Dedicated Server, Pengertian dan Manfaatnya

19 Des 2022
Dedicated Server, Pengertian dan Manfaatnya campaign-unlimited

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika pertama kali mendengar kata dedicated server? Apakah sebagian dari kamu sudah tahu apa itu dedicated server atau belum? Mungkin bagi orang-orang yang sudah terbiasa dengan dunia website pasti sudah tahu apa itu dedicated server. Bagi para pebisnis website, dedicated server adalah sesuatu yang bisa dibilang barang mewah dalam dunia per-website-an. Tapi sebelum bicara lebih lanjut kenapa itu disebut barang mewah, alangkah baiknya kita membahas terlebih dahulu pengertian server dedicated tersebut.

Apa itu Dedicated Server?

Dedicated server merupakan sebuah tipe hosting yang memberikan tawaran server penuh hanya untuk satu akun penyewa. Sederhananya begini, ketika kamu memutuskan membeli layanan hosting dedicated server, kamu akan mendapat akses penuh dari server tersebut.

Lalu kenapa dedicated server itu bisa dibilang mewah untuk orang-orang yang sedang berusaha memulai bisnis website? Dalam sudut pandang PengamatHosting, jawabannya adalah memang karena harga dedicated server ini jauh di atas server biasa. Sebagai gambaran harga server ini di Indonesia, yang paling murah sekitar 1.5 juta.

Sebelum berpikir ini juga sama dengan server atau hosting lain, tahan dulu pikiran itu. Karena 1.5 juta itu adalah harga perbulan! Ya! Kalau kita menyewa hosting biasa, kita bisa mendapatkan durasi 1 tahun dengan harga segitu.

Perbandingannya tentu sangat jauh bukan? Meskipun sejatinya sama saja, kita tidak benar-benar “membeli” server tersebut. Kita hanya menyewa “server” itu. Itu yang paling murah, bahkan ada yang lebih dari 10 juta perbulan untuk satu server saja jika itu dedicated server terbaik misalnya. Itu alasan kenapa server jenis ini menjadi server “mewah”.

manfaat dedicated server
dedicated-server-02

Tapi apa yang sebenarnya membuat harganya sangat mahal dan berbeda jauh dari server biasa? Ada banyak hal yang menentukan mahal tidaknya layanan server jenis ini. Tapi sejauh yang bisa diketahui, semakin besar spesifikasi hardware komputer yang digunakan oleh server tersebut, maka semakin mahal juga harga sewanya.

Selain itu dengan hardware yang memiliki spek tinggi, tentunya akan berpengaruh pada kecepatan jaringan yang bisa kamu dapatkan. Bisa dipastikan kalau kamu menggunakan server jenis ini, kamu tidak akan menemui yang namanya server not found atau server error, atau sejenisnya.

Selanjutnya, siapa sih yang memang benar-benar memerlukan dedicated server? Apakah semua orang yang ingin membuka website baru atau memulai bisnis website atau blog harus menyewa sebuah dedicated server. Jawabannya adalah bisa iya bisa tidak.

Kalau kamu punya cukup uang, silahkan, karena memang tidak ada ruginya juga menggunakan server jenis ini. Tapi biasanya layanan server jenis ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memang memiliki database yang besar dan tingkat pengelolaan yang membingungkan. Sementara kalau hanya blogger biasa atau website pemula, atau juga bisnis kecil yang baru akan mulai, bisa menggunakan, domain gratis, shared hosting https://idwebhost.com/hosting-murah , dan layanan VPS biasa saja. Itu sudah cukup.

Manfaat Utama Dedicated Server

Server jenis ini secara garis besar memiliki 8 manfaat. Salah satu yang paling bisa dilihat adalah cara server jenis ini mengantisipasi lonjakan kunjungan yang drastis. Biasanya hal tersebut sering terjadi pada website gaming. Server jenis ini pun biasanya digunakan oleh para owner dari website e-commerce karena mereka mengantisipasi jika terjadi lonjakan. Tujuannya tentu agar website mereka bisa diakses kapan pun.

Dengan stabilnya hosting dedicated server ini, pastinya akan mendukung kerja SEO. Apalagi yang berhubungan soal page speed, dan lain sebagainya. Lalu apa lagi yang menjadi manfaat utama dari server mewah ini?

1. Alamat IP Dedicated untuk Websitemu

Saat kamu memutuskan memakai server mahal ini, kamu bisa memilih alamat ipmu sendiri. Bahkan kamu akan mendapatkan alamat ip dedicated untuk servermu. Keistimewaan tersebut tentunya memberikanmu kontrol sepenuhnya pada server tersebut dan tentunya identitas yang juga unik.

