, produk kecantikan, keuangan, makanan, dan banyak lainnya. Kemudahan lainnya dengan memakai Canva adalah setiap elemen pada desain anda dapat diubah, disusun ulang, atau dihapus. Ini memberikan anda fleksibilitas penuh untuk membuat desain grafis yang benar benar anda inginkan. Setelah selesai dengan desain anda, cukup unduh desain sebagai file JPG, PNG, atau PDF.

Business Cards atau Kartu nama perusahaan

Banyak aplikasi dapat menangani kreasi kartu bisnis, termasuk Microsoft Word dan Adobe Photoshop. Namun, Canva juga dapat membantu anda dalam membuat kartu bisnis baru. Dari gaya yang kasual hingga elegan, anda dapat memilih dari beragam tata letak dan template kartu bisnis. Jika anda sudah selesai membuat kartu bisnis yang anda buat tinggal mengirim kartu anda melalui email atau mempostingnya di media sosial.

Infographic Resume atau CV

Jika anda belum memiliki CV atau resume yang menarik?! Cobalah untuk membuat CV dan resume anda di Canva. Template dari CV dan resume di Canva sendiri bersih, profesional, dan membantu menyoroti keterampilan, pengalaman, dan prestasi Anda dalam berbagai cara. Dan jangan lupa, jika anda menyukai template CV atau resume yang tersedia di Canva tetapi bukan penempatan elemen, anda hanya tinggal mengeditnya sesuai kemauan anda sendiri.

Gifts layout atau Kartu hadiah atau diskon

Mungkin bisnis memerlukan campaign marketing untuk diskon atau hadiah bagi para pelanggan anda. Anda tidak harus hanya menggunakan template kartu hadiah untuk itu, anda juga dapat membuat kupon untuk dibagikan kepada pelanggan anda. Jika Anda menawarkan diskon untuk produk bisnis anda, Canva memberi anda cara yang bagus untuk mengiklankannya.

Yearbook Cover atau Sampul Buku Tahunan

Jika anda ingin membuat desain grafis untuk buku tahunan anda, maka cobalah menggunakan Canva. Canva memiliki template yang mungkin akan disukai oleh direksi perusahaan anda. Anda cukup memilih templatenya dan jika ingin menggunakan template yang lengkap anda harus membayar untuk untuk template tersebut yang mencakup daftar isi, bintik-bintik foto, dan halaman tanda tangan di bagian akhir.

Desain Grafis dengan Canva

CD covers atau Sampul CD

Jika perusahaan anda bergerak pada industri musik, maka sampul album dan CD yang menarik sangat penting dan Canva memiliki templates untuk semua jenis musik. Pilih dari genre seperti simfoni, logam, lagu pengantar tidur, atau negara. Canva juga memiliki fitur untuk berbagi yang berguna untuk mendapatkan pendapat anggota band anda atau management anda tentang desain grafis anda. Pilih tombol bagikan di toolbar atas, tambahkan alamat email, lalu pilih Can edit atau Can view, ini adalah cara luar biasa untuk berkolaborasi dengan orang lain dalam mendesain.

Restaurant Menu

Apakah anda perlu bantuan untuk mendesain menu untuk toko, kafe, atau restoran anda? Maka jangan terlalu khawatir karena Canva memiliki pilihan templates menu yang luar biasa dari template untuk cafe hingga untuk restoran dan bar house, sehingga memudahkan anda untuk mendesain menu anda. Dan tips untuk anda perhatikan bahwa jika anda memiliki menu yang lebih panjang, Anda dapat mengklik tombol tambahkan halaman baru untuk terus membuat desain anda berikutnya.

Jadi bagaimana nih, Apakah anda sudah siap untuk menggunakan Canva dalam pembuatan desain grafis untuk anda? Selain panduan desain grafis menggunakan Canva di atas, kami juga memiliki konten lain untuk anda perihal bisnis, marketing dan pengembangan bisnis digital anda. Selamat membaca dan mengembangkan bisnis atau website Anda!

Bagi anda yang belum mempunyai website juga bisa segera membuat website kalian sendiri untuk memperbesar dan meningkatkan bisnis yang sedang anda jalani saat ini. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.