Data Center IDC Mati, Sejumlah Situs Besar di Indonesia Down
Blog Tips Keren Data Center IDC Mati, Sejumlah Situs Besar di Indonesia Down

Data Center IDC Mati, Sejumlah Situs Besar di Indonesia Down

Data Center IDC mati memberikan dampak signifikan. Pada akhirnya tidak hanya mengakibatkan gangguan listrik saja, tapi ini juga membuat sejumlah website dan situs yang ada di Indonesia mengalami down. Masalah serupa semacam ini sudah terjadi di Indonesia pada 6 Oktober 2018, dimana Data Center IDC mati pada pukul 14.11 siang. Akibatnya semua server yang disimpan pun juga ikut mengalami down. Sejumlah situs terkenal pun mulai mengumumkan permasalahan ini di social media seperti Twitter, Facebook dan lain sebagainya. Situs tersebut banyak yang meminta maaf karena permasalahan kendala teknis sehingga membuat situs tidak bisa diakses untuk beberapa saat. Tak hanya Detik, Merdeka, sejumlah situs lain pun juga melaporkan hal yang sama kepada audience.

Perusahaan pusat Data Center IDC mati akhirnya mengkonfirmasi hal ini. Ternyata penyebabnya adalah gangguan daya yang berakibat pada masalah teknis. Hal inilah yang membuat masalah tersebut langsung menimbulkan dampak. Dilaporkan bahwa Data Center IDC mati yang terjadi itu dikarenakan adanya Power Outrage. Hal ini juga dipengaruhi oleh perbaikan yang dilakukan pada Gardu PLN.

Padahal Data Center IDC sudah berupaya menanggulangi masalah ini dengan menyiapkan daya sebesar 2.7 Mega Watt. Tapi itu semua tidak mampu ditopang sehingga berakibat gangguan tersebut muncul dengan sendirinya. Di sinilah terlihat bahwa masalah tersebut bisa saja terjadi dengan signifikan. Hingga akhirnya, Data Center IDC melaporkan bahwa masalah tersebut sudah selesai secara official pada tanggal 6 Oktober 2-18 pada pukul 18.27 waktu setempat.

Sebetulnya Sudah Ada Dua Genset Yang Disediakan

 

Data Center IDC Mati, Sejumlah Situs Besar Di Indonesia Down
idwebhost.com

 

Pasca perbaikan tersebut, sebetulnya sudah disiapkan pula sebanyak 2 genset yang memiliki total daya sebesar 2 Mega Watt. Diharapkan keduanya bisa menjadi backup sementara yang mampu mencegah masalah semakin berlarut. Tapi nyatanya masalah serupa tetap saja terjadi. Hal ini kemudian memicu timbulnya problem pada Data Center IDC ini. Sejumlah situs pastinya mengalami gangguan yang ada didalamnya. Dampak secara internal mungkin bisa mempengaruhi performa dari situs yang terdampak itu sendiri. Misalnya berpengaruh pada traffic, dan lain sebagainya.

Tapi diharapkan pelanggan tidak perlu khawatir lagi karena masalah Data Center IDC ini sudah selesai dan ditemukan solusinya. Tentu di era digital ini, kebutuhan informasi merupakan hal yang sangat penting. Adanya permasalahan tersebut, sudah pasti memicu banyak pertanyaan dari berbagai pihak yang pada awalnya mereka adalah pengguna aktif dari situs itu sendiri. Dari sini bisa dilihat bahwa masyarakat memang sudah sangat bergantung pada media informasi yang ada di internet untuk memperoleh semua yang dibutuhkan.

Tak hanya itu saja, adanya perbaikan pada Data Center IDC ini juga tentu akan memberikan sebuah sinyal bahwa penanganan yang lebih baik harus diterapkan di kemudian hari supaya jika terjadi masalah serupa, akan bisa segera didapatkan dan diketemukan solusinya. Sudah banyak sekali orang yang menggunakan informasi dari internet, dan mereka juga tidak ingin ada masalah yang terjadi karenanya.