2. Bagus untuk SEO

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas tadi, salah satu manfaat yang paling terlihat dari server jenis ini adalah manfaatnya terhadap SEO. Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa manfaat yang paling jelas terlihat dari server jenis ini adalah kecepatan akses terhadap websitemu.

Dengan semakin cepatnya websitemu bisa diakses, tentunya akan menurunkan kadar bouncing dan membuat pelanggan semakin nyaman karena kecepatan akses dari websitemu. Baik itu menunggu websitemu ter-load semua, atau pun ketika pelanggan “berselancar” di website tersebut.

3. Kemampuannya

Seperti namanya, server ini sudah terdedikasi sebagai server yang punya kemampuan yang handal. Kenapa? Salah satu alasannya adalah karena hanya ada 1 organisator atau bisnis yang beroperasi di sever ini. Dengan begitu akan lebih mudah mencapai uptime yang maksimum.

Lalu waktu loading yang cepat tentunya akan mengurangi kemungkinan terjadi downtime atau kinerja yang buruk dari websitemu. Selain itu kamu tidak perlu berbagi bandwith dengan situs lain. Artinya sumber daya yang dibutuhkan selalu ada dan mudah diakses. Dengan begitu kamu tak perlu memikirkan hosting yang bermasalah. Sekarang tinggal fokus pada bisnismu saja.

Dedicated server
dedicated-server-03

4. Aman

Jika diperbandingkan dengan hosting biasa atau shared hosting, server jenis ini memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dan bahkan tidak tertandingi. Bedanya dengan share hosting untuk perusahaan atau bisnis kecil, share hostingnya akan memberikan akses ke semua sumber daya di servernya.

Hal itu bisa memunculkan ancaman keamanan yang berbahaya untuk bisnis yang memiliki data yang sensitif. Untuk mengatasi hal tersebut hosting server yang “mewah” itu beroperasi dengan patch keamanan dan memberi update reguler untuk selalu melindungi file-file websitemu.

Dengan berkembangnya dunia digital, pastinya syarat keamanan yang diminta oleh pemerintah juga ikut berkembang. Bisnis yang kamu miliki pun juga harus siap dengan perkembangan itu.

5. Peningkatan Kontrol dan Fleksibel

Banyak orang yang punya website sepakat kalau salah satu manfaat terbesar dari dedicated server adalah peningkatan terhadap kontrol dan tingkat fleksibilitasnya. Server yang dipakai oleh hanya satu situs, maka perusahaan tersebut atau pemilik website tersebut punya akses tak terbatas di banyak aspek server tersebut. Dengan begitu terciptalah lingkungan optimal untuk situs tersebut. Kesimpulannya, website tersebut akan bisa menerima peningkatan pengunjung yang signifikan.

gambar kabel
dedicated-server-04

6. Bandwidth yang Meningkat

Ketika kamu menjadi satu-satunya website yang menggunakan server tersebut, maka kamu akan mendapatkan jumlah bandwidth yang maksimum. Sehingga kemungkinan untuk terjadi downtime lebih kecil dan akses ke websitemu selalu cepat. Hal tersebut terjadi karena bandwidth yang ada selalu siap dan pas dengan kebutuhan websitemu.

7. Tingkat Performa Website yang Tinggi

Server “mewah” ini memang beroperasi pada tingkatan yang optimal karena ia hanya melayani satu situs saja. Kecepatan yang stabil bahkan ketika website tersebut mengalami traffic yang padat. Pengalaman pengguna pasti akan meningkat. Terlebih lagi ketika mereka tetap bisa mengakses video kapanpun mereka mau bahkan ketika traffic sangat tinggi sekalipun. Dengan begitu tingkat bouncing pasti jadi sangat rendah dan akan sangat berefek pada website yang kamu miliki.

8. Bisa menyesuaikan Server

Server dedicated ini memberi kebebasan untuk menyesuaikan berdasarkan kebutuhan pribadi dan yang kamu inginkan. Hal itu bisa kamu lakukan misalnya untuk keperluan manajeman database atau kamu berniat membangun mail server yang tinggi kinerjanya.

manfaat dedicated server
dedicated-server-05

Lalu apa Kekurangannya?

Kita sudah bicara banyak soal manfaat atau keuntungan dari server jenis ini. Lalu apa kekurangannya? Hampir semua orang yang sudah akrab dengan dedicated server mengatakan server jenis ini hampir tidak memiliki kekurangan. Satu-satunya yang mungkin jadi kekurangan adalah harganya yang mahal. Tapi jika dilihat dari apa yang bisa anda dapatkan dari harga yang mahal itu, maka rasa-rasanya itu cukup sepadan dengan harganya.

Jadi mau pilih yang mana? Dedicated server atau shared hosting? Kamu yang tahu kebutuhanmu. Selamat mencoba!

Penulis
Member since 2 Jul 2013