Melihat Perbandingan Dedicated Hosting vs VPS, Bagus Mana?
Blog Tips Keren

Melihat Perbandingan Dedicated Hosting vs VPS, Bagus Mana?

Dedicated hosting maupun VPS keduanya memiliki peran penting sebagai opsi jaringan hosting yang bisa dipilih para pengembang domain. Perkembangan dunia IT sekarang semakin berkembang pesat di seluruh dunia. Banyak orang yang ingin menciptakan berbagai tipe website untuk mendukung perkembangan informasi yang saat ini semakin pesat. Zaman telah berubah. Perkembangan kini semakin mengarah ke hal yang luar biasa. Semua orang bisa mengakses info yang diinginkan via internet. Karena itulah sebagai pegguna hosting, kita harus mampu mengimplementasikan layanan yang sesuai kebutuhan kita, baik itu dalam hal Dedicated hosting maupun VPS. Mana dari keduanya yang lebih baik?

Sebelum melangkah lebih jauh tentang penjelsan dari dedicated hosting itu, alangkah baiknya jika anda memahami dulu beberapa tipe hosting yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan. Di sini layanan hosting sangat penting sebagai tempat untuk menyewa dan menampung data-data yang diperlukan dalam membangun sebuah web. Di sinilah web itiu nanti akan bisa diakses lewat internet dengan cara pengguna melakukan request. Caranya memasukan nama domain web tersebut kemudian nanti hasilnya akan muncul di mesin pencari. Data-data yang anda masukan didalam web tentu ada banyak jumlahnya, mulai dari file script, data gambar, email, program database, dan lain sebagainya. Semua itu berperan krusial dalam menciptakan web terbaik yaang sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika anda memang berniat untuk membangun sebuah website, anda juga harus mempertimbangkan paket hosting yang anda gunakan. Disini anda bisa memilih beragam paket terbaik sesuai kebutuhan. Jangan sampai salah pilih paket hosting atau nantinya hanya akan wasted (sia-sia).Bagi anda yang ingin memanfaatkan layanan hosting, pilihan Dedicated hosting dan VPS sama-sama akan memberikan keuntungaan yang signifikan. Disini anda akan menemukan arti penting membuat sebuah website yang efisien dan mampu meningkatkan user experience dengan baik. Berikut mari kita bahas mengenai perbedaan dari dedicated hosting dan VPS:

Pengertian dan Manfaat Dedicated Hosting

Dedicated Hosting Vs VPS, Bagus Mana?
idwebhost

Dedicated hosting merupakan layanan hosting yang mampu anda gunakan secara independen. Artinya anda bisa secara utuh menggunakan satu server yang kemudian bisa diotak-atik sesuai kebutuhan. Anda juga tidak perlu berbagi hosting ini dengan user lainnya. Anda adalah pemilik utama dari server tersebut. Jadi anda mau membuat website seperti apapun hal tersebut terserah anda. Cara penggunaanya juga cukup mudah, yakni anda hanya memilih apa tipe operating system (OS) yang nantinya akan digunakan. Server pun selalu ready kapan saja menampung data yang anda buat untuk menciptakan website terbaik yang anda inginkan.

Baca Juga: Ini Dia Cara Setting Email Ms Outlook 2010 di IDwebhost

Disini bisa dilihat bahwa jumlah server yang terdapat pada Dedicated hosting hanya 1 buah saja. Jadi kalau anda ingin lebih, misal ingin menyewa 1 – 2 Dedicated server, anda harus menghubungi layanan jasa hosting domain yang digunakan. Biasanya mereka yang meminta lebih dari 1 Dedicated hosting adalah yang ingin membuat jaringan privae dibelakangnya. Satu hal yang pasti, untuk hosting yang akan digunakan tersebut sebaiknya anda menambahkan fitur berupa switch dan juga firewall. Gunanya adalah melipatgandakan keamanan yang akan anda peroleh didalamnya nanti. Dengan memanfaatkan hosting yang tepat dan terbaik, sudah pasti banyak keuntungan yang bisa anda rasakan didalamnya.