Terjadi Di Luar Dugaan

Pihak PLN sendiri juga telah mengkonfirmasi mengenai masalah yang terajdi pada Data Center IDC. Hal ini menurut mereka terjadi di luar dugaan karena mereka sebelumnya juga sudah melakukan antisipasi dengan mengikuti prosedur atau SOP yang berlangsung. Yakni dengan menggunakan 2 buah genset yang berkekuatan cukup tinggi. Diharapkan ini bisa mengatasi masalah tersebut. Tentu pada akhirnya semua bisa diatasi dengan signifikan. Tentu setiap apapun kegiatan yang terjadi di lapangan pasti secara tidak langsung juga ada kendala yang bisa saja terjadi. Ada kendala yang telah diantisipasi, tapi ada juga kendala yang di luar dugaan dan ini harus segera dicari solusinya karena berpotensi memunculkan hal yang sama di kemudian hari.

 

Data Center IDC Mati, Sejumlah Situs Besar Di Indonesia Down
idwebhost.com

 

Untungnya Data Center IDC juga bisa dibenahi lagi sehingga pengguna tetap bisa menikmati layanan sistem cyber itu sendiri. Dengan cara ini tentunya pelanggan tidak perlu lagi mengkhawatirkan hal-hal yang demikian. Pada dasarnya, semua akan bisa diatasi dengan mudah selama memahami dan mengetahui cara melakukannya dengan mudah dan tepat. Ini juga menjadi pembelajaran yang signifikan agar nantinya hal-hal semacam ini bisa dihindarkan dan tidak terjadi lagi untuk waktu-waktu kedepannya nanti.

Selain itu, karena ini hanya berdampak pada Data Center IDC, maka tidak berpengaruh pada situs-situs yang ada di luar negeri. Tentu sudah ada banyak penyesuaian yang bisa diterapkan dan dilakukan. Hanya saja semua itu tentu membutuhkan waktu yang signifikan didalamnya. Untuk bisa memberikan hasil dan dampak yang lebih baik, sudah pasti sejumlah penerapan pun juga perlu untuk diterapkan didalamnya. Inilah yang nantinya akan memberikan lebih banyak keuntungan itu sendiri.

Di Era Digital Kebutuhan Data Sangatlah Penting

Di era digital yang penuh dengan kebutuhan data, tentu saja sangat penting dalam mengetahui apa saja yang diperlukan untuk mencegah terjadinya masalah tersebut. Ketika data adalah sebuah sumber yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah, ada beberapa hal yang sebaiknya perlu dilakukan didalamnya. Pada dasarnya memang kecanggihan teknologi membuat orang ketergantungan dengan teknologi itu sendiri. Tapi di sisi lain kecepatan dalam memperoleh informasi itu sendiri juga menjadi sebuah opsi yang tak kalah pentingnya.

Dengan adanya Data Center IDC ini maka, semua server bisa membuka situs dengan lebih mudah. Jika ada kendala pada pusat, maka tentu saja akan berdampak pula secara signifikan didalamnya. Inilah yang juga sebaiknya diperhatikan didalamnya. Karena memang pada dasarnya semua akan bisa mendapatkan manfaat signifikan itu sendiri. Tentu ini semua juga akan bisa terlihat begitu banyak faktor yang bisa terjadi di lapangan. Kedepannya nanti, ada sebuah PR yang harus diselesaikan oleh pihak yang terkait.

Baca Juga: Cyber Security: 10 Tips Ampuh Membuat Website Aman

 

Data Center IDC Mati, Sejumlah Situs Besar Di Indonesia Down
idwebhost.com

Dalam hal ini kebutuhan akan data sangatlah penting. Apa jadinya jika data dibutuhkan saat urgent tapi ada kendala dalam Data Center IDC? Tentu saja ini akan sangat mengganggu sekali. Namun, untuk kedepannya nanti juga perlu di lihat dari segi penambahan apa saja yang perlu diterapkan pada SOP yang berikutnya. Data tersebut juga merupakan sebuah elemen penting yang dibutuhkan untuk semua orang dalam rangka mendapatkan informasi. Terlebih lagi di era yang penuh dengan kecanggihan teknologi ini semua orang mulai menggunakan Smartphone dan Desktop untuk mendapatkan informasi yang berguna dan mereka inginkan didalamnya.

Pelanggan Dunia Cyber Memang Banyak

Dunia cyber atau internet memang memiliki banyak user atau pelanggan yang terdapat di seluruh dunia. Satu masalah yang timbul di atas mungkin bisa berdampak cukup signifikan. Tapi selama ada penanggulangan yang tepat, tentu saja permasalahan ini akan bisa diatasi dengan lebih baik lagi. Yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana caranya supaya bisa menerapkan semuanya dengan tepat dan baik. Hal ini tentu membutuhkan waktu dalam pembenahan yang lebih baik di masa mendatang.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.