Pengertian dan Manfaat VPS

Dedicated Hosting Vs VPS, Bagus Mana?
idwebhost

Selanjutnya adalah VPS. Tipe hosting yang satu ini berbeda dengan Dedicated hosting. Disini anda akan bisa mendapatkan layanan server tipe virtual. Namun, anda juga akan diberikan kebebasan untuk memilih sendiri mana sistem operasi yang anda inginkan. Serta anda juga akan mendapatkan akses menuju root yang dipakai untuk mengkustimisasi server yang ada didalamnya. Banyak juga orang yang memilih VPS karena memiliki harga cenderung terjangkau. Sayangnya, VPS tidak mampu memenuhi kebutuhan privasi yang dimiliki saat anda terhubung dengan server. Terkadang pasti anda menginginkan konfigurasi yang lebih optimal dalam hal security. Jika sudah demikian, maka VPS tidak lagi bisa memenuhi hal tersebut secara signifikan.

VPS memiliki keunggulan dalam hal pembagian resource. Hal ini jelas dikarenakan Virtual Private Account ini adalah bagian dari SWH (shared web hosting). Alhasil, VPS bisa menginstall software panel yang diinginkan untuk dibagi menjadi SWH. Dari sini bisa anda lihat bahwa VPS memiliki sejumlah server fisik terbaik yang bisa anda share dengan software virtualisasi. Jadi anda akan bisa menampung banyak guest OS didalamnya. Kualitas yang ada didalamnya tentu akan lebih baik. Anda tinggal menentukan saja platform web apa yang akan dibuat, kemudian OS apa yang akan anda install nantinya.

Mana Yang Lebih Bagus Vps Atau Dedicated Hosting?

Dedicated Hosting Vs VPS, Bagus Mana?
idwebhost

Dalam hal ini, anda sediri yang menentukan mana terbaik diantara keduanya. Secara mendasar dedicated hosting memiliki keunggulan yang lebih baik karena anda bisa memberikan fitur keamanan yang lebih memadai. Ditambah lagi, Dedicated hosting juga adalah opsi yang tepat bagi anda yang merupakan pencipta web startup atau pemula. Anda bisa belajar lebih banyak dalam membuat website dengan menggunakan hosting yang satu ini. Anda juga bisa menjadi admin user yang mengatur sendiri server yang anda gunakan mau diarahkan kemana. Intinya adalah menyesuaikan dengan kebutuhan anda saat ini.

Sementara itu, VPS meskipun punya fitur terbatas, tapi bisa anda gunakan untuk membuat beberapa control panel atau cPanel. Merupakan ide yang bagus jika anda menggunakan hosting ini dalam rangka membuat beberapa domain yang diinginkan. Atau bahkan anda juga bisa menyewakan contol panel yang sudah dikonfigurasi tersebut kepada pihak lain. Jika anda adalah korporasi atau perusahaan yang sedang berkembang, mungkin VPS bisa menjadi salah satu alternatif berkat ketangguhan yang akan bisa anda dapatkan didalamnya. Dari segi biaya pun juga terlihat lebih terjangkau dibandingkan dengan layanan Dedicated hosting. Pilihan ada di tangan anda sendiri menentukan mana terbaik dari keduanya.

Pilihan Hosting Lainnya

Jika anda mencari alternatif lain selain Dedicated hosting dan juga VPS, alangkah baiknya jika anda mempertimbangkan dua opsi lain yang bisa anda gunakan, yakni SWH dan juga Cloud Computing. Disini SWH bisa diartikan sebagai Shared Web Hosting yang bisa anda atur tampilan dan konfigurasinya melalui cPanel. Sayangnya tingkat privasi yang anda dapatkan untuk hosting jenis ini terbilang cukup kurang karena tipenya adalah shared, atau berbagi dengan pengguna lain. Sedangkah Cloud Computing menawarkan layanan hosting yang lebih fleksibel. Disini ada fitur berupa customization server, boost server security, dan lain sebagainya. Jadi kalau mau mengaplikasikan konfigurasi yang tepat dalam membuat website, disinilah tempatnya.

Keuntungan dari memakai Cloud Computing adalah mampu membuat sistem yang support terhadap loadbalancing. Hal ini akan memungkinkan anda untuk membagi traffic untuk web yang sudah mumpuni dan telah diakses banyak orang. Cloud Computing menyediakan sistem yang telah high availibilty sehingga mampu anda maksimalkan kegunaanya kapan saja anda mau.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